Tips Farming di Growtopia : Mudah dan Gede Profitnya
Apakah kamu pernah merasa bahwa menjadi farmer di Growtopia sangat melelahkan dan membosankan? Sudah lama menjadi farmer namun tetap miskin?

Jika iya, kamu berada diartikel yang tepat. Saat ini saya telah melakukan riset dan mencoba beberapa hal yang dapat membuat kita lebih produktif dan memperoleh keuntungan yang besar saat farming.

Beberapa hal yang akan saya jelaskan dibawah akan sangat memudahkan kita menjadi farmer sejati. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan banyak benefit saat mencoba tips dan trik dibawah.

1.Pilih Item Farmable sesuai kebutuhan

Menurut Growid, Farmable adalah rasio seed yang dihasilkan saat farming akan meningkat. Jadi, setiap kali kita break sebuah block atau saat harvest, maka seed yang dihasilkan akan lebih banyak dari awalnya. Itulah arti Farmable sesungguhnya.

Bagi kamu yang sedang mencari pilihan farmable yang tepat, mungkin bisa melihat beberapa item dibawah ini.

Nama Item Tingkat KesulitanWaktu Tanam Gems Drop
Pinball Bumper6-7 Pukulan1 hari 17jam0-14
Fish Tank3 Pukulan21 jam0-11
Chandelier6-7 Pukulan1 Minggu0-22
High Tech Block7-9 Pukulan-4 Hari0-18
Venus Guytrap5-6 Pukulan19 Jam0-11
Sugarcane3 Pukulan4 jam0-5
Sharp Bass3 Pukulan9 jam0-9
Blackrock Wall4-5 Pukulan21 Jam0-11


Setelah membaca tabel diatas, kamu bisa mencoba satu satu item Farmablenya supaya dapat menemukan farmable terbaik. 

Untuk pemula...bisa menggunakan Sharp Bass maupun Sugar Cane. Kedua item ini sangat berpengaruh ketika kita memulai game dari awal dan tidak mempunyai apa apa.

Untuk pemain menengah, bisa mencoba Fish Tank, Venus maupun Pinball. Pilih 1 yang pas dengan kebutuhanmu.

Misal, saya hanya memiliki waktu 2 jam/hari untuk bermain Growtopia, agar item farmable tersebut cocok dengan saya, maka saya memakai Fish Tank/Pinball karena hanya memiliki waktu harvest -+ 1 hari saja.

Jika kamu hanya memiliki waktu 3 jam dalam seminggu, Chandelier adalah solusinya. Ia membutuhkan waktu harvest hingga 1 minggu untuk dipanen. Jadi, item ini akan cocok buatmu.

2. Siapkan Tempat Khusus Menanam dan untuk Break

Kedua tempat tersebut harus disediakan agar kita lebih produktif saat farming. Atau juga bisa menyewa lahan atau tempat dari owner yang terpercaya. 

Kamu dapat membeli World break maupun farm di BUYWORLD. Disana, kamu akan menemukan banyak penjual yang memiliki spesifikasi world yang berbeda beda.

Jika kamu adalah golongan orang kaya (PRO), kamu bisa membeli World yang megah dan elegan, dengan harga kisaran 50-90 wl.

Kalau kamu adalah orang baru dan tidak memiliki modal yang besar, bisa membeli world yang sederhana, dengan begitu kamu akan mengeluarkan modal sekitar 7-20 wl saja.

Atau, jika kamu benar benar tidak memiliki wl atau ingin menghemat, kamu bisa membuat world sendiri dan buat gambaran mengenai world yang ingin dibuat...

...Jika ingin membuat World Farm, modelnya seperti apa? Apakah simpel, elegan, memiliki storage kecil atau full farm saja? Bagaimana dengan modalnya? Apakah kecil atau besar?

Dengan demikian, kita semua sudah tahu mengenai penyediaan tempat khusus ini. Selain agar kita menjadi produktif, kita juga akan lebih fokus untuk menangani suatu hal.

3. Persiapkan Alat dan Bahan untuk menjadi Farmer


Setelah memilih farmable yang tepat dan menyediakan tempat khusus, kini saatnya bagi kita untuk mengetahui alat dan bahan yang bisa membantu ketika proses farming berlangsung.

Proses Menanam

Saat sedang menanam bibit atau seed, mungkin kita senang melakukannya dengan cara manual. Namun, apakah kamu tahu bahwa ada cara yang lebih baik dalam menghemat waktu kita, yaitu dengan menggunakan Magplant dan Chicken Plow.

Magplant berfungsi sebagai alat yang dapat menarik item yang dihendaki. Contoh, jika saya menaruh Magplant dan memasukan seed Fish Tank, lalu saya break Fish Tank Block dan menghasilkan seed, maka seed tersebut otomatis masuk kedalam alat ini. Alat ini hanya bisa menampung hingga 500 unit saja.

Chicken Plow merupakan alat yang mirip dengan Traktor, namun digunakan untuk menanam seed. Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan alat ini, lalu menekan seed yang ingin ditanam. Misalnya saya ingin menanam Pinball seed, maka yang saya lakukan hanyalah menekan tombol maju saja.

Bagi yang belum tahu, Magplant dan Chicken Plow dapat digunakan secara bersamaan dan menghasilkan cara bekerja yang cerdas. Tanpa harus bolak-balik untuk mengambil seed, kita dapat melakukannya dalam sekali putaran saja.

Bagaimana caranya?...

...yaitu dengan memasukkan seluruh seed yang sama kedalam Magplant, lalu tonjok magplant tersebut hingga keluar kuncinya. Lalu gunakan Chicken plow dan kamu cukup maju saja.

Dengan begitu, kamu akan dapat menghemat waktu lebih banyak.

Atau... Jika kamu sering mengalami masalah jaringan saat meletakkan bibit, maka kamu dapat melepas sepatu yang memiliki buff pada kecepatan berlari. Dengan demikian,kita tidak akan terlewat oleh 1 hal pun.

Tambahan, di event Harvest Fest (September/Oktober) kita akan memperoleh mooncake setiap memanen. Nah, mooncake juga memiliki 5 jenis dengan harga dan warna yang berbeda.

Syaratnya cukup mudah, kita hanya perlu memanen item yang telah ditanam sebelumnya. Semakin banyak yang dipanen, semakin besar juga keuntungan yang dapat diperoleh.

Proses Breaking

Dalam proses ini, mungkin kita akan menghadapi masalah, seperti bosen/gabut, capek karena nge break sendiri dan bahkan ada yang terganggu karena ada orang lain masuk kedalam world yang kita gunakan.

Agar kita bisa menjadi farmer sejati, maka kita harus lebih produktif dan mengatasi masalah diatas seperti berikut ini.

1.Gunakan Musik agar Suasana lebih hidup

Ini adalah hal yang sering banget saya gunakan ketika bermain Growtopia di Laptop. Pas proses breaking, saya sering memutar musik di Youtube yang dimana iramanya itu asik dan dengan tempo yang cepat.

Kenapa saya memutar musik yang memiliki tempo cepat?

karena saya ingin membuat diri saya menjadi lebih semangat dan bergairah saat melakukan tahap ini.

2.Minta Bantuan Orang Lain/Teman

Jika kamu memiliki WL lebih, bisa digunakan untuk menyewa WORLD yang dapat menampung farmablem kamu, seperti FREEXP dll. Dengan menyewa ditempat seperti itu, kita jadi lebih mudah dan cepat untuk menyelesaikannya.

Jika kamu memiliki teman dekat, mintalah pertolongan darinya. Mungkin saja dia tidak memiliki kegiatan lain selain nongkrong bareng kamu. Agar hubunganmu dengan dia tetap terjaga, alangkah baiknya agar tidak menganggap temanmu sebagai Worker.

3.Gunakan Jump Hammer dan Non Aktifkan Lokasi Player

Hal ini bisa kamu lakukan kalau kamu merasa terganggu oleh aktivitas mereka disekitarmu. Bagi kamu yang sering gagal fokus atau sering teralihkan perhatiannya, cara ini sangat ampuh untuk menguranginya.

Manfaatnya pun sangat luar biasa, salah satunya kita dapat menyelesaikan waktu sesuai deadline dan masih banyak lagi.

4.Memakai Alat Bantu Break (ex. Pickaxe dan Death Ray)

Dengan menggunakan alat bantu Break seperti Pickaxe dan Death Ray, kita akan menghemat masing masing 1 tonjokan. Jadi, jika pada normalnya Chandelier hanya dapat dihancurkan dengan 7x pukul, maka dengan alat bantu ini kita akan membuatnya menjadi 6x pukul saja.

Jika kamu sudah menggeluti Growtopia sejak lama, mungkin kamu akan memiliki 3 item berikut : Dragon Scraft, Rayman Fist, Diamond Horn. Ketiga item ini memiliki keunggulan masing masing yang apabila di combo maka akan memperoleh hasil yang luar biasa.

Apabila kamu ingin memperoleh Profit hingga 1 DL, kamu bisa membaca artikel tersebut, atau jika kamu membutuhkan saran untuk nge mass, silahkan mampir kesini : Tips Untung Besar saat Nge-Mass GT.

Demikian artikel mengenai Tips Farming di Growtopia agar kita semua menjadi Farmer sejati dengan untung yang besar. Sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

0 komentar untuk Tips Farming di Growtopia : Mudah dan Gede Profitnya