Panduan Pembangunan Gelanggang + Penentuan Harga Tiket di Top Eleven

Berikut adalah Prioritas Pembangunan Gelanggang beserta cara menentukan harga tiket di Top Eleven yang WAJIB kamu ketahui.
Gelanggang merupakan tempat berolahraga, dalam hal ini yaitu tempat stadion sepakbola. Di Top Eleven, gelanggang memiliki banyak sekali fasilitas yang berhubungan satu dengan yang lain. Fasilitas tersebut mempengaruhi mempengaruhi performa pemain dan pendapatan clubmu.

Pembangunan Gelanggang di Top Eleven

Tampilan Pembangunan Gelanggang di Top Eleven

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, fasilitas yang hadir di gelanggang tersebut terdiri dari stadion, sarana pemain muda, sarana kesehatan, latihan, area parkir serta layanan.

Karena banyaknya fasilitas dan terbatasnya waktu, maka memilih strategi yang efektif akan meningkatkan performa club menjadi optimal. Lalu, mulai dari mana dulu?

Area Stadion

Hal pertama perlu kamu lakukan setelah fitur stadion ini hadir adalah dengan meningkatkan area stadion. Kamu perlu mengupgrade stadion, kursi, lapangan, lampu dan papan skor ke level 1 terlebih dahulu.

Kamu harus tahu bahwa untuk meningkatkan level fasilitas di gelanggang, diperlukan kesetaraan level terlebih dahulu. 

Jadi, kalau kamu menemukan pemberitahuan kalau satu fasilitas tidak bisa di upgrade karena harus merenovasi fasilitas lain, itu berarti ada fasilitas yang harus kamu tingkatkan. Carilah fasilitas tersebut dan upgrade lah secepat mungkin.

Setelah semuanya mencapai level 1, bukalah fasilitas lain, seperti sarana pemain muda, kesehatan, tempat latihan, area parkir dan layanan.

Bukan hanya itu, kamu dapat membaca tips mengawali musim dapat membantumu mengatur club yang kamu miliki saat ini.

1. Stadion
Semakin besar stadion, semakin besar pula kapasitas penonton yang bisa hadir di dalamnya. Selain itu juga memberikan akses untuk memberikan fasilitas yang lebih baik. 

Untuk saat ini sudah ada 15 level dan di level tertinggi bernama World Arena dengan kapasitas mencapai 210.500 penonton.

Bisa dibilang, dibagian ini uang kamu akan terkuras dan waktu upgradenya yang cenderung lebih lama dibanding fasilitas lain.

Untuk melihat urutan stadion top eleven dari level 1 sampai 15, bisa tonton video dibawah ini:


Salah satu prestasi manajer yang dapat kamu selesaikan di sini adalah Never Walk Alone di mana seluruh bangku di stadion terisi penuh oleh penonton. Ini akan menjadi kebanggaan tersendiri saat mendapatkannya.

2. Kursi
Kalau tadi stadion dapat meningkatkan kapasitas penonton, lalu gunanya kursi ini untuk apa?

Jadi tambahan kursi ini dianggap dapat meningkatkan kapasitas stadion. Bagian yang unik dari Kursi ini yaitu ia akan mengikuti perkembangan stadion. Kalau kamu meningkatkan stadion dari level 1 ke level 2, maka level kursi ini akan tereset ke level 0 kembali.

Tapi, jangan khawatir, sebab, Stadion level 1 dengan Kursi level 1 hanya akan memberikan tambahan kapasitas sebesar 1.500. Sedangkan kalau Stadion level 2 dengan Kursi level 1 akan memberikan 4.000 kursi tambahan.

Begitu seterusnya. Level maksimal dari Kursi ini yaitu level 3. Setelah mencapai level 3, kamu tidak bisa mengupgradenya kembali sampai kamu meningkatkan level stadionnya.

3. Lapangan
Selanjutnya kita masuk kebagian paling penting dalam stadion, yaitu lapangan. 

Tahukah kamu bahwa meningkatkan level lapangan dapat mengurangi resiko pemain cedera? Kalau belum, selamat kamu telah mengetahuinya.

Di level maksimalnya, rasio pengurangan cedera pada pemain berkurang sampai 50%. Dengan begitu kamu tidak perlu sering-sering menggunakan booster merah karena pemainmu jarang ada yang cedera.

4. Lampu
Lampu adalah fasilitas yang penting sebagai pencahayaan di stadion. Kalau tidak ada lampu, maka penonton dan pemain akan kesulitan untuk melihat. 

Tidak ada yang spesial dari ini kecuali ketika Lampumu berhasil mencapai level maksimal. Sebab, ada kemungkinan bahwa stadionmu akan menjadi tempat pertandingan final diadakan.

Dengan begitu, otomatis pendapatan clubmu juga akan meningkat. Tetapi, jika level kamu masih rendah, upgradelah Lampu diakhir-akhir saja.

5. Papan Skor
Berguna untuk menampilkan hasil pertandingan, pemain yang mencetakkan gol dan lainnya. Tidak ada reward khusus yang diberikan.

Tidak begitu spesial.

Mari kita lanjut ke poin berikutnya.

Sarana Pemain Muda

Keuntungan meningkatkan Sarana Pemain Muda atau Akademi Remaja ini adalah kamu tidak perlu lagi membeli pemain muda di lelang pemain. Apalagi kamu bisa mendapatkan 2 pemain muda gratis dalam waktu tertentu.

Bagi yang belum tahu, keuntungan memiliki pemain muda yang masih polos adalah dapat langsung mengikuti latihan militer.

Berikut adalah tabel pembangunan akademi remaja.

Level Waktu Pembangunan Harga Hadiah
0 4 Jam 500 2 Pemain Muda setiap 28 Hari
3 2 Hari 23K 2 Pemain Muda setiap 24 Hari
5 3 Hari 58K 2 Pemain Muda setiap 20 Hari
7 3 Hari 400K 2 Pemain Muda setiap 16 Hari
10 3 Hari 2M 2 Pemain Muda setiap 12 Hari

Sarana Pemain Muda adalah bangunan penting yang wajib kamu prioritaskan jika ingin banyak mencetak pemain muda. Apalagi cara ini tidak dipungut biaya untuk mendapatkan para pemainnya.

Sarana Kesehatan

Kalau pemain sedang cedera, mereka akan dibawa ke sarana kesehatan. Jadi, proses pengobatannya akan memakan waktu 4 hari. Setiap kenaikan level, maka akan bertambah kapasitas pemainnya. Dengan begitu, meningkatkan sarana kesehatan merupakan hal penting agar pemain yang cedera bisa langsung menerima perawatan medis.

Level Waktu Pembangunan Harga Hadiah
1 6 Jam 7K 1 Pengobatan setiap 4 Hari
3 2 Hari 16K 2 Pengobatan setiap 4 Hari
5 3 Hari 30K 3 Pengobatan setiap 4 Hari
7 3 Hari 250K 4 Pengobatan setiap 4 Hari
9 3 Hari 2.2M 5 Pengobatan setiap 4 Hari
11 3 Hari 4.8M 6 Pengobatan setiap 4 Hari
13 3 Hari 8.4M 7 Pengobatan setiap 4 Hari

Sarana kesehatan ini juga penting apabila levelmu masih rendah, pemain saya sering sekali mengalami cedera apalagi karena level stadion saya tidak terlalu tinggi. Ada saja 1 atau 2 pemain yang sebelum latihan baik-baik saja, namun setelah pertandingan menjadi cedera.

Kamu dapat membaca lebih lanjut mengenai tips mengatasi badai cedera pemain di top eleven.

Latihan

Fungsi dari fasilitas latihan ini sebagai tempat untuk meningkatkan keterampilan para pemain sekaligus tempat istirahat bagi mereka. Fasilitas ini masuk ke dalam prioritas saya.

Level Waktu Pembangunan Harga Hadiah
2 6 Jam 7K 2 Istirahat setiap 4 Hari
4 1 Hari 34K 3 Istirahat setiap 4 Hari
6 3 Hari 160K 4 Istirahat setiap 4 Hari
8 3 Hari 1.1M 5 Istirahat setiap 4 Hari
10 3 Hari 3.2M 6 Istirahat setiap 4 Hari
12 5 Hari 5.6M 7 Istirahat setiap 4 Hari

Istirahat di sini maksudnya adalah cendol atau booster hijau. Semakin tinggi levelnya, semakin banyak pula cendol yang bisa kamu kumpulkan setiap 4 hari.

Area Parkir

Selanjutnya adalah tempat parkir. Sesuai namanya, area parkir ini berhubungan dengan jumlah penonton yang akan masuk ke dalam stadionmu.

Jika kapasitas pononton mencapai 13K tapi lahan parkirmu hanya 500 mobil saja, maka penonton yang akan hadir tidak akan melebihi 500 orang, walaupun tiket yang kamu jual dibawah 10 rupiah.

Prasarana

Prasarana memberikan akomodasi berupa pelayanan yang berkelas untuk para penggemarnya. Fitur ini juga dapat meningkatkan pendapatan club. Semakin tinggi levelnya, semakin beragam jenis barang yang dijual di sini.

Level Fitur Waktu Harga
1 Toilet Portabel 4 Jam 3K
3 Makanan & Minuman 1 Hari 6K
4 Kafe & Restoran 2 Hari 17K
6 Toko Klub 3 Hari 80K
9 Museum Klub 3 Hari 1.38M
11 Mall 3 Hari 3M
14 Plaza Centre 3 Hari 6.88M

Cara Menentukan Harga Tiket Stadion di Top Eleven

Menentukan harga tiket itu berhubungan dengan masalah keuangan sebuah klub. Jika dikelola dengan baik, kamu bisa mendapatkan pemasukan yang banyak dari sini.

Seperti yang kita ketahui, tidak ada penghitungan pasti terhadap haga tiket yang harus kita jual kepada penonton. Namun, berdasarkan SI GENIUS YOUTUBE ia berkata bahwa patokan untuk menentukan harga ada di level club yang kamu miliki.

Contoh, saat ini level club saya adalah 4. Lalu, level club ini dikali 2, hasilnya 8. 

Harga 8 rupiah ini akan menjadi patokan saya untuk menentukan harga tiket di Liga, Liga Champion dan Cup. Setelahnya barulah saya bereksperimen, saya mencoba menjualnya dari harga 7-10 rupiah dan hasil paling optimalnya ada diangka 9 untuk liga dan cup, sedangkan liga champion di angka 10.

Untuk mengubah harga tiket ini, kamu bisa buka menu, lalu pilih bagian keuangan dan geser ke kanan sampai menemukan bagian tiket dan bonus.

Cara menentukan harga tiket stadion di top eleven

Tekan salah satu dari keempat divisi yang tersedia, lalu atur harga tiket untuk pertandingan kandang dan bonus menang sebagai motivasi para pemain.

Lalu bagaimana dengan pertandingan persahabatan atau asosiasi? 

Liga asosiasi cenderung tidak begitu menarik perhatikan penonton, karena itu saya menjual tiketnya seharga setengah dari level club yang saya miliki, yaitu 2 rupiah saja. Tentu ini juga bisa kamu ubah dengan melakukan eksperimen kecil.

Selanjutnya, bagaimana dengan bonus kemenangan?

Bonus kemenangan itu bukan dihitung sebagai pemasukan club, melainkan pengeluaran. 

Jadi, fungsi dari bonus kemenangan ini adalah untuk meningkatkan motivasi pemain agar semangat dan fokus meraih kemenangan. 

Strategi ini cocok dipakai ketika melawan club dengan mutu yang lebih tinggi dari clubmu.

Sudah jelas ya bahwa bonus kemenangan berarti memberikan "gaji" tambahan kepada pemain ketika mereka memenangkan pertandingan. Jangan pasang terlalu tinggi agar keuangan club tetap terkontrol dan terhindar dari lilitan hutang.

Bukan dari gaji saja, pemain tetap bisa terjaga motivasinya dengan mengetahui cara melatih pemain agar tidak mudah lelah.

Apa yang menyebabkan pentonton club saya tidak antusias?

Penuh tidaknya sebuah stadion bergantung terhadap para fans yang ingin menonton di sana. Niat penonton pun tentu ingin melihat tim kebanggannya meraih kemenangan. Kalau dalam beberapa hari terakhir clubmu mendapatkan winstreak atau kemenangan beruntun, sudah dapat dipastikan bahwa stadion akan penuh dengan penonton.

Sebaliknya, jika kamu mengalami kekalahan terus-menerus, penonton tidak akan merasa senang untuk berada di stadion tersebut yang akan menyebabkan berkurangnya jumlah penonton dan juga pendapatan club.

Selain karena performa club, penonton juga tidak ingin datang ke stadion jika harga tiket yang ditawarkan terlalu mahal. Jadi, bagaimana caramu mengelola tim setiap hari akan menentukan hasil di akhir musim.

Apakah penonton akan tetap datang ke dalam stadion yang sedang direnovasi?

Jawabannya adalah penonton akan tetap hadir ke stadion. Mereka akan menghadiri pertandingan seperti biasanya. Kamu tidak perlu khawatir jika ada penurunan jumlah penonton yang diakibatkan oleh renovasi gelanggang.

Berikut saya ambil kesimpulan dari dua pertanyaan terakhir tadi.

Kenapa tidak ada penonton di Top Eleven?
  1. Penonton sudah pesimis dengan performa clubmu
  2. Jumlah parkir yang tidak memadai
  3. Harga tiket terlalu mahal
Lalu, di sini juga kita dapat menyimpulkan cara menambah penonton di Top Eleven seperti:
  1. Mendapatkan kemenangan beruntun
  2. Lahan parkir yang memadai
  3. Harga tiket terjangkau
Demikian artikel mengenai rekomendasi pembangunan gelanggang beserta cara menentukan harga tiket stadion di top eleven. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

2 komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


  1. Soal renovasi stadium, saya sudah tes renovasi di saat-saat pertandinga penting, dan waktu kapasitasnya masih sekitar 3000an gitu, stadiumnya masih bisa penuh berkali-kali. Salah tuh harusnya mengenai penonton tidak datang saat stadium direnovasi.
    1. Iya bang, terima kasih atas masukkannya. Ternyata benar, renovasi gelanggang ngga mempengaruhi jumlah penonton yang hadir. Sudah saya revisi artikel di atas berkat masukan abang.
Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences