Simcity Buildit - Panduan Bermain untuk Para Pemula

Beginilah panduan bermain Simcity Buildit yang bisa kamu terapkan sekarang juga.
Panduan bermain Simcity merupakan topik yang harus diketahui oleh pemain yang ingin memaksimalkan progres kotanya dan meminimalkan kesalahan yang bisa dilakukan.

Panduan tersebut diharapkan dapat memudahkan pemain untuk memahami kerangka game dan mencapai target yang ditentukan tanpa menggunakan cheat.

Panduan Simcity Buildit untuk Pemula


Mata Uang

Pertama kita bahas tentang mata uang. Di Simcity Buildit, mata uang terbagi menjadi 4, yaitu Simcash, Simoleon, Kunci Emas dan Platinum. Kegunaan masing-masing mata uang ini sangat beragam dan tingkat kesulitan untuk mendapatkannya juga berbeda.

Simoleon

Selanjutnya adalah Simoleon, mata uang dasar yang dapat diperoleh walau tanpa biaya sedikitpun. Fungsi Simoleon adalah:

  • Membeli bangunan layanan
  • Membeli bangunan spesialisasi
  • Membeli barang untuk ekspansi, menara vu dan gudang kota

Kalau simoleon kamu belum stabil, jangan fokus ke mata uang lain seperti simcash, kunci emas dan platinum. Sebab kamu akan kesulitan nantinya.

Kalau dasarnya belum kokoh, kamu harus melakukan sesuatu untuk menguatkannya.

Pertama, kamu harus mendapatkan penghasilan tetap dengan mengandalkan produksi dan jual secara masif di depot perdagangan. 

Produksilah item yang memiliki harga tinggi agar Simoleon yang kamu dapat semakin besar. Lakukan hal ini sampai kondisi Simoleonmu stabil.

Bacalah penjelasan selengkapnya di cara mendapatkan simoleon di simcity buildit untuk mendapatkan informasi lanjutan mengenai rekomendasi produk yang bisa kamu jual.

Bagaimana ciri-ciri kondisi simoleon kita telah stabil?

Saya memakai 1 indikator saja, yaitu ketika membeli barang seharga diatas 2000 (dengan jumlah lebih dari 3) di kantor pusat perdagangan global, saya tidak merasa khawatir atas simoleon yang saya punya.

Perlu diingat, ini bisa terjadi ketika kamu sudah membeli semua bangunan spesialisasi yang dijual memakai simoleon*

Dan kalau sudah begitu, berarti kamu siap ke stage berikutnya yakni mengumpulkan simcash, kunci emas dan platinum.

Simcash

Simcash adalah mata uang yang bisa diperoleh dari in-game secara gratis maupun membelinya lewat store memakai uang asli. Beberapa kegunaan Simcash seperti:

  • Menambah slot produksi di pabrik
  • Membeli bangunan spesialisasi
  • Melengkapi item yang dibutuhkan di menara Vu, Ekspansi maupun ketika produksi
  • Membeli bangunan puri maxis (layanan)

Ketika level kamu masih kecil, kumpulkan sebanyak-banyaknya Simcash yang bisa dikumpulkan untuk membeli bangunan puri maxis. 

Bangunan maxis adalah bangunan layanan yang memiliki fungsi kepolisian, pemadam kebakaran dan kesehatan. 

Bisa dibilang maxis adalah gabungan dari ketiga layanan yang dijadikan di satu bangunan. Menghemat tempat dan membantu player agar membuat kotanya tetap aestetik.

Selain itu, puri maxis juga memberikan item Vu yang sangat berguna untuk mengirimkan bencana.

Harga puri maxis ini adalah 1000 Simcash, terlalu mahal? Iya, tapi karena benefitnya besar tidak salah kalau membelinya.

Atau kamu bisa menunggu christmas untuk mendapatkan diskon 50%.

Kalau sudah tahu kegunaan dan target yang ingin dicapai dengan Simcash, kini saatnya kita masuk ke cara mendapatkan simcash di Simcity Buildit, berikut uraiannya:

  • Menonton Iklan (gacha)
  • Pas Walikota
  • Peti Harian
  • Beli dengan uang asli
  • Menyelesaikan pencapaian kota
  • Menekan bubble chat ketika mengunjungi kota teman (random) atau di kotamu sendiri

Tidak perlu terburu-buru untuk mengumpulkan simcash, biarkan mengalir saja. Kamu juga tidak perlu membeli maxis jika dirasa kurang worth it. Semua masalah selera saja.

Kunci Emas dan Platinum

Kunci Emas dan platinum merupakan mata uang langka yang ada. Kalau kedua kunci ini dibandingkan, kunci platinum lebih langka dibanding kunci emas. Langka di sini maksudnya adalah sedikitnya cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan barang tersebut.

Kegunaan kunci emas dan platinum yaitu membeli bangunan spesialisasi. Itu saja.

Bangunan spesialisasi yang dapat dibeli oleh kedua kunci ini bukan main-main. Tidak seperti simoleon yang hanya mendapatkan maksimal penambahan populasi sebesar 40%. Dengan kedua kunci ini, kamu bisa mendapatkan 60-100%. Kebayangkan perbedaannya?

Gedung apa yang paling bagus dibeli memakai kedua kunci ini? Jawabannya ada di cara mendapatkan kunci emas dan cara mendapatkan kunci platinum yang bisa kamu baca sendiri

Level

Selanjutnya adalah level. Level setiap pemain akan bertambah ketika walikota membangun sebuah rumah. Beda jenis rumah, beda pula penambahan expnya. 

Level menjadi salah satu syarat untuk membuka gedung yang ada di Simcity. Semakin tinggi level yang kamu miliki, semakin banyak pula gedung yang terbuka dan bisa kamu beli.

Mari kita masuk ke topik yang sering dibahas. Yaitu...

Perlukah push level atau tahan level?

Jawabannya tergantung, tergantung dari apa yang kamu butuhkan dan targetkan.

Kalau kamu hanya mencari kesenangan saja, meningkatkan level bukan sebuah mimpi buruk.

Tapi, jika kamu tidak terburu-buru dan fokus terhadap potensi maksimal maka menahan level adalah jawabannya.

Jika ingin tahan level, tahanlah di level yang strategis. Level 8 dan 18 merupakan favorit banyak orang ketika sedang menerapkan strategi ini.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan ketika sedang menerapkan strategi hold level?

  • Meningkatkan gudang kota sampai diatas 100.
  • Fokus melakukan ekspansi kota dan pantai sampai banyak yang terbuka.
  • Mengumpulkan Simcash, kunci platinum dan kunci emas.

Kenapa saya harus capek-capek upgrade gudang di level kecil? Kenapa harus nahan level kalau cuma buat ekspansi? Emangnya simcash, kunci platinum & emas engga bisa didapet di level tinggi? Aneh aja lo

Mungkin ada orang yang bertanya seperti itu ketika melihat 3 poin yang saya jelaskan tadi. Memang sah-sah saja upgrade level sekalian up gudang, ekspansi dan ngumpulin sumber daya.

Tapi masalahnya, apakah algoritma gamenya tetap sama? Plus minus dari strategi tahan level atau push level bisa kamu lihat di bawah ini.

Menahan (Hold) Level

Keuntungan
  • Sumber daya yang penting lebih mudah didapatkan
  • Tidak terlalu pusing mengenai pengeluaran untuk perawatan kota

Kerugian
  • Bosan/Monoton
  • Sedikit bangunan yang terbuka

Strategi ini cocok untuk pemain yang tidak bisa bermain terlalu sering. Ambil tax, produksi barang, jual hasil barang, ulangi dari awal.

Menaikkan (Push) Level

Keuntungan
  • Banyak gedung yang terbuka
  • Progresif
  • Waktu produksi berkurang

Kerugian
  • Sumber daya yang dibutuhkan sulit ditemukan
  • Harus siap banyak simoleon untuk kebutuhan kota

Bagaimana? Apakah penjelasan diatas sudah jelas? Tidak masalah kamu memilih strategi yang mana. Semuanya diserahkan kepadamu.

Tata letak

Mari kita mulai dengan perkenalan.
 
Di Simcity terdapat 5 jenis bangunan. Pertama, sebagai tempat tinggal para sims. Kedua, sebagai tempat produksi. Ketiga, tempat layanan den kebutuhan sims. Keempat, sebagai gedung pemerintah dan terakhir adalah gedung spesialisasi sebagai tempat refreshing dan menarik banyak penduduk.

Tata letak Pabrik & Bangunan Produksi di Simcity Buildit

Para sims tidak menyukai polusi udara yang disebabkan pabrik. Oleh karena itu, jauhkanlah rumah mereka dengan pabrik. Agar mereka tidak komplain dan kebahagian kota tetap tinggi.

Lokasi Gedung Pemerintah di Simcity Buildit

Selain pabrik, para sims juga tidak menyukai gedung pemerintah. Jangan taruh gedung pemerintah dengan rumah warga, atau kalau tidak kamu akan disindir.

Lokasi Bangunan Spesialisasi di sekitar perumahan warga

Sebaliknya, gedung layanan dan bangunan spesialiasi wajib ditaruh disekitar rumah warga, sebab itu akan mendatangkan pujian dan tingkat kebahagiaan yang tinggi. Bahkan bisa menambah populasi disekitar wilayah tersebut.

Sekarang, karena kamu sudah tahu bangunan apa yang disukai dan tidak disukai oleh para sims. Kita masuk ke tahap berikutnya, yaitu perancangan desain kota.

Ada banyak teori mengenai tata letak bangunan dan jalan yang bisa ditiru oleh banyak orang. Begitupun tujuannya, ada yang ingin memaksimalkan jumlah populasi dan ada yang fokus pada keindahan kota.

Untuk awalan, cobalah untuk membuat desain kota sendiri sebagus mungkin. Siapkan waktu 30-1 jam untuk melakukannya.

Pertama, kamu perlu menyingkirkan bangunan-bangunan yang ada ke area terjauh dari depot perdanganan, bangunan spesialisasi bisa disimpan. Kedua, hancurkan jalan yang telah kamu buat. 

Ketiga, buatlah jalan dengan bentuk yang sederhana, bisa dengan membuat bentuk kotak atau persegi panjang (pastikan bentuk tersebut mengelilingi kota). 

Selanjutnya, buatlah bentuk-bentuk yang lebih kecil sesuai dengan bangunan yang ingin kamu taruh di sana. Di sini kemampuanmu dalam berkreasi dibuktikan. Buatlah seindah yang kamu bisa.

Setelah selesai, baru taruh kembali bangunan-bangunan yang ada di pinggiran kota tadi dan sesuaikan dengan tata letak yang telah dibuat.

Mentok nih, gimana dong?

Kamu bisa melihat Simcity - Initial build & layout untuk menjadi refrensi tentang bagaimana seharusnya bentuk kota di simcity, dan letak bangunan yang dapat kamu tiru.

Atau, kamu bisa menonton video dibawah yang berdurasi sekitar 10 menit.


Layout yang ada di video ini terbilang mudah dan dapat diikuti bahkan untuk pemula. Kamu dapat menerapkan salah satu layout untuk dicopy di kotamu seendiri.

Penyimpanan

Faktor penting di simcity adalah gudang kota. Fungsinya untuk menyimpan barang produksi, barang ekspansi dan lainnya.

Karena merupakan fitur penting, gudang kota harus bisa kamu maksimalkan penggunannya dengan menyimpan barang-barang yang penting. Selain itu, meningkatkan kapasitas gudang juga akan memberikan kemudahkan kepada pengguna, yaitu fleksibiltas.

Dengan memiliki kapasitas yang besar, kamu bisa lebih mudah untuk menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan kapal kargo, menara vu, liga kota dan club war sekaligus. 

Oleh karena itu, saya menyarankan kamu untuk menahan level, karena ini sangat membantu.

Pertemanan

Fungsi pertemanan dalam game ini adalah sebagai media bertukar barang, agar tidak perlu menunggu barang tersebut muncul di  kantor pusat perdagangan global.

Karena fungsinya sangat penting, saya menyarankan agar kamu dapat memiliki banyak teman. Caranya adalah dengan menambah teman lewat facebook, pastikan juga teman tersebut aktif di dalam game.

Atau, kamu bisa masuk ke dalam club. Club bisa beranggotakan sampai 25 orang. Dan kelebihan lainnya ialah dapat berkomunikasi dalam game. Kalau chattingan sudah mudah, urusan kamu juga akan lebih cepat selesai.

Banyakin teman lewat FB atau masuk ke dalam club saja?

Dua-duanya bagus. Dan saya melakukan keduanya.

Saya memperbanyak teman hanya untuk melihat refrensi kota mereka dan kalau beruntung bisa mendapatkan hadiah dari bubble chat penduduk.

Sedangkan di club, saya lebih mengutamakan jual beli produk. Supaya tidak repot mencarinya lewat market global yang bersifat random.

Begitulah kira-kira panduan yang bisa saya berikan bagi pemain yang baru memainkan game Simcity Buildit. Kalau ada pertanyaan langsung tulis saja di komentar.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences