Guide Lapu Lapu : Build item, Counter dan Skill Combo

Dapatkan guide terbaik bermain Lapu Lapu disini! Mulai dari build item, emblem, skill combo, counter hingga strategi bermain ala pro player bisa kamu terapkan langsung
Waktu itu, saya sedang mencoba untuk memakai hero Lapu-Lapu di Classic match (hanya sekedar mencoba saja). Saat pertama kali memakainya, saya merasa bahwa hero ini bukanlah hero biasa. Ia adalah fighter yang memiliki damage tersakit sekaligus defense yang tebal.

Ketika saya bermain lapu-lapu, banyak hero "mengerikan" yang dapat saya kalahkan dengan mudah. Hanya bermodal build coba coba dan emblem fighter, saya bisa mengalahkan hero yang sedang berada diatas meta (seperti kimmy, claude dan kurfa).

Hal ini pun membuat saya jatuh hati kepadanya. Saya berusaha agar dapat menguasainya dan segera mencobanya di Ranked Match. Pada saat itu, saya menggunakan susunan item racikan saya sendiri dan memakai emblem Assasin agar damagenya maksimal.

Dan ternyata, hero yang musuh gunakan adalah hero meta dan termasuk Overpower. Seperti Esmeralda, Minotaur, Gussion, Kaja dan Karrie. Saya pun merinding karena takut hasil akhir yang mengecewakan.

Tapi, disini saya memiliki harapan yang kuat agar dapat memenangkan pertandingan tersebut. Dengan segala upaya yang telah saya kerahkan, akhirnya saya dapat mengalahkan lawan dengan perbedaan total kill sebanyak 4 poin.

Poin utama disini adalah saya ingin memberitahu bahwa Lapu Lapu adalah hero fighter terbaik saat ini karena memiliki efek slow, brust damage, pasif shield dan damage yang mematikan.

Untuk itu, saya akan membagikan tutorial/guide lapu-lapu berdasarkan pengalaman saya bermain hero ini sampai sekarang. Mulai dari pasif, skill, emblem, spell, counter, strategi bermain dan tips dari pro player.

1.Pasif apa yang dimiliki Lapu Lapu?

Pasif yang dimiliki oleh Lapu Lapu adalah Hero's Faith. Dimana ia memiliki total 5 stack yang berada dibawah bar HP nya. Jika bar tersebut penuh, maka ia akan menusuk musuh dan memperoleh shield yang besar.

Tips : Pasif ini akan sangat efektif digunakan ketika kamu ingin menghabisi musuh atau sedang berada di war. Selain itu, menggunakan skill ultimate ketika pasif ini aktif akan membuat lapu lapu tidak dapat dihentikan.

2.Apa saja Kegunaan dari skill yang ia miliki?

Jumlah skill yang dimiliki lapu lapu adalah 6 buah. Masing masing mode memiliki 3 skill layaknya Roger. Untuk membuat lapu lapu menjadi hero mematikan, kamu dapat mengetahui kegunaan dari masing masing skillnya.

Mode Light Sword State (Mode awal/dasar) :

Skill 1 Justice Blade; Melempar 2 pedang kedepan dan pedang tersebut akan kembali kepadanya (seperti Boomerang). Sangat berguna untuk mencicil hero lawan diawal pertandingan.

Skill 2 (Brave Stance); Maju kedepan menggunakan kedua pedangnya dan menghasilkan sedikit damage. Bisa dipakai untuk kabur/mengejar lawan yang menjauh dari radar.

Skill 3 (Chieftain's Rage); Menyatukan kedua pedang dan kemudian dihempaskan kearah musuh. Memberikan 400(200% Physical damage) physical damage ke lawan sekaligus memberikan stun selama hampir 1 detik. Saat itu juga lapu lapu berubah ke mode Heavy Sword State.

Mode Heavy Sword State (Mode kedua/perubahan) :

Skill 1 Justice Blade; Melempar bola besar yang memiliki damage tersakit dan juga mengakibatkan slow effect terhadap lawan. Manfaatkan ketika musuh hendak kabur atau diluar jangkauan.

Skill 2 (Brave Stance); Berputar kedepan dan menyebabkan damage yang lebih kuat daripada skill 2 pada mode dasarnya.

Skill 3 (Chieftain;s Rage); Memutar pedangnya dan memberikan damage 250(+50% physical damage) ke musuh disekitar. Sangat efektif untuk melawan banyak musuh karena bersifat brust damage.

3.Build itemnya seperti apa?

Daftar Susunan Item Lapu Lapu

Diawali dengan item sepatu yang bernama Warrior Boots. Sepatu ini memungkinkan Lapu Lapu agar dapat menahan lebih banyak physical damage yang diterima. Selain itu harga item ini juga yang paling murah, yaitu seharga 690 Gold.

Kedua ada Bloodlust Axe. Gear ini akan memberikan lifesteal setiap kali lapu lapu mengeluarkan skill dan mengenai lawan. Karena item ini sejalan dengan karakteristiknya, maka Blodlust Axe merupakan item wajib bagi lapu lapu.

Lalu ada Blade of The Heptaseas. Yang akan memberikan physical damage tambahan yang setara dengan 100% physical attack jika tidak menerima/memberikan damage dalam 5 detik.

Item keempat yaitu Endless Battle. Item yang lebih murah dari BOD namun benefitnya lebih banyak dan sangat berguna. Ada Cooldown Reduction, Mana Regen, Physical Attack, Movement speed, HP  dan lifesteal.

Kelima ada item defense bagi lapu lapu, yaitu Queen's Wings. Disini saya memanfaatkan pasifnya yaitu mampu mengurangi damage yang diterima sebesar 50% dan meningkatkan lifesteal jika HP dibawah 40%.

Yang terakhir adalah Thunder Belt. Item yang meningkatkan defense, CD dan dapat memperlambat musuh setelah mengeluarkan skill. BTW, item ini sangat cocok dipadukan dengan Endless Battle karena keduanya mengeluarkan pasif secara bersamaan, yaitu setelah mengeluarkan skill.

Kurang lebih seperti itu Build Lapu Lapu yang sering saya gunakan, agak tanky namun damagenya maksimal. Karena biasanya, saya dapat memburu banyak marksman dan mage dalam 1 pertandingan. Bahkan saya sering memperoleh Maniac, karena Savage disampah oleh tim sendiri.

4.Jenis Emblem apa saja yang cocok baginya?

Emblem adalah nyawa kedua bagi suatu hero. Ungkapan tersebut memiliki arti bahwa emblem yang digunakan oleh suatu hero memiliki stat tambahan yang sangat berpengaruh didalam permainan.

Ada 2 hero yang sama, misalnya Aurora. Ketika aurora menggunakan emblem Custom Mage, damage dan Magic PEN yang milikinya bertambah, membuatnya semakin tak terhentikan.

Aurora ke 2 menggunakan emblem Magical hanya meingkatkan stat dasar seperti HP regen, Mana, HP, Cooldown dan lainnya.

Ketika kedua player Aurora yang menggunakan emblem berbeda bertemu, akan terlihat gaya permainan dan damage yang berbeda. Aurora pertama, sering ikut war, ganking dan bantu farming.

Sedangkan Aurora kedua hanya melakukan back up team dan clear lane (kurang efektif untuk ikut war karena damagenya nanggung).

Untuk itu, pemilihan emblem untuk Lapu lapu harus diperhitungkan. Apakah condong ke Fighter atau Assasin?

Karena kita semua memiliki gameplay dan tujuan yang berbeda, disini saya akan menjabarkan keuntungan kedua emblem untuk Lapu - Lapu :


Emblem FighterEmblem Assasin
+Defense+Physical PEN
+HP+Physical Attack
+Physical Attack+Critical Chance
+Physical PEN+Movement Speed

Fighter Biar Ganas, Assasin biar makin Ganas

5.Battle Spell Favorit saya ketika memakai Lapu Lapu

Hampir setiap kali saya bermain Lapu lapu, pasti sering menghadapi situasi yang genting. Dimana saya harus memiliki mobilitas yang tinggi untuk melawan hero meta saat ini. Contoh Kimmy, Selena, Gussion, dan Lunox.

Keempat hero ini membuat saya jengkel karena hero Lapu lapu tidak memiliki mobilitas sebaik mereka. Akhirnya, saya memakai strategi yang dapat membuat mereka dapat saya kejar dan bunuh. Yaitu dengan menggunakan Spell Filcker/Sprint.

Spell diatas dapat mengejar banyak musuh yang menjengkelkan dan dapat membunuh mereka sekaligus. Selain itu jika musuh memiliki HP yang tebal dan dengan Crowd Control yang besar, bisa di counter dengan memakai battle spell Petrify/Aegis.

Atau jika sering bertemu dengan fanny atau Johnson, kamu bisa gunakan spell stun.

6.Siapa saja yang dapat meng-counter Lapu Lapu?

Segala sesuatu pasti memiliki kekurangan, tak kecuali untuk Lapu Lapu. Walaupun ia memiliki banyak kelebihan dari hero lain, namun ia juga memiliki kekurangan yang membuatnya menjadi hero yang tidak begitu overpower.

Seperti yang telah disebutkan diatas, Lapu lapu sangat rentan terhadap hero yang memiliki mobilitas yang gesit, seperti :

  1. Granger
  2. Kaja
  3. Chou
  4. Kimmy
  5. Gussion
  6. Selena
  7. Kufra
  8. Lunox
  9. Harrith

Bagi kamu yang ingin menggunakan Chou, ada rekomendasi build yang dapat membunuh musuh dengan sekali combo. Kamu cukup membaca artikel Build Chou Terbaru yang akan mengupas tuntas beragam item yang dapat digunakannya untuk menaklukan banyak hero.

Selain Chou, Kimmy juga bisa mengalahkan Lapu Lapu jika bisa menjaga jaraknya. Disini sudah saya sediakan artikel yang memuat tips dan susunan gear terbaik bagi Kimmy yang bisa kamu baca sekarang juga. Supaya kamu dapat dengan mudah memperoleh kemenangan.

7.Bagaimana Cara Memainkan Lapu Lapu dengan Benar?

Berikut adalah strategi bermain lapu lapu yang biasa saya gunakan dan beberapa tambahan yang saya dapatkan di media lain.

  1. Gunakan Skill 2 dengan bijak; jika kamu bermain tanpa memakai spell Flicker, maka lapu lapu akan berada didalam kondisi yang kritis. kamu harus mengetahui situasi dan kondisi sebelum dan sesudah memakai Brave Stance. Yang bertujuan agar kamu tidak masuk kedalam mulut harimau.
  2. Cari dan gunakan Kombinasi skill lapu terbaik; Banyak sekali combo penyerangan yang dapat dipakai oleh kamu. Kamu bisa megutip dari pro player, artikel maupun dari gaya permainanmu sendiri.
  3. Combo hero Lapu dengan hero yag memiliki Crowd Control besar; bisa menggunakan Aurora, Eudora, Selena, Kaja, Terizla dan lain lain.
  4. Jangan Terlalu bar-bar; banyak sekali pemain lapu yang pede menang ketika bertarung dibawah turret lawan. Jangan seperti itu, jangan memperlihatkan bahwa kamu itu bodoh. Usahakan agar dapat menilai secara objektif suatu kondisi.
  5. Kenali kelebihan dan kekurangan Lapu Lapu; Kelebihannya yaitu brust damage tersakit saat ini, crowd control yang menjengkelkan, cooldown singkat, tidak memakai mana, pertahanan yang ideal, tanky. Kekurangannya rawan terkena Crowd Control lawan, perubahan skill saat berubah mode dapat membuat pemain bingung
  6. Skill Order; prioritaskan skill 1 karena ini merupakan damage paling pedas yang dimiliki lapu lapu, lalu order skill 3 setiap kali bisa dinaikkan, skill 2 ditingkatkan terakhir karena hanya sebagai mobilitas
  7. Manfaatkan pasif dengan benar dan tepat; untuk mencegah lapu lapu terbunuh oleh hero lain, alangkah baiknya agar ia segera mengaktifkan pasifnya dan dicombo dengan skill ultimatenya
  8. Last hit itu penting; alasannya karena exp dan gold yang dihasilkan lebih banyak, jadi ia dapat menjadi hero terkuat dengan cepat
  9. Emblem Assasin adalah jalan pintas menuju kekayaan; Lapu lapu akan sangat bergairah ketika memiliki gold yang banyak, karena semakin banyak gold yang dimiliki, semakin banyak pula item yang digunakan. Semakin banyak item yang digunakan semakin besar pula efeknya.
  10. Jangan bertarung saat skill sedang cooldown; hal ini dilakukan karena lapu lapu memiliki basic attack yang nggak begitu besar. Ia akan mudah dikalahkan oleh Alucard, Roger dan hero yang mengandalkan basic attack lainnya.

8.Siapa sih TOP GLOBAL Lapu Lapu terbaik saat ini?

Player Lapu2 yang menduduki leaderboard TOP GLOBAL Hero Dunia adalah :

  1. Despair XC
  2. Boruto_45
  3. KYOGRE
  4. JAMESWIKWIK
  5. Alter Ego
  6. Rusher

dan masih banyak lagi, untuk lebih lengkapnya kamu bisa melihat langsung di leaderboard didalam game.

9.Adakah tips rahasia dari pemain Top Global?

Ada pemain yang membeberkan rahasianya saat menggunakan lapu lapu. Yaitu sebagai berikut

#1. ALterEgo Arss

  • Menurut gw, sebelum lapu lapu memiliki level 4, ada baiknya agar fokus pada farming seperti jungle maupun clear lane (turtle juga bisa). Setelah itu barulah ia ikut war dan roaming
  • Menggunakan waktu yang tepat untuk mengeluarkan skill ulti; jadi lo harus tahu kapan timing yang pas untuk memakai ultimatenya, karena itu akan berdampak langsung terhadap permainan
  • Pahami skill dan pasif lapu lapu; supaya lo ngerti dan paham apa, kapan dan kenapa skill itu lo gunain.

10.Wallpaper yang Bertemakan Lapu Lapu

Lapu Lapu Imperal ChAMPION
Wallpaper Lapu Lapu dari : tipspintar
Lapu Lapu Ancestral Blade
dari tipspintar
Lapu Lapu Original
dari devianart.com

11.Quote Hero

Saat Memilih hero
Fight! Along with myblod
Pergerakan Karakter
Kill, Kill, Kill
Enemy Spotted
Time to End it All
The light of victory is before me
Saat Memakai Ultimate
Those in my way... Die
Saat Terbunuh
I Still.. Can Fight
Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat daftar quote dari Lapu lapu di Mobile Legends Fandom.

Akhir kata

Lapu lapu cocok digunakan ketika kamu solo rank, karena ia memiliki pertahanan yang tinggi dan damage yang mengerikan. Selain itu, Crowd Control yang ia miliki tak jauh mematikan dari yang dimiliki papa franco.

Lapu Lapu adalah hero mematikan dengan damage terkuat dan tersakit yang ada di mobile legends. Banyak sekali benefit yang dapat kita peroleh saat menggunakannya. Agar damage yang dimiliki lapu lapu semakin besar, kamu dapat mencoba combo build dan emblem yang ada didalam game. Sekian dan terima kasih.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences