11 List Item Farming Paling Penting di Growtopia

Berikut adalah 11 List Item Farming di Growtopia yang memiliki fungsi yang berguna untuk para Farmer.
Sejak dahulu, Growtopia sudah identik dengan farming. Namun sekarang, farming telah mendominasi sebagian besar player karena kemudahannya untuk menghasilkan wl. Oleh karena itu, pengetahuan seputar farming termasuk kebutuhan item juga perlu diperhatikan.

Dan kali ini, Bayapk akan memberikan daftar list item farming Growtopia dari item untuk planting, harvesting maupun breaking. Semua item tersebut akan dijabarkan beserta fungsi dan prioritasnya.

11 List Item Farming Paling Penting di Growtopia

Daftar Item Farming Growtopia

Berikut adalah daftar item farming yang penting dan krusial jika kamu serius untuk menjadi farmer di Growtopia.

1. Pickaxe

Item pertama dan wajib dimiliki oleh farmer di Growtopia adalah Pickaxe (atau item break cepat lainnya). 

Bagi yang belum tahu, Pickaxe memiliki efek Enhanced Digging mod yang membuat penggunanya dapat menghancurkan block lebih cepat. Dengan begitu, waktu dan tenaga yang kamu keluarkan akan semakin hemat.

Bagi pemula, kamu dapat membeli pickaxe di world lava dengan harga 1 hl atau kurang. Atau, kamu dapat memintanya kepada pro player yang kamu kenal. 

2. Dear John Tractor

Item kedua yang kamu pasti butuhkan adalah tractor. Harga item ini tidak begitu mahal dan terjangkau, yaitu sekitar 8wl-an.

Fungsi dari tractor ini adalah sebagai item yang dapat menghavest tree secara otomatis. Kamu hanya perlu melewati pohon yang ingin kamu harvest dengan memakai tractor.

Kalau kamu merasa belum membutuhkan item ini, mungkin farmable yang kamu miliki belum begitu banyak, sehingga dapat dilakukan secara manual.

Sedangkan, kalau kamu sudah memiliki 1 world penuh farmable maka memilih tractor adalah hal yang tepat.

3. Harvester of Sorrow

Harvester of Sorrow atau biasa disingkat Sorrow memiliki fungsi yang sama dengan tractor, namun versi canggihnya. Item ini berjalan lebih cepat dari tractor dan mampu digunakan bersamaan dengan fuel.

Kalau kamu belum tahu, fuel dan sorrow biasa digunakan untuk meningkatkan jumlah block yang telah diharvest. Hal ini penting sekali dilakukan untuk menghindari loss seed maupun meningkatkan keuntungan di akhir projek. Fuel dan Sorrow tak bisa dilepaskan dengan para masser.

Kita lupakan tentang masser, bagi kamu yang sudah memiliki modal yang kuat dan rotasi farming yang solid ada baiknya untuk beralih dari Tractor ke Sorrow. Sebab, seperti yang telah dijelaskan tadi, waktu yang kamu gunakan akan semakin cepat dibanding memakai Tractor. 

4. Chicken Plow

Setelah membahas item untuk harvest, mari kita bahas item otomatis untuk planting (menanam seed). Untuk masalah seperti itu kita bisa menyerahkannya kepada Chicken Plow.

Chicken Plow memiliki fungsi untuk menanam seed secara otomatis dengan hanya melewati suatu tempat. Jalannya juga lumayan cepat seperti Sorrow, jadi kamu tidak perlu khawatir menunggu Chicken Plow berjalan dari ujung kanan ke ujung kiri.

Bagi saya, 3 world full farm masih dapat saya tanam seednya secara manual. Namun, jika lebih dari itu saya menyerah dan membutuhkan item ini.

Dan seperti yang sudah-sudah, dengan cara otomatis ini, pekerjaan kita dimudahkan. Waktu dan tenaga akan lebih efisien dari sebelumnya.

5. Unable Tesseract

Pernahkah kamu membayangkan bahwa kamu tidak perlu menghabiskan tenaga hanya untuk mengambil block?

Jawabannya pasti YA.

Di sini, Unable Tesseract (UT) adalah jawabannya. Item ini berfungsi untuk mengambil block yang kamu input di dalamnya. Jika kamu sedang menghancurkan ribuan block Laser Grid maka block yang terdrop akan langsung masuk ke dalam mesin ini.

Untuk harga UT, saya kira masih bisa dijangkau jika kamu rajin melakukan farming dan bfg. Selain untuk menyedot block, UT juga bisa menyedot item dari provider favoritmu.

6. Gaia's Beacon

Setelah membahas penyedot block a.k.a UT, mari kita membicarakan mesin penyedot seed bernama Gaia's Beacon. 

Gaia's Beacon sejauh ini hanya dapat menyedot seed yang keluar ketika kita menghancurkan sebuah block atau harvest pohon. Sama halnya seperti UT, Gaia juga sama pentingnya.

Namun, jika diharuskan memilih, saya akan memilih untuk membeli UT terlebih dahulu sebelum Gaia.

Kenapa?

Karena jumlah seed yang keluar lebih sedikit ketika harvest dibanding block. 

Cukup merepotkan bukan untuk bolak-balik menambil block dari pohon yang sudah diharvest tadi.

7. Magplant

Selanjutnya ada Magplant, item fungsional yang merupakan gabungan dari UT dan Gaia Beacon. Jika UT dan Gaia Beacon hanya memiliki kapastias 1.500 item saja maka berbanding terbalik dengan Magplant yang dapat menampung sekitar 5.000 seed atau block.

Kalau kamu memiliki ratusan dl "dingin" alias nganggur, membeli Magplant adalah salah satu keputusan yang bijak. Selain dapat dijadikan bahan investasi, Magplant sangat berguna untuk farming dan membuka bfg sendiri.

8. Dreamcatcher Staff

Dreamcatcher Staff (DCS) merupakan item farming penting berikutnya yang saya sarankan untuk segara kamu miliki. Kamu dapat membelinya di BUYDCS atau gacha dari SSU.

Fungsi dari DCS adalah memberikan kemungkinan 2% block tambahan ketika harvest tree. Walaupun terlihat kecil, dengan tambahan buff ini kamu dapat meningkatkan kemungkinan profit dan mengurangi rasio loss seed secara tidak langsung.

Namun, DCS tidak akan berfungsi jika pohon yang kamu harvest memiliki rarity 101 atau lebih.

9. Ancestral Tesseract of Dimension

Tesseract of Dimension atau biasa disebut Ancestral Blue adalah salah satu item pemberi buff di Growtopia. Ances blue ini memiliki efek berupa peningkatan ekstra block sebesar 5% ketika menghancurkan block.

Efek ini akan terus membesar sampai 11% jika kamu mengupgrade levelnya.

Dengan menggunakan blue ances ini, secara tidak langsung, kamu meningkatkan penghasilan gems dan seed dari proses breaking. Jika kamu tidak masalah dengan penambahan block untuk breaking, saya rasa item ini cocok untuk digunakan.

10. Buddy Head Block

Buddy Head Block adalah versi lain dari DCS. Kalau DCS dipakai ketika harvest maka Buddy Head Block digunakan ketika menghancurkan block.

Tidak ada keterangan secara resmi berapa persen presentase peningkatan ekstra block yang diberikan oleh Buddy Head Block. Namun, beberapa orang mengasumsikan bahwa buff yang diberikan sekitar 1%-3% (mirip dengan DCS).

Jika kamu bertanya, "Apakah Buddy Head Block bisa distack dengan Ancestral Blue?"

Jawabannya bisa.

Namun, jika kamu merasa membeli kedua item ini termasuk berlebihan maka saya sarankan untuk membeli blue acnes saja karena peningkatan buffnya lebih pasti.

11. Diamond Horn

Setelah dari tadi berbicara mengenai item breaking block, sekarang kita akan membahas mengenai item peningkat jarak, Diamond Horn.

Diamond Horn memberikan efek berupa peningkatan satu block untuk pengguna agar dapat menaruh atau menghancurkan block. Sebagai pengingat, dalam mode biasa karakter kita hanya dapat menaruh atau menghancurkan 2 block di depan karakter saja.

Berbeda halnya ketika kamu memakai D. Horn ini, jarak placed dan breakingnya bertambah 1 block. Dengan begitu, mobilitas karaktermu akan berkurang dan membuat kinerjamu semakin cepat karena tidak perlu menekan tombol arah seperti sebelumnya.

Bonus: Role Builder

Sebagai bonus karena telah membaca artikel ini sampai akhir, saya berikan tips dasar ketika farming. Tidak lain tidak bukan yaitu tingkatkan role buildermu.

Dalam kelipatan 2 level (2, 4, 6, 8, 10) terdapat peningkatan double block ketika menghancurkan block. Chance terkecil 0.5% dan terbesar 3%. 

Jika mencapai level maksimal, buff dari Role Builder akan mendekati Ancestral Tesseract of Dimension dan Buddy Head Block. 

Dan efek lainnya selain meningkatnya chance double block, kamu dapat membuka skill khusus berupa crafting item farming seperti UT, Gaia's Beacon, Heart of Gaia, Tesseract Manipulator, dan Techno-Organic Engine.

Itulah tadi 11 daftar item farming di Growtopia yang memiliki fungsi penting dan berguna jika kamu gunakan sehari-hari. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences