Arena adalah mode bertarung yang memungkinkan kamu untuk duel dengan pemain lain. Berbeda dengan mode Tournamentnya, disini kamu dapat bertarung tanpa dibatas oleh jenis karakter. Kamu bisa menaruh monster dan hero dalam 1 line up.


Setiap harinya, kamu diberi jatah berupa 5x kesempatan menyerang. Sebelum bertarung, kamu dapat memilih lawan yang dirasa bisa kamu menangkan. Jika dari daftar yang ada kurang berkenan, kamu bisa menekan tombol refresh untuk mencari musuh lainnya.



Tips singkat dari saya, sebelum memutuskan untuk menyerang pemain lawan, usahakan untuk mengintip line up yang mereka gunakan terlebih dahulu, supaya bisa meningkatkan presentase kemenangan.


Bisa kamu cek dengan menekan bagian di atas Challange, maka akan muncul profil lawan. Yang dimana terdapat line up yang saat ini digunakan.


Dari sini, kamu bisa memprediksi dimana posisi masing2 karakter lawan, lalu kamu coba untuk menyesuaikannya dengan hero yang kamu gunakan.


Hadiah


1. Point


Setiap kali kamu menyerang lawan, maka kamu mendapatkan tambahan 2 poin. Karena setiap hari kamu dapat menyerang sebanyak 5x, maka kamu bisa mendapatkan 10 poin. Dengan 10 poin ini, kamu bisa menukarkannya dengan hadiah yang ada di daftar di atas.


Untuk sistem point ini, akan direset setiap harinya. Jadi jangan lupa untuk menukarkan point yang kamu peroleh sebelum hari berganti.


2. Arena Coin

Coin ini bisa didapat dari setiap kali menyerang lawan dan ranking terakhir pada jam 20.00 WIB. Untuk menukarnya, kamu bisa pergi ke Mall lalu pilih Arena. Di sana kamu akan melihat 10 item yang dapat dibeli menggunakan Coin Arena.



Saya biasa membeli TTM dan Ascend Supply saja.


3. Hadiah Harian


Hadiah ini berasal dari Rank Arena terakhir pada jam 8 malam WIB. Semakin tinggi ranking yang kamu peroleh, semakin besar pula hadiahnya. Hadiah yang kamu peroleh seperti diamond, arena coin dan beberapa gold.


Kenaikan Divisi

Saat ini, ada 3 divisi yang hadir di Arena. Silver, Gold dan juga Diamond. Pada awalnya, pemain akan berada pada divisi silver dan persaingan tidak terlalu berat. Bahkan kamu bisa naik ke divisi Gold dalam hitungan beberapa hari saja.


Untuk naik ke divisi berikutnya, ada syarat khusus yang harus dipenuhi oleh setiap pemain. Yaitu mencapai top 100 Arena. Jika kamu ingin naik dari divisi gold ke divisi diamond, kamu harus mendapatkan posisi 100 teratas agar dapat mengikuti seleksi berikutnya.


Jika persyaratan pertama sudah dipenuhi, maka langkah selanjutnya adalah melawan 3 bos. Ada beragam bos disini, dan yang paling menyebalkan adalah mereka yang bisa melakukan follow up.


Saran saya, siapkan saja hero single damage yang memiliki HP dan ATK yang tinggi supaya lolos dari bos terakhir.


Optimasi Line Up

Damage Dealer: Single Damage atau AOE?


Untuk bisa survive disini, apalagi jika kamu f2p/low spender, ada baiknya untuk fokus dan invest di salah satu hero. Bisa AOE atau Single damage, tergantung selera.


Jika kamu telah melakukan survey tentang hero-hero meta di masa depan, maka ada baiknya untuk menggunakan hero tersebut...


...Dan berikan semuanya untuknya, agar hasilnya bisa maksimal.


Kalau kamu memakai hero Single Damage, ada baiknya untuk menggunakan set primal, gunanya agar karakter yang satu line dengan target bisa terkena damage juga.


Kalau kamu menggunakan hero AOE, ada 2 set yang saya sarankan. Knight dan Gangster. Umumnya set knight bisa digunakan pada semua AOE. 


Tapi jika hero yang kamu gunakan memiliki pasif follow up seperti BK, Atomic, Garou dan Nyamuk. Bisa menggunakan set Gangster karena bisa menghasilkan ekstra damage sebesar 35% ketika menyerang dengan basic skill.

Gear: Set atau acak?

Gear set yang gw incer udah dapet, tapi statsnya ngga mendukung nih, gimana dong?

Banyak gear kuning, tapi nggak satu set, bagus ga ya?

Jika demikian, tidak usah memaksakan. Gunakan gear dengan stats yang kamu butuhkan saja sudah cukup. 

Lagipula, saya juga sering memakai set acak yang penting statnya mendukung. Dan lagi, jangan banding2in diri sendiri dengan top player. Capek doang.

Stats Gear: SPD atau ATK?

1. Liat kompetitormu

Ketika kamu sedang membuka menu Arena, kamu akan melihat player player lain yang memiliki ranking yang dekat denganmu. Kamu bisa mengintip sedikit stats dan gear mereka. Ketika sudah terkumpul sampel, kamu bisa putuskan, butuh berapa gear spd untuk survive disini?


2. Sesuaikan Line Up mu

Setelah menentukan gear spd yang dibutuhkan, lalu tinggal kamu lihat sendiri line upmu. Apakah cukup atau tidak? Jika tidak ingin diubah, kamu bisa menambahkan HP melalui Insigna atau buff gear supaya bisa tahan ketika menerima damage.


3. Buat Prioritas

Tahap terakhir, terawang masa depan. Apakah kedepannya gear spd akan tetap digunakan? Atau sudah pada fokus ke ATK%, CRIT, & DMG RATE?

Ketika saya melihat video di youtube, saya jarang sekali melihat karakter menggunakan gear SPD (Kecuali Amai SSR). Mereka sudah tidak menomorsatukan SPD. Mereka sudah fokus kepada damage dan daya tahan hero.

Kesimpulannya, jangan fokus ke SPD atau ke ATK saja, namun harus tetap seimbang. Gunakan gear yang kamu punya sebijak mungkin agar tidak menghabiskan banyak diamond untuk melakukan reset.

Dan mungkin, perbedaan battlepoint akan menjadi petunjuk utama ketika sedang merombak gear. Karena Arena berhubungan dengan BP, kamu dapat membaca artikel cara efektif meningkatkan battlepoint di OPM.
Oleh bayapk

Juni 23, 2021

Artikel Terkait

> <