Cara Meningkatkan Populasi Sampai 100% di SimCity Buildit

Ini cara terbaik menambah populasi di Simcity Buildit dengan Bangunan Spesialisasi. Dari 94.000 sampai 192.000.
Meningkatkan populasi di Simcity merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang Mayor (Seorang yang memainkan Simcity). Karena dengan begitu, mereka akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri karena berhasil mengembangkan suatu kota.

Belum lagi akan ada banyak variasi bangunan dan keindahan yang tersaji didalam kota akan memberikan nilai estetik bagi siapapun yang melihatnya. Dan tidak ketinggalan, faktor materialnya yaitu pajak harian yang besar.

Bisa dibilang itu adalah mimpi utama setiap Mayor. Lalu, kita masuk ke pertanyaan selanjutnya.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan membangun...

Bangunan Spesialisasi - Cara  Paling Efektif Meningkatkan Populasi di Simcity Buildit

Bangunan spesialisasi merupakan jenis gedung yang memiliki fungsi sebagai infrastruktur tambahan dan sarana dan prasana untuk para Sim yang tinggal di kota. Bangunan ini berjenis sekunder karena dapat berdiri sendiri.

Ciri khas bangunan spesialiasi adalah bangunan ini dirancang hanya untuk meningkatkan populasi penduduk. Caranya ialah meletakkannya disekitar rumah-rumah yang ditinggali oleh para Sim. 

Daftar Bangunan Spesialisasi

Berikut adalah daftar gedung spesialisai yang dapat kamu bangun seperti berikut:

  • Taman
  • Landskap
  • Pendidikan
  • Transportasi
  • Pantai
  • Hiburan
  • Gunung
  • Perjudian
  • Bangunan Terkenal
  • Pas Wali Kota Premium (Akses VIP)

Bangunan spesialisasi yang meningkatkan populasi tertinggi dengan harga yang terjangkau yaitu taman, pendidikan, transportasi, hiburan, perjudian dan bangunan terkenal.

Coin Simoleon dapat difokuskan untuk membangun taman dan pendidikan. Sedangkan Koin Emas bisa dipakai untuk transportasi, hiburan, perjudian dan bangunan terkenal.

Memaksimalkan Potensi Bangunan Spesialisasi

Pemaksimalan potensi bangunan spesialisasi bertujuan untuk mengoptimalkan perolehan pertambahan penduduk di setiap area yang dijangkau oleh sebuah bangunan spesialiasi. Dengan begitu, kamu akan dampak positif sebanyak-banyaknya. 

1. Upgrade Rumah Penduduk sampai level maksimal

Menaikkan level rumah sampai ke level maksimal akan membuat populasi Sim dari bangunan tersebut bertambah. Cirinya adalah menghilangnya bubble chat berupa gambar helm konstruksi yang muncul disekitar rumah tersebut.

2. Pilih Lokasi Strategi untuk menempatkan Bangunan Spesialisasi

Selanjutnya adalah pemilihan lokasi. Tidak memikirkan tata letak lokasi untuk bangunan spesialisasi merupakan hal yang fatal. Sebab, itu akan menurunkan kemungkinan pertambahan penduduk yang bisa didapat.

Untuk itu, usahakan agar pola jalan, rumah penduduk dan layanan dibuat dengan memikirkan Bangunan Spesialisasi yang akan ditambahkan. Biasanya mereka semua berdekatan dan berkumpul di satu tempat.

3. Pilih Bangunan Spesialisasi favoritmu

Karena terdapat banyak pilihan yang bervariasi, kamu dapat memilih bangunan spesialiasi yang dapat meningkatkan populasi penduduk dengan presentase yang tinggi dan dengan harga yang terjangkau.

Saya senang sekali menggunakan bangunan Taman, Hiburan dan Transportasi. Ketiganya dapat saya beli dan saya dapat memilih bangunan yang menambah persentase yang paling banyak di setiap jenisnya. 

Tentu ada beberapa bangunan yang tidak dapat saya beli, seperti yang harganya mencapai 80 Simcash keatas atau menggunakan Kunci Platinum sebagai pembayarannya. Bangunan yang menggunakan pembayaran seperti itu akan saya hiraukan.

4. Pastikan jalan tidak ada yang merah

Permasalahan selanjutnya datang ketika penduduk semakin bertambah, yaitu jalan menjadi macet. Tidak ketinggalan dengan notifikasi yang mengganggu dan perubahan warna menjadi merah.

Jika sudah terjadi seperti ini, kebahagiaan Sim akan terganggu dan berkurang. Dengan berkurangnya kebahagiaan Sim, maka pajak akan berkurang. Selain itu, mereka akan protes dan pergi dari bangunan sekitar jalan padat tersebut. Sehingga membuat bangunan sekitarnya ditinggalkan.

Yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah jalanan padat ada 5. Yaitu:

  1. Upgrade jalan menggunakan Simoleon
  2. Pindahkan salah satu bangunan ke tempat lain lalu kembalikan ke tempat asal
  3. Buldozer jalan dan bangun jalan kembali ditempat yang sama
  4. Mengubah arah bangunan ke sisi lain jalan
  5. Menggunakan trik 3 jalan merah.

Penjelasan lengkapnya dapat kamu baca di strategi penempatan jalan dan cara mengatasi jalan merah Simcity Buildit. Dengan begitu, masalahmu mengenai jalanan macet yang mengurangi jumlah penduduk dan kebahagiaan akan terselesaikan.

Bangun Rumah Penduduk Vs Bangunan Spesialisasi

Lebih banyakan mana, peningkatan penduduk dengan membangun lebih banyak rumah penduduk atau meletakkan lebih banyak bangunan spesialiasi diantara rumah penduduk?

Di sini saya akan mencoba berkesperimen menggunakan kota saya. Tujuannya untuk menentukan seberapa banyak pengaruh gedung spesialiasi dibanding rumah penduduk saja.

Jumlah Populasi dengan memakai bangunan spesialisasi
Dengan spesialisasi

Total penduduk tanpa gedung spesialisasi
Tanpa spesialisasi

Di lihat dari gambar diatas, saya mendapatkan peningkatan hampir 110% dari 94 ribu menjadi 192 ribu. Itupun belum maksimal karena taman dan pendidikan yang saya miliki belum lengkap.

Dari gambar ke dua, kita dapat melihat bahwa jika hanya mengandalkan bangunan penduduk saja, jumlah populasi di kotamu tidak akan meningkat secara signifikan, dengan begitu pajak yang kamu dapatkan juga tidak banyak.

Lebih baik mengorbankan 1-2 bangunan di dalam sekumpulan rumah untuk dibangun bangunan spesialisasi. Karena peningkatannya akan tinggi dibanding dengan membuat sebuah komplek tapi tidak ada bangunan spesialisasinya.

Bangunan yang lebih besar atau lebih banyak populasinya dipindahkan ke dekat dengan taman agar jumlah populasi yang bertambah lebih banyak dibanding dengan gedung yang memiliki populasi rendah atau menengah.

Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa daripada membangun banyak gedung penduduk dan berharap pajak harian akan meningkat, lebih baik menggunakan resource dan Simoleon yang ada untuk membeli spesialisasi.

Setiap cara pasti ada kekurangannya, dan

Kekurangannya cuma 1, mahal...

Jadi, kelemahan dari cara ini adalah sedikitnya gedung yang dapat dibeli menggunakan Coin Simoleon. Umumnya, yang bagus dan kenaikan penduduknya yang tinggi memakai Simcash, Kunci Emas dan Platinum untuk membelinya.

Sedangkan yang kita semua tahu, bahwa untuk mendapatkan itu tidak semudah mendapatkan Coin Simoleon. Hanya dengan Coin Simoleon lah kita dapat membeli banyak gedung spesialisasi tanpa modal sepeserpun.

Simcash tentu bisa didapat dari menonton video iklan atau menyelesaikan misi dari gedung pemerintah.

Sedangkan Kunci Emas didapat dari kapal kargo, penyerangan bencana, dan event khusus lainnya.

Kunci Platinum adalah yang paling langka diantara yang lainnya.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences