Panduan Strategi Layout Jalan di SimCity BuildIt

SimCity Buildit - Jalan Macet? Bingung Desain Jalan? Refrensi Layout kurang? Solusinya bisa kamu temukan di sini.
Jalan memiliki peran sentral dalam SimCity Buildit, berfungsi sebagai penghubung vital antara bangunan-bangunan serta menentukan tata letak keseluruhan kota. Merencanakan penempatan jalan dengan bijak adalah kunci untuk menciptakan tampilan kota yang estetis serta mencegah masalah seperti kemacetan lalu lintas yang dapat mengganggu kelancaran kota yang kamu kelola.

Strategi Layout Jalan di Simcity Buildit

Seringkali, saya merasa tidak puas dengan tampilan layout kota saya. Hal ini bisa disebabkan oleh tumpukan gedung tinggi yang membuat kota terasa sesak atau kesulitan menempatkan bangunan spesialisasi yang diinginkan. 

Inilah yang memicu minat saya untuk menjelajahi dunia panduan SimCity Buildit dengan menonton video dari kanal YouTube "Buildit With Smith" dan "Missy Anne". Meskipun konten mereka tersaji dalam bahasa Inggris, tujuan saya adalah untuk berbagi informasi yang saya peroleh dari video mereka dalam bahasa Indonesia.

Harga Upgrade Jalan

Untuk jalan original, membuat jalan tidak dikenai biaya, namun jika ingin mengupgradenya karena lalu lintas padat atau untuk menambah nilai aestetiknya kamu harus mengetahui berapa banyak Simoleon yang bisa dihabiskan.

Jenis Jalan Harga Level
2 Jalur 0 0
4 Jalur 300 S Min 9
6 Jalur 1.200 S Min 15
Avenue 1.500 S Min 21
Boulevard 2.000 S Min 27
Street Avenue 2.500 S
Min 34
Maglev Track 1.500 NS Min 30

Seperti yang terlihat di atas, harga peningkatan jalan sangat murah, bahkan bisa dilakukan tanpa perlu pusing memikirkannya. Namun yang perlu kamu ketahui adalah bahwa jumlah jalan yang perlu kamu upgrade akan meningkatkan pengeluaran yang terjadi.

Kalau hanya upgrade 1-2 jalan, itu bukan masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika kamu ingin meningkatkan level semua jalan agar terlihat kontras dengan kota yang kamu buat. Pasti biayanya tidak sedikit. Butuh banyak Simoleon untuk menyelesaikannya.

Saran dari saya, jangan pernah upgrade jalan kalau kamu merasa tidak yakin dengan layout yang kamu pakai sekarang. Tunggulah waktu yang tepat untuk melakukannya. Kapan? Ketika kamu sudah mempunyai gambaran tentang desain kota di kepalamu dan ketika Simoleon yang kamu miliki di atas 500.000.

500.000 di sini adalah patokan saya ketika ingin meningkatkan semua jalan, terlepas dari apakah masih tersisa atau mungkin kurang. Tapi, kamu tidak perlu memakai patokan saya, cukup sesuaikan dengan rencana dan level yang kamu miliki saat ini.

Macam Macam Jalan


Macam Macam Jalan di Simcity Buildit

Setelah beberapa kali update, kita dapat melihat bahwa terdapat fitur baru yaitu variasi jalan. Jadi dari gambar di atas dapat kita lihat bahwa sekarang kita memiliki 3 jenis jalan yang bisa dipakai sesuai selera.

  • Jalan Dua Jalur : Mendukung Kendaraan, Pejalan Kaki dan Acara Jalanan
  • Jalan Batu Bulat : Mendukung Pejalan Kaki dan Acara Jalanan
  • Jalan Kerikil : Mendukung Kendaraan, Pejalan Kaki dan Acara Jalanan

Namun, sampai saat ini saya jarang sekali melihat jalan batu bulat dan jalan kerikil di club maupun kota yang saya temukan di market global. Menurut saya ini karena harga kedua jalan tersebut memiliki harga yang tinggi, yaitu 10.000 perjalan. Gila gak tuh?

Kalau hanya untuk satu jalan saja menghabiskan 10.000, apalagi memiliki kapasitas yang sama dengan jalan gratisan, saya akan dengan senang hati menolak kedua jalan tersebut, kecuali Simoleon yang saya miliki berjumlah di atas 10.000.000, itupun masih perlu dipikirkan.

Tipe Layout Jalan

Ada banyak sekali desain jalan yang bisa kamu temukan di dalam game ini, tapi refrensinya terbatas karena kita tidak dapat menambah teman dari game atau melihat kota terakhir yang kita kunjungi, itu belum ada di update terbaru.

Banyak pemain, termasuk saya, yang bingung mendesain jalan yang sesuai dengan kebutuhan. Ujung-ujungnya cuma bentuk kotak di dalam kotak. Atau sekedar garis lurus karena otak sudah terlanjur capek memikirkan itu semua.

Di sini, saya akan berikan beberapa layout yang dapat kamu tiru dan nantinya akan disesuaikan sesuai kebutuhanmu sendiri. Mengingat kondisi yang kita miliki berbeda-beda, jangan hanya mengcopynya saja, asah kreativitasmu di sini.

#1 Layout Baris

Layout Baris SimCity Buildit

Pertama, kita mulai dari yang paling simpel dulu. Sesuai namanya, desain jalan ini hanya berupa baris, entah secara vertikal (ke atas) atau horizontal (menyamping). Layout baris ini merupakan tipe favorit saya ketika sedang bingung mendesain ulang.

Sangat menghemat waktu, mungkin yang lama ada dipenyusunan bangunannya saja, kalau ingin teratur. Namun secara keindahan saya tidak menyukainya. Kesan padat dan berantakan atau mirroring yang muncul tidak membuat saya terkesan.

#2 Layout Kotak
Kedua ada layout kotak, bisa terbagi menjadi 2. Layout kotak yang ditengahnya terdapat jalan berbentuk plus (+) atau layout kotak di dalam kotak.

Layout Kotak Simcity Buildit
Layout Kotak Simpel
 
Layout Kotak Kompleks SimCity Buildit
Layout Kotak dalam Kotak

Layout kedua ini tidak begitu ribet, tapi dalam segi estetik saya menyukainya. Dengan posisi bangunan yang lebih beragam dapat membuat mata betah berlama-lama melihatnya.

#3 Layout Zig Zag
Ketiga ada layout yang berbentuk zig zag. Pertama, buat desain dasarnya terlebih dahulu dengan membentuk kotak. Lalu, pilihlah salah satu bagiannya menjadi titik pertama jalan. Selanjutnya buat pola zigzag dari titik yang sudah ditentukan tadi.

Layout ZigZag SimCity Buildit

Pola Zig Zag sendiri dapat kamu ubah sesuai dengan selera dan kebutuhan, tidak perlu sama persis. Kelebihan dari pola ini yaitu sedikitnya pertigaan atau perempatan yang terbentuk. Membuat kamu dapat melihat lalu lintas tanpa hambatan.

#4 Layout Kompleks

Layout jalan kompleks di SimCity Buildit

Layout jenis ini berpusat pada bangunan layanan yang terdiri dari kantor polisi, pemadam kebakaran dan rumah sakit. Untuk membuatnya, letakkan terlebih dahulu ketiga bangunan tersebut ditengah kota dan biarkan sekelilingnya kosong alias tidak ada bangunan.

Selanjutnya, bangun jalan disekelilingnya.

Berikutnya, tentukan tema dari kota yang akan kamu bangun, apakah akan berfokus terhadap pendidikan, hiburan, judi atau taman. Pilih salah satu dan kita lanjut ke step berikutnya.

Buatlah jalan sesuai imajinasimu, perhitungkan pula bangunan apa saja yang bisa diletakkan di sana dan pastikan agar tidak keluar dari area bangunan layanan tadi. Di tahap ini, saya bahkan menghabiskan 1 jam sebelum akhirnya saya bongkar lagi karena otak saya sudah berhenti bekerja haha.

Kalau sudah, pasang gedung spesialisasi yang kamu pilih tadi, misalkan pendidikan. Taruh semua gedung pendidikan disekitar layanan tadi. Aturlah agar sesuai dengan seleramu. Misalkan kamu ingin membuat lingkungan tempat kuliah. Bangunlah imajinasimu dari sini.

Jangan lupa untuk menyisakan ruang bagi rumah penduduk.

Menurut pengalaman saya, bangunan penduduk umumnya ada dipinggir, beberapa ditengah. Gabungkan juga dengan spesialisasi lain sesuai selera. Bisa taman atau landskap. Tentukan pula rumah apa yang cocok ditaruh disekitar lingkungan pendidikan, apakah perumahan atau tokyo atau london dan lainnya.

Kalau sudah, sisa bangunan seperti gedung pemerintah, toko komersil, pabrik, air, listrik dan lainnya bisa kamu pikirkan setelahnya. 

#5 Layout 1 Rumah 4 Sisi Jalan

Layout 1 Rumah 4 Sisi Jalan

Absurb bukan? Tapi itulah yang saya temukan dari desain kota teman Facebook saya. Awalnya, desain dia adalah perumahan per blok, jadi 1 blok bisa menampung 6-8 rumah. Tapi setelahnya, rumah yang ia susun menjadi sendiri-sendiri.

Tiap rumah pasti memiliki jalan di 4 sisinya. Bisa bayangkan betapa borosnya lahan yang ia pakai? Tapi itulah yang ia gunakan. Jadi, desain rumah yang random itu bisa dijadikan refrensi kalau saya sedang malas desain.

Bagaimana Cara Mengatasi Jalan Merah di Simcity?

Sekarang kita masuk ke permasalahan umum dan fatal bagi para pemain, yaitu macet. Kalau jalan yang ada disekitar gedung perumahan tiba-tiba berubah jadi merah, para Sims akan berdemo dan meninggalkan gedung tersebut.

Dengan berdemonya para Sims, itu akan membuat kadar kebahagiaan penduduk berkurang dan bahkan mengurangi populasi secara drastis. Untuk itu, perlu adanya penanganan untuk mengatasi masalah ini seperti:

Pertama, upgrade jalan.

Meningkatkan jalan dari jalan bertanah ke 4 jalur lalu ke 6 jalur dan selanjutnya membutuhkan sejumlah Simoleon. Dan jumlahnya tidak sedikit. Jika kamu memiliki Simoleon yang banyak, maka lakukanlah cara ini.

Namun yang perlu kamu perhatikan, jika kamu ingin membuat desain layout kota baru, pasti akan menghancurkan jalan dan membuat jalan baru yang berbeda dari sebelumnya. Nah, ketika menghancurkan jalan yang telah diupgrade, Simoleon yang kamu terima hanya setengah dari total Simoleon yang telah kamu keluarkan.

Bagi yang kesulitan mengumpulkan Simoleon, hal ini patut kamu perhitungkan sebelum mengupgrade jalan yang bermasalah. Kalau kamu tidak punya rencana untuk mengubah layout kota, mungkin cara ini bisa dipertimbangkan.

Kedua, memindahkan bangunan.

Pilih salah satu bangunan penduduk di sekitar jalan yang bermasalah, lalu pindahkan bangunan tersebut ke jalan yang sepi. Tekan ceklis. Setelah itu, pindahkan lagi posisi bangunan tersebut ke tempat semula. Dan jalan merah yang tadi muncul, sekarang telah hilang dan berubah menjadi kuning.

Cara ini memang tidak bertahan lamanamun cara ini tidak mengeluarkan biaya. Saya lebih memilih cara ini karena mengumpulkan Simoleon adalah prioritas utama saya saat ini. Saya ingin membuat banyak tempat hiburan dan taman di kota saya. Dan saya tidak ingin dihambat oleh masalah seperti ini.

Ulangi saja cara ini jika muncul notifikasi lagi mengenai jalanan yang padat.

Ketiga, buldozer jalan dan bangun jalan kembali.

Tekan icon jalan, masuk ke mode buldozer alias penghancur jalan, lalu pilih jalan padat yang sudah berwarna merah, tekan jalan tersebut lalu tekan logo Buldozer disebelah kanan layar. Jalan telah hancur.

Selanjutnya, masuk ke mode pembangunan jalan, lalu buat garis jalan yang sama seperti sebelumnya. Selesai. Kamu dapat melihat perubahannya. Sudah tidak muncul notifikasi jalanan padat lagi.

Tentu saja, karena cara ini hanya memanfaatkan celah game, pasti masalah tadi akan muncul kembali. Jika sudah seperti itu, ulangi cara ini lagi.

Keempat, Mengubah arah bangunan.

Kalau bangunan yang kamu miliki berada diantara 2 sampai 4 jalan, maka cara ini dapat kamu lakukan.

Caranya adalah, tekan rumah yang berada diantara lebih dari 1 jalan, ubah posisi depan bangunan dari jalan pertama ke jalan lain yang tidak padat.

Rubah arah bangunan untuk mengatasi macet

Cara ini juga menjadi favorit saya karena simpel dibanding dengan cara kedua tadi.

Kelima, menggunakan trik 3 jalan merah.

Jujur, saya belum paham mengenai trik ini, saya sudah menonton video tutorialnya yang berbahasa inggris namun tetap tidak paham. Maaf sekali saya tidak bisa jelaskan itu kali ini.

Namun, kamu dapat menonton video tutorial tersebut dibawah dan praktekkan sendiri untuk membuktikan hasilnya.


Kelebihan dari cara ini adalah gratis dan tidak perlu dilakukan berulang-ulang. Cukup sekali berhasil saja, maka kamu tidak perlu khawatir terhadap masalah jalan padat dan kebahagiaan Sim.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.

Google Translate
Bookmark Post