31 Istilah Dasar yang ada di Free Fire

Kumpulan daftar istilah yang sering ditemukan di Free Fire. Kamu Harus Tahu!
Istilah dan bahas gaul di free fire adalah salah satu hal yang harus kamu ketahui. Sebab, itu akan mempermudah kamu dan pemain lain untuk berkomunikasi dan membuat strategi cemerlang.

Di sini, saya telah menyiapkan istilah kata kata dalam free fire yang sering digunakan secara umum.

Mari kita mulai.

Daftar Istilah dalam Free Fire


Istilah dasar dan bahasa gaul di free fire

Saya membagi daftar istilah free fire menjadi 2, yaitu istilah dasar dan istilah dalam strategi. 

Istilah dasar lebih ke pengenalan terhadap sebutan kegiatan mengenai sekitarnya, sedangkan istilah strategi lebih merujuk ke macam-macam cara menyerang.

Istilah Dasar


Tanker

Seperti sebutannya, tanker merujuk ke sebuah role atau peran pemain yang tugasnya adalah untuk menerima damage lebih banyak dan melindungi team. Selain itu, ia juga dapat digunakan sebagai pengalih perhatian dalam peperangan.

Support

Support memiliki peran yang 11 12 dengan tanker, namun sifatnya lebih luas lagi. Selain yang sudah disebutkan diatas, support bertugas untuk menjadi assist bagi team dan melindungi anggota tim yang memiliki pertahanan paling rentan.

Damage Dealer

Damage Dealer merupakan role paling populer di free fire. 

DD berperan untuk menghasilkan damage sebesar-besarnya kepada lawan dan menghancurkan formasi mereka dengan mengincar anggota yang paling penting dalam posisinya. 

Selain itu, dibutuhkan sifat agresif namun tidak panik dalam mengambil keputusan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses menaklukkan musuh.

Smurf

Smurfing merupakan keadaan dimana pemain yang memiliki rank lebih tinggi, bermain dengan akun baru yang rankingnya lebih kecil. Dengan tujuan agar ia memperoleh banyak kill dengan menghabisi para pemain yang skillnya berada dibawahnya.

Boost

Boost atau Digendong. Meminta seorang pemain untuk mengajaknya bermain dengan tujuan agar dapat mencapai rank yang diinginkan. 

Biasanya, yang memiliki rank kecil akan meminta kepada pemain yang memiliki rank lebih besar untuk mengajaknya bermain dan ngepush bersama-sama.

Hal ini tidak bagus untukmu karena tidak akan meningkatkan skill bermain, dan kemungkinan besar menjadi beban bagi tim.

High Ground

Merupakan sebutan untuk pemain yang berada ditempat yang lebih tinggi dari lawannya. Dalam permainan fps, faktor ini merupakan sebuah keuntungan.

Jika kamu sedang berada diatas dan musuhmu dibawah, maka lebih mudah bagimu untuk mendaratkan peluru ke kepala musuh daripada musuhmu yang mencoba menembakmu dari bawah.

Pertarungan yang terjadi di High Ground maupun Low Ground berlangsung secara cepat karena perbedaan faktor yang besar ini.

Low Ground

Sebaliknya, jika kamu sedang berada di Low Ground alias berada di bawah musuh, ini adalah mimpi buruk.

Sebab, akan sulit bagimu untuk mengincar lawan yang ada diatasmu, yang mungkin yang bisa kamu lakukan adalah menembakkan peluru ke tubuhnya dan itu akan membutuhkan waktu karena harus menghancurkan vest atau glowallnya terlebih dahulu.

Dan jika musuhmu berada diatasmu, itu adalah kesempatan mereka untuk menghabisimu dengan mudah.

Tanpa perlu mengarahkan aim secara spesific, musuhmu akan dengan mudah mengincar bagian kepalamu.

Play Zone

Adalah istilah ketika kamu sedang berada didalam garis putih atau zona aman. Di zona ini, kamu tidak akan terkena damage ketika zona mengecil. Selain itu, kamu dapat berfokus untuk looting dan membuat strategi untuk lawan yang sedang berlari menuju tempatmu.

Blue Zone

Blue Zone adalah lokasi yang menunjukkan tempat looting terbaik. Biasanya, blue zone berada di dalam play zone dan areanya terbatas. 

Hati-hati jika kamu ingin pergi ke sana sebab kamu akan menemui banyak musuh yang mengincar tempat tersebut.

Green Zone

Normalnya, pemain akan mengalami penurunan durability armor setelah ditembaki musuh. Namun jika kamu masuk ke zona hijau, vest dan helm yang kamu gunakan akan berkurang durabilitynya walau tanpa ditembak sekalipun.

Jelas ini merupakan sebuah kerugian jika kamu masuk ke sini dan melakukan pertempuran.

Red Zone

Atau yang dikenal dengan sebutan zona terlarang. Di tempat ini, akan muncul hujan bom yang muncul secara random.

Jika itu mengenaimu, maka kamu 100% akan tewas.

Satu-satunya tempat aman untuk mengatasi hal ini adalah dengan bersembunyi di dalam bangunan yang aman. Bergeraklah kembali ketika zona itu telah pergi.

Knock & Revive

Fitur ini hadir ketika bermain squad. Cara kerja fitur ini adalah ketika HP berkurang dan mencapai 0, maka pemain akan masuk ke posisi knock.

Ketika knock, pemain tidak dapat melakukan apapun kecuali jalan ke teman terdekat. Kamu akan bangkit kembali ketika temanmu berhasil melakukan revive. 

Caranya sangat mudah, kamu cukup mendekat ke teman yang sedang knock, lalu akan muncul tombol revive. Setelah beberapa detik, temanmu akan bangkit dengan HP yang sangat sedikit.

Healing

Healing merupakan proses regenesasi HP ketika sedang lemah. Healing biasa dilakukan setelah bangkit dari knock, jatuh dari ketinggian dan ketika menerima damage yang besar dari lawan. 

Healing bersifat sangat vital bagi pemain, dan untuk melakukannya dibutuhkan Medic Kit, Jamur dan Inhale.

Headshot

Memiliki arti menembak di kepala. Hampir di setiap permainan fps atau tembak-tembakan, kepala merupakan bagian yang paling rawan karena memiliki pertahanan yang lemah.

Biasanya, istilah headshot dipakai oleh pemain ketika menghadapi musuh yang berat atau sekedar ingin menghemat waktu saja.

Bot

Bot atau Robot merupakan istilah bagi pemain yang sebenarnya bukan pemain. Pemain yang masuk ke dalam game tersebut merupakan robot yang telah diatur sedemikian rupa.

Bagaimana cara mengetahuinya? yaitu dengan melihat gerak-geriknya. Jika ketika ditembak, ia malah menghampirimu dengan maju ke depan, maka dipastikan ia robot. 

Namun kalau setelah ditembak ia langsung pergi ke tempat aman atau membangun gloo wall atau mungkin menyerang balik, maka itu sudah pasti pemain.

Satu-satunya benefit yang bisa kamu dapatkan ketika melawan bot adalah menambah kill dan damage yang dihasilkan, yang tentunya sangat baik untuk dipamerin ke teman bukan?

Open Field

Sebutan lainnya adalah tempat terbuka. Wilayah ini termasuk ke dalam kategori sebagai tempat paling berbahaya karena tidak memiliki perlindungan dan cenderung mencolok.

Ada banyak sekali kejadian dimana saya atau pemain lain mati ketika berada di tempat terbuka.

Saran saya, hindarilah open field sebisa mungkin untuk menghindari sandwich atau serangan mendadak musuh lainnya.

Looting

Merupakan proses mencari dan mendapatkan item dari tempat tertentu. Mulai dari senjata, armor, attechment dan lainnya.

Looting merupakan bagian penting dalam permainan sebab hal ini merupakan proses persiapan sebelum pertempuran.

Jika persiapannya tidak matang, maka kecil kemungkinan bagimu untuk dapat memenangkan pertarungan.

Custom Rom

Merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh pihak free fire. Fitur ini memungkinkan pemain untuk dapat membuat room private yang dapat dimasuki oleh puluhan pemain lainnya.

Biasanya, fitur ini dipakai untuk tournament lokal, nasional dan internasional. Tapi, sepertinya hal ini telah diperluas lagi untuk kepentingan para steamer agar bisa bermain bersama para pengikutnya.

Change Name (CN)

Artinya berarti berganti nama. Kamu dapat mengganti nama lamamu dengan nama barumu menggunakan fitur yang bernama Change Nickname.

Di Free Fire, opsi ini dapat ditemukan di profil lalu klik ganti nama. Masukan nama baru dan tekan selesai.

Fast Tournament (FT)

Biasa disebut fast tour atau mini tournament.  Yang memiliki arti bahwa tournament akan berlangsung cepat dan memiliki pemain yang sedikit. 

Dan ini menggunakan tiket custom room untuk membuat ftnya.

Istilah Strategi dalam Pertempuran


Kill Secure

adalah situasi dimana pemain harus benar-benar memastikan bahwa musuh yang telah ditembak tadi telah mati. Hal ini dilakukan agar lawan tidak mempunyai kesempatan untuk hidup dan bertarung lagi.

Namun perlu diingat, bahwa strategi ini tidak benar-benar berlaku disetiap kondisi. 

Terkadang, kamu juga perlu membiarkan musuh yang sedang knock untuk menghampiri temannya dan kamu dapat memanfaatkan situasi tersebut.

Jumpshot

Jumpshot adalah teknik menembak sambil melompat. Biasanya, pemain menggunakan AR atau Shotgun dalam menggunkan teknik ini.

Teknik ini sangat berguna karena mempunyai 2 manfaat. 

Pertama, teknik ini memungkinkan pemain untuk mendapatkan headshot lebih mudah. Dan kedua, cara ini dapat dipakai untuk menghindari serangan lawan karena cenderung lincah.

Kamu bisa membaca selengkapnya mengenai teknik jumpshot free fire

Trowing

Singkatnya, trowing adalah membuat situasi yang dapat membingungkan lawan. Cara ini dapat berupa apapun, yang penting dapat mengecoh lawan.

Contohnya dengan cara flank, rush, bait dan masih banyak yang lainnya.

Kelebihan cara ini adalah musuh akan sulit menentukan pilihan apa yang akan dia buat karena ketidakpastian data yang ia punya.

Ia akan kehilangan setengah energinya hanya untuk mengetahui tujuan sebenarnya dari trowing yang kamu lakukan.

Backline

Penyerang berada di posisi belakang. Cara ini sangat ampuh jika kamu memiliki seorang sniper handal yang sudah berada dalam posisi.

Jika kamu berperan sebagai support, maka kamu bisa melindunginya dengan berada disekitar pemain sniper.

Jika kamu menjadi tanker, kamu bisa menerapkan trik bait untuk memancing lawan ke posisi yang dapat dimanfaatkan oleh pemain sniper tersebut.

Selain pemain sniper, cara ini juga berguna untuk pemain lainnya. Kamu dapat membuat tanker dan support maju ke sebuah bangunan untuk menginfokan apakah tempat tersebut aman atau tidak.

Atau, kamu bisa memberikan instruksi kepada tanker untuk mencari kendaraan yang bisa dipakai sebagai dinding pertahanan.

Frontline

Sebaliknya, Frontline adalah strategi yang menempatkan penyerang dalam posisi terdepan. Teknik ini biasanya terjadi ketika rush atau sandwich dilakukan.

Cara ini sangat beresiko dan menuntut kerja sama tim yang tinggi.

Karena fokus utama dari strategi frontline adalah memecah fokus lawan, maka usahakanlah agar kamu dapat menjaga jarak dengan tim namun tetap saling melindungi.

Sandwich (Hammer and Anvil)

Sandwich merupakan suatu kondisi pertarungan, dimana target dikepung oleh peman lawan di setiap sisi. Pemain yang telah dikepung, hanya memiliki kesempatan kabur yang sangat kecil.

Cara ini sangat efektif bagimu ketika ingin mengepung musuh.

Kenapa?

Cara ini ampuh untuk membagi fokus lawan dan pilihan mereka sangat terbatas. Target yang telah dikepung tidak bisa berbuat banyak. 

Dan kamu dapat dengan leluasa menghabisi mereka sebelum mereka lepas kendali.

Kamu dapat membaca lebih lanjut mengenai cara menghindar dan mengatasi sandwich di free fire jika kamu yang menjadi targetnya.

Bait

Bait merupakan strategi untuk memancing musuh keluar dari tempat berlindungnya atau memancingnya untuk pergi ke tempat yang telah dipersiapkan.

Cukup dengan 1 pemain saja agar bait dapat dilakukan.

Uashakan agar pemain yang bertugas untuk memancing lawan berada tidak jauh dari teman-temannya. Tujuannya untuk menghindari orang tersebut mati sia-sia.

End

Ketika bermain squad, fitur knock otomatis akan diaktifkan. Strategi End otomatis muncul.

End berarti selesai. Dalam hal ini, ketika ada komando untuk mengakhiri musuh, pemain akan menyeru "end woy" dan bentuk lainnya.

Tujuannya sangat bermacam-macam. Mulai dari kedatangan musuh baru, persediaan looting yang menipis hingga pergerakan zona yang semakin sempit.

Dengan menggunakan teknik end, pemain dapat mendapatkan situasi tenang dalam beberapa waktu, dan mungkin bisa dijadikan sebagai waktu istirahat.

Camping

Bagi kamu yang memiliki kepercayaan diri rendah dan mudah merasa panik, teknik ini sangat cocok untukmu.

Camping merupakan strategi untuk mengalahkan lawan hanya dengan berdiam disuatu tempat. Dan biasanya berdiam di dalam play zone.

Cara ini sangat efisien dan hanya dibutuhkan kesabaran untuk menunggu. Selain itu, para camper profesional dapat mengetahui kapan dan dimana posisi terbaik untuk melakukan camping.

Kamu dapat melihat di channel youtube untuk mempelajari teknik camping ini secara matang.

Rush / Push

Intinya menyerbu. Kamu dapat menggunakan push atau rush ketika ingin menyerbu lawan. Biasanya dilakukan dari 1 arah saja.

Cara ini sangat beresiko karena jika gagal maka seluruh tim akan langsung mati.

Sebaliknya, jika berhasil maka lawan akan kelabakan dan mungkin akan mati ketika sedang reloading.

Flank

Menyerbu musuh dengan menggunakan 2-3 pemain sebagai fokus utama mereka dan 1 pemain lainnya menyerang dari arah lain - biasanya samping atau belakang. 

Cara ini sangat ampuh karena lawan tidak dapat berbuat banyak ketika ditembak dari arah yang tak terpikirkan. 

Selain itu, strategi ini memiliki resiko yang lebih kecil dari rush. Jadi, kemungkinan tim selamat semakin besar.

Demikian artikel mengenai Istilah kata kata yang terdapat di Free Fire. 

Semoga membantu dan terima kasih.

# Artikel ini merupakan bagian dari Panduan Bermain Free Fire #
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.

Google Translate
Bookmark Post