Panduan Winterfest di Growtopia agar Mudah Profit

Panduan Profit di Event Winterfest Growtopia. Mulai dari item yang perlu dipersiapkan hingga beragam cara untuk menghasilkan keuntungan yang besar.
Panduan Winterfest di Growtopia agar Mudah Profit - Winterfest merupakan sebuah event yang ada di Growtopia. Event ini datang pada bulan Desember dan berlangsung selama 2 minggu. 

Untuk mendatangkan profit yang besar, kita dapat mempersiapkan berbagai macam item yang diperlukan.

Oleh karena itu, mari kita simak baik baik caranya

Disini, kita akan membahas mengenai barang yang harus disiapkan, kapan harus menyiapkannya dan bagaimana cara mendapatkan profit yang besar ketika event Winterfest berlangsung.

Poin Utama:
  • Siapkan pancingan dan umpan yang sesuai dengan level Role Fishing kita. Kita dapat membeli Licorice Rod, Salmon Eggs, Shrimp, atau Mega Pellet dari Growtopia Store atau pemain lain. Dengan memancing ikan, kita dapat mendapatkan Tree Decoration dan item fishing lain yang dapat dijual dengan harga tinggi.
  • Siapkan farmable atau item dengan rarity yang tinggi untuk ditukar dengan Goblin di world Growch. Kita dapat menggunakan Pinball, Pepper, atau Cheminal P sebagai contoh. Dengan memberikan 500.000 rarity ke Stuff-4-Toys Box, kita akan mendapatkan karakter Goblin yang unik dan dapat dijual dengan harga tinggi.
  • Siapkan Winter Gift untuk memberi Growch agar dia senang. Kita dapat mendapatkan Winter Gift dari Giving Tree atau Winterfest Calendar. Dengan memberi Growch Winter Gift, kita akan mendapatkan Spirit of Giving dan berbagai item langka seperti WinterFest Royal Shirt, WinterFest Royal Suit, atau Antarctic Icefish.
  • Masuk ke dalam guild yang aktif dan berpartisipasi dalam event guild. Kita dapat mendapatkan berbagai hadiah seperti Guild Potion, Guild Chest, atau Guild Token yang dapat digunakan untuk membeli item guild yang langka dan mahal.
  • Manfaatkan Merry Monday dan Festive Friday untuk mendapatkan Special Winter Wish dan Winter Wish. Kita dapat mengonsumsi wish tersebut untuk mendapatkan item-item menarik seperti WinterFest Royal Twintails, Crown of S'mores, atau Big Bauble.

Daftar Item yang dibutuhkan ketika event WinterFestival Growtopia

Ada 5 hal yang perlu kamu perkatikan saat persiapan winterfest di Growtopia. Apa saja? Cek di bawah ini.

1. Pancingan dan Bait

Terdapat berbagai jenis Fishing ROD yang ada di Growtopia. Masing masing jenis pun memiliki effectnya tersendiri. Dan berikut adalah daftarnya


Note. Item yang didapat dari event tidak saya masukkan

Saat saya sedang bertanya di grup mengenai fishing rod yang cocok untuk pemula, mereka menyarankan untuk membeli Licorice ROD karena efeknya yang dapat menangkap ikan 2x lebih cepat. Selain itu, harganya juga terjangkau yaitu sekitar 20 wl-an.

Setelah mempersiapkan Rod, kita juga harus membeli bait agar dapat memancing. Kita dapat menggunakan bait dari yang paling murah sampai yang mahal tergantung modal yang dimiliki.


Setelah melihat daftar bait diatas, masing masing dari mereka memiliki kelebihannya masing masing. 

Agar profit yang didapat besar dan item yang dijual cepat laku, saya menyarankan beberapa bait seperti: Worm, Shinny, Salmon Eggs, Shrimp dan Mega Pellet.

2. Farmable atau Item dengan Rarity yang tinggi



Kita dapat mempersiapkan Farmable seperti Pinball atau Pepper untuk Event Winterfest ini. Atau, jika ingin menghemat, kita dapat menyiapkan item yang tidak terpakai dengan rarity yang tinggi dan sisanya menggunakan Farmable.

Contoh item yang jarang terpakai namun memiliki rarity yang tinggi : Cheminal P

Tugas kita disini adalah mengumpulkan 500.000 rarity agar dapat ditukar dengan Goblin

Seperti sebutannya, setelah kamu memberikan 500.000 kedalam Stuff-4-Toys Box yang ada di world Growch kamu akan menerima imbalan berupa karakter Goblin yang unik.

Jika kamu memiliki banyak gems, kamu bisa mendapatkan profit yang besar ketika event valentine berlangsung. 

Terdapat waktu kurang lebih 2 bulan setelah winterfest untuk persiapannya (Cukup gems). Berikut adalah panduan lengkapnya Tips Profit Besar di Valentine Week

3. Mencari dan mendapatkan Tree Decoration

Tree Decoration adalah item yang hanya muncul ketika event ini berlangsung. Misi  kita adalah mencari dan mendapatkan Tree Decoration sebanyak banyaknya. 

Cara mencarinya yaitu dengan memancing, menggunakan geiger, melakukan surgery, mengalahkan villain, memakai Cracker dan menyelesaikan misi di WOLFWORLD.

Item ini juga dapat digunakan untuk Giving Tree dan hanya bertahan selama 4 jam pertama saja. 

Dengan memasang deco di Giving Tree, kita berkesempatan mendapatkan item tertentu yang dibutuhkan.

Untuk daftar drop itemnya, kamu bisa liat dibagian cara mendapatkan profit dibawah nanti.

Info saja, Dapatkan Tree Decoration sebanyak banyaknya ketika event sedang berjalan kurang lebih 4 hari. 

Karena, setelah hari itu, harga deco semakin turun dan pembelinya pun meminta dengan harga yang lebih rendah.

4. Winter Gift untuk membuat Growch senang

Winter Gift bisa didapatkan setiap 10 menit didalam world (Semakin banyak pemain yang ada, semakin banyak juga Winter Gift yang bisa didapatkan). Atau kamu bisa mendapatkannya dari Giving Tree.

Giving Tree bisa didapatkan secara gratis dari world Growch dan menebangnya dengan Lumber Axe yang harganya 150 – 200 per World Lock. Kamu bisa memperoleh Winter Gift Setiap 4 jam sekali.

Perlu diingat bahwa setiap world hanya dapat menanam 20 Giving Tree saja, jadi pilihlah lokasi yang tepat.

Kenapa kita perlu membuat The Growch senang?

Karena jika kita ingin membuat item Winterfest seperti snowball kita diharuskan untuk membuat senang The Growch terlebih dahulu. 

Dengan cara apa? Kita beri dia Winter Gift.

5. Memiliki Role Fishing yang tinggi (Mininal Level 3)

Kenapa harus memiliki Role Fishing yang tinggi? Karena semakin tinggi level fishing yang kamu punya, semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Misal, jika kamu memiliki level Fishing 7, maka kamu akan berkesempatan untuk mendapatkan profit seperti Naval, Aquamarine Stone, Ooze. Oleh karena itu, kamu bisa meningkatkan level Fishing kamu sebelum event ini dimulai.

Kapan harus menyiapkan barang barang tersebut?

Waktu yang tepat (menurut saya) untuk mempersiapkan item untuk Winterfest adalah maksimal 1 bulan sebelum event ini berjalan. 

Kenapa? Karena, barang yang akan digunakan untuk event akan berubah dan terus berubah sampai event tersebut dimulai.

Selain itu, kamu wajib mengetahui cara terhindar dari scam agar tidak buntung saat event berjalan. 

Karena, "biasanya" banyak oknum yang sengaja memakai trik trik jahatnya untuk menipu orang lain. Bahkan, dengan beberapa detik saja mereka bisa meraup untung dengan cepat.

Bagaimana cara mendapatkan Profit dari Winterfest?

Terdapat 5 cara yang dapat kita lakukan untuk mendatangkan profit saat event winterfest tiba, seperti:

1. Memancing

Dengan memancing ikan, kita bisa memperoleh tree decoration dan item fishing lain yang sesuai dengan level Role Fishing. 

Jika kamu fokus untuk mencari Tree Decoration, maka kamu dapat memakai bait worm karena bait ini sangat murah dipasaran.

Jika kamu ingin mendapatkan Naval dll kamu bisa menggunakan bait shinny atau yang lainnya agar lebih mudah untuk mendapatkannya.

Selain itu, area memancing juga mempengaruhi hasil yang kita dapatkan. Misal, jika kita memancing di area dasar (hanya air saja) maka kemungkinan kita mendapatkan item spesial cukup sulit

Berbeda jika kita memasang Uranium Block di dalam air tersebut, maka kesempatan kita untuk memperoleh reward semakin besar.

Di Growtopia sendiri, terdapat 4 jenis area memancing yang bisa kita buat sesuai dengan budget atau keinginan. Ke-4 jenis ini memiliki kriterianya masing masing, dan berikut adalah penjelasannya.

  • Jenis 1 : Sederhana (Saran bait : Salmon/Worm)
  • Jenis 2 : Menambahkan Cave Background (Saran bait : Salmon Eggs/Fishing Fly)
  • Jenis 3 : Ice Crust + Hand-Drill (Saran bait : Mega-Pellet)
  • Jenis 4 : Menaruh Uranium Block dibelakang air + Detonator (Saran bait : Uranium Glore Lures)

2. Menjual Tree Decoration

Kita sebut saja deco agar lebih mudah diucapkan.

Seperti yang dijelaskan di bagian 2 mengenai apa saja yang harus disiapkan saat Winterfest, kita bisa memperoleh deco dengan beberapa cara dan dengan hasil yang berbeda beda.

Saya menyarankan agar kamu menjual deco ketika awal event saja, karena setelah itu harga deco akan merosot dan peminatnya sedikit berkurang. 

Dengan berburu deco di awal event, kita bisa memperoleh Profit yang besar.

3. Menjual Bait

Bait dalam event Winterfest sangat penting, karena akan digunakan dalam kegiatan mancing ikan. 

Untuk mendapatkan profit yang banyak, kamu dapat mempersiapkan Bait 1-2 bulan sebelum event berlangsung.

Kamu dapat menjual Worm, Shinny, Shrimp, Lobster Trap dan Salmon Egg karena bait tersebut sangat laris manis dipasaran. 

Bait tersebut memiliki variasi harga dan kamu dapat menyimpan mereka dalam jumlah yang banyak.

Untuk memaksimalkan pendapatan, gunakan prinsip ini :

Beli murah, jual agak mahal

4. Masuk kedalam Guild untuk mendapatkan Profit lebih

Ada personal Event Reward dan Guild Event Reward. Untuk menyelesaikan Personal Even Reward harus memancing menggunakan Pristine (dengan catatan harus mendapatkan ikan). 

Lalu ada namanya Winter Clash Reward dimana kamu bisa menukarkan Winter Token dengan item yang ada di daftarnya. 

Kita bisa mendapatkan profit dengan menjual item tersebut setelah eventnya berakhir

5. Combo Giving Tree dan Tree Decoration

Giving Tree merupakan pohon istimewa yang dapat memberikan Winter Gift kepadamu setiap 4 jam sekali. 

Giving Tree bisa didapatkan dari World Growch dan ditebang menggunakan Lumber Axe yang harganya 150-200/Wl.

Beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai Giving Tree. 

Pertama, kamu harus bisa bangun lebih pagi agar pohon tersebut tidak ditebang oleh orang lain. 

Kedua, masing masing World hanya bisa menampung 20 Giving Tree saja. 

Ketiga, Tree Decoration hanya bertahan selama 4 jam pertama jika dipasang di Giving Tree.

Tapi, kita bisa memperoleh item lain yang memiliki harga tinggi dipasaran dengan menambahkan Tree Decoration di pohon tersebut. 

Setiap 1 Deco yang dipasang, maka akan terhitung sebanyak 1%. Dan berikut adalah Item yang akan kamu peroleh jika memasang Deco pada Variabel tertentu.

Reward dari Tree Decoration di Growtopia

6. Menjual Farmable

Menurut hasil pengamatan saya, Farmable sangat dibutuhkan di event ini karena kita membutuhkannya untuk membuat Goblin. Dari 2 tahun terakhir, harga jual farmable selalu naik (walau sedikit).

Namun, saat ini (2019) harga farmable stabil dan tidak ada banyak perubahan. Mungkin karena banyak yang menjadi farmer dan mereka memiliki stok yang banyak untuk mendapatkan Goblin.

Disini terlihat bahwa profesi farmer sangat digemari oleh kebanyakan pemain Growtopia karena beberapa alasan. Mungkin karena profitnya yang besar, caranya yang mudah diterapkan pemain baru atau bahkan karena hal lain

Baca juga : Tips menjadi farmer yang Cerdas!

Demikianlah artikel mengenai cara profit saat event Winterfest berlangsung di Growtopia. Bagaimana menurutmu artikel ini? Jika kamu memiliki pendapat atau saran memperoleh keuntungan yang besar saat Winter Festival, silahkan komen dibawah ini.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences