Panduan Profit Harvest Festival Growtopia

Begini cara profit di event Harvest Festival di Growtopia.
Harvest Festival merupakan perayaan panen besar-besaran dan dirayakan di sejumlah negara ASEAN. Event ini juga muncul di Growtopia. 

Bisa pada september atau oktober. Event berlangsung selama 7 hari dan tanggal mulainya berdekatan dengan Mid-Autumn Festival.

Dan karena berhubungan dengan petani, para farmer atau pemain bfg bisa mendapatkan untung besar disini.

Cara profit yang bisa dipakai di event ini adalah yang berkaitan langsung dengan para farmer. Yaitu farming... Atau lebih tepatnya harvest.

Karena kebanyakan pemain Growtopia adalah seorang farmer, kamu tidak akan kesulitan untuk mempersiapkan alat dan bahan sebelum Harvest Festival ini dimulai.

Seperti yang sudah saya bilang, kamu bisa fokus kepada kegiatan harvest. Semakin tinggi rarity pohon yang kamu harvest, semakin besar pula kesempatanmu untuk bisa mendapatkan item rare.

Ada 5 jenis item yang bisa kamu dapatkan ketika menebang pohon saat event dimulai. Item tersebut bersifat dapat dikonsumsi. Seperti Harmony Mooncake, Longevity Mooncake, Peace Mooncake, Prosperity Mooncake dan Balance Mooncake.

Mooncake Growtopia

Semua item yang sudah disebutkan tadi, jika kamu konsumsi maka tidak menimbulkan efek sama sekali. Hanya muncul kata YUM! selama beberapa detik. Tidak untung sama sekali.

Harvest Moon Blast

Pack Spesial bernama Harvest Moon Pack
sumber: growtopia.fandom.com

Seperti penjelasan digambar, item ini berfungsi untuk membentuk world baru yang memiliki background harvest moon dengan tambahan beberapa pohon random yang siap diharvest. Dengan harga 8.000 gems dan bisa dibeli di store.

Menurut saya, tidak ada yang spesial dengan penawaran ini. Sangat disayangkan bahwa Harvest Pack dihapus pada tahun lalu (2020) oleh pihak growtopia.

Padahal, isi pack yang dulu lebih bervalue dibanding saat ini. Kita bisa dapat Balance Mooncake dan 4 jenis mooncake lainnya serta bisa dapat moon mask untuk bergaya hehe.

Sebelum lanjut, ada baiknya untuk mempersiapkan terlebih dahulu item farming yang biasa digunakan oleh farmer di growtopia.

Cara Profit ketika Menjadi Farmer

Langkah Langkah Profit saat event Harvest Fest Growtopia

1. Punya Banyak Farm

Karena fokus kamu disini adalah melakukan harvest, kamu bisa membeli banyak world farm jauh sebelum event ini dimulai. Kamu bisa memperbanyak stock farm dari tambahan ketika melakukan farming atau menyewa jasa sulap.

Tujuan membeli item farming atau world farm jauh sebelum event ini dimulai adalah untuk menghemat pengeluaran. Ada kemungkinan bahwa farmable serta world farm akan naik harganya ketika 2 minggu sebelum eventnya dimulai. 

2. Siapkan Farmable Pilihanmu

Setelah menyiapkan banyak farm, langkah selanjutnya ialah memilih farmable yang cocok dipakai di harvest Fest. Ada 4 farmable yang saya sarankan untuk mendapatkan Balance Mooncake yang banyak, seperti Chandelier(r: 87), Lgrid(r: 68) dan Pinball(r: 53)/Pepper(r: 47). r = rarity.

Semuanya punya plus minus. Tinggal dipilih sesuai dengan kemampuanmu. Jika punya banyak DL bisa langsung spend 20 world full chand. Atau Lgrid 20 world dan diharvest 2x. Dan lainnya.

Kalo yang non-farmable ikut event ini bisa ga?

Jawabannya bisa, untuk ini saya sarankan menggunakan Magic Bell. Selain gems yang dihasilkan banyak, raritynya pun besar (95). Usahakan untuk menggunakan alat farming lengkap agar seed yang didapat tidak berkurang.

3. Cara Harvest

Mungkin ada yang bertanya bagaimana cara harvest di Harvest Festival ini? Jawabannya singkat, yaitu harvest seperti biasa saja.

Kamu bisa pakai tractor kalau ingin murah. Bisa pakai Sorrow (+ fuel) jika ingin drop blocknya banyak.

Bisa pakai ancestral untuk meningkatkan chance seed drop atau gems atau exp dan lain sebagainya.

Tapi intinya, item pembantu itu tidak meningkatkan chance drop mooncake saat event berlangsung. Jadi, enjoy aja.

4. Cari Pola Harvest Efisien menurut kamu

Ada berbagai cara untuk bisa melakukan harvest setiap saat. Contoh yang paling umum adalah

Tanem -> Panen -> Jual block -> Beli seed -> ulangi dari step 1

Panen -> Jual block & seed -> Beli world full farmable -> ulangi dari step 1

dan pola yang paling murah adalah

Tanem -> Panen -> Break sendiri -> ulangi dari step 1

Tanem -> Panen -> Pakai jasa sulap -> ulangi dari step 1

ket.
Jasa sulap adalah jasa dimana sang penyedia jasa memberikan pelayanan berupa pertukaran block ke seed dalam hitungan detik/menit. Jadi, ketika selesai harvest, kamu bisa mengubah 10.000 Block Lgrid ke 2800 seed tanpa menunggu lama.

Dan ada banyak lagi pola-pola yang dipakai pemain growtopia agar bisa melakukan harvest sebanyak-banyaknya dalam event ini. Kamu juga harus memutar otak untuk mencari cara yang paling efisien untuk mendapatkan profit besar di event besar kali ini.

Tips bagi Farmer

Tips Rahasia Profit untuk Farmer saat Harvest Festival

1. Jangan jual langsung Balance Mooncake yang baru saja didapat. 
Ketika event baru dimulai dan kamu berhasil mendapatkan BM, jangan sekali-kali menjualnya langsung di hari itu juga. Sebab, harga BM ketika awal event sangatlah murah. 

Coba kamu jual BM ini ketika event mau selesai atau ketika event tersebut sudah tidak ada. Karena dengan demikian, harga BM akan naik dan ini bisa menjadi investasi terbaik yang bisa kamu lakukan. Kamu akan mendapatkan lebih banyak WL dibanding waktu-waktu lainnya.

2. Mooncake bisa dibuat menjadi beraneka item
Kamu bisa membuat banyak item dari Mooncake yang didapat ketika panen tadi. Kamu bisa pergi ke world Wiki/Recipe untuk melihat resep pembuatannya.

Step ini harus diperhitungkan baik-baik, sebab kalau kamu membuat item yang kurang berharga atau murah, keuntungan yang kamu dapat bisa berkurang atau bahkan tidak untung sama sekali. 

Saran saya, jangan buat item yang membutuhkan Balance Mooncake. Lebih baik BMnya dijual saja. Karena lebih cepat laku.

3. Jenis Mooncake selain BM apakah berguna?
Jawabannya iya, kamu bisa gunakan sisa Mooncake untuk prize parkour, mini game dan bahan pembuatan item. Jangan buang atau jual murah barang tersebut. Kamu bisa berkonsultasi kepada temanmu mengenai langkah yang bisa diambil untuk memanfaatkan sisa mooncake itu.

4. Invetasi Barang Harvest, apakah worth it?
Tergantung.

Kamu harus cerdik mengenai barang apa yang seharusnya dijadikan investasi. Ada beberapa tips yang biasa saya gunakan untuk mencari item yang pantas untuk diinvestasikan. Yaitu...

...Ada fungsinya, fungsinya memenuhi kebutuhan, limited edition dan fasion sebagai nilai tambahnya.

Tips untuk Trader/Investor

Tips Trader atau Investor untuk Profit di HarvetFest

1. Beli Balance Mooncake di 3 hari pertama sejak event dimulai.
Hal ini dilakukan karena harga BM ketika awal event diprediksi akan murah. Kamu bisa spend wl dan dl mu untuk memborong BM dipasaran. Setelah menimbun dalam waktu beberapa minggu/bulan, kamu bisa menjualnya dengan harga yang tinggi.

2. Beli Songpyeon Ketika event berlangsung.
Songpyeon adalah item rare yang memiliki harga yang tinggi. Harga ketika event berlangsung adalah sekitar 30wl, namun setelah eventnya berakhir harga songpyeon naik 2x lipat menjadi 60wl. Item ini sangat menjanjikan untuk diinvestasi.

3. Menyediakan world farm, alat farm dan farmable sebulan sebelum event dimulai.
Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan profit adalah dengan menjual world farm, farmable dan alat farm ketika 1 minggu sebelum eventnya dimulai. 

Akan ada peningkatan harga untuk growscan, sorrow, farmable dan kebutuhan farming lainnya. Jangan sampai ketinggalan untuk memborong beberapa item useful agar bisa dijual ketika event dimulai.

4. Hati-hati terhadap scammer
Akan ada banyak pemain yang mungkin memanfaatkan celah ketika bertransaksi denganmu. Hati-hati terhadap perilaku mencurigakan tiap pemain. Dan selanjutnya, kamu bisa baca tips menghindari scam di growtopia

Hasil Harvest Festival

Berikut adalah hasil dari harvest festival yang bisa kamu jadikan sebagai refrensi:

Seed Farm Rata-rata Balance Mooncake Satu Farm
Pepper 5-10 Ya
LGrid 9-12 Ya
Fishtank 5-7 Ya

Dan berikut jumlah Balance Mooncake dari 9 World Farm full Pepper dengan menggunakan buff Mooncake Magnificence.

Seed Farm Hasil BM
1 World Farm Pepper +
Mooncake Magnificence
23
10
9
9
21
14
8
15
27

Hasil dari 1 Farm LGRID (7 Mooncake Magnificence):

  • BMC = 22 (132WL)
  • 760 Random Cake = 38 WL
  • 23K Gems = 30 WL
  • Mooncake Hat = 40 WL
  • Mooncake Bundle = 9 WL
  • Total = 249 WL (Tanpa Block)

F.A.Q

Ada beberapa pertanyaan yang baiasa diajukan seputar event Harvest Festival Growtopia.

1. Apakah bisa membuat item harvest setelah eventnya selesai?

Kamu dapat membuat item harvest sekalipun event tersebut sudah selesai. Perbedaannya hanya pada harga bahan-bahan yang cenderung lebih mahal dibanding saat eventnya berlangsung.

2. Kapan waktu yang tepat untuk menanam seednya?

Waktu yang tepat untuk menanam seed untuk persiapan harvest adalah 3-7 hari sebelum event itu dimulai. Namun hal ini tidak pasti karena ada faktor lain seperti waktu harvest seed, tujuan menanam seed, dan lain sebagainya,

Pastikan juga kamu harus menemukan pola harvest seefisien mungkin sebagaimana yang telah dijelaskan di atas agar profit maksimal.

3. Bagaimana Cara Membuat item Zeus Lightning Bolt?

Untuk membuat item Zeus Lightning Bolt, pertama-tama kamu perlu siapkan beberapa bahan di bawah ini:
  1. Songpyeon (20)
  2. Balance Mooncake (20)
  3. Longevity Mooncake (20)

Selanjutnya, campurkan ketiganya di Chemical Combiner.

Kamu juga bisa ajukan pertanyaan di komentar, kalau saya rasa pertanyaan tersebut ditanyakan oleh orang banyak, maka akan saya perbarui artikel ini.

Fyi, setelah event ini selesai, di bulan selanjutnya akan hadir event halloween. Aspek yang menonjol disini adalah para farmer dan fisher bisa meraup keuntungan besar. Kamu bisa baca artikel mengenai Cara Profit di Halloween di Growtopia.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


  1. Apa cuma harvest fest yang paling gampang profit di growtopia? Soalnya cuma tau itu aja
    1. Pineapple, Summer dan Winterfest juga mudah bang, ez wl klo udh siap jauh2 hari
Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.

Google Translate
Bookmark Post