Panduan Club di SimCity Buildit (Liga Walikota & Club War)

Kuasai dan pelajari fitur Club yang ada di SimCity Buildit. Mulai dari cara aktif didalam club hingga panduan club war ada di sini.
Club merupakan fitur yang sangat membantu bagi para pemain. Sebab, ini merupakan satu-satunya cara yang membuat kita dapat berkomunikasi antar pemain. Jika kamu memiliki banyak teman, kamu tetap tidak bisa berkomunikasi dengan mereka kecuali lewat club.

Panduan Club di SimCity Buildit (Liga Walikota & Club War)

Cara Membuka Fitur Club


Fitur club di SimCity Build ini terbuka di level 18. Letaknya ada di sebuah pulau di bawah kota utama. Terdiri dari 3 pulau yang masing-masing punya kegunaannya sendiri.

Pulau yang paling kanan adalah pulau club. Kamu dapat menemukan informasi mengenai club yang kamu masuki saat ini atau ingin mencari club berdasarkan nama atau filter lainnya. Di sini juga terdapat bagian Tantangan yang berisi 5 chest. Cara membukanya berdasarkan jumlah poin plumbob yang terkumpul di club kamu.

Pulau kedua adalah pulau yang ada di tengah. Pulau ini terhubung dengan jalan raya. Jika kamu tekan, Liga Para Wali Kota akan muncul di sini. Fungsinya adalah memberikan misi kepada tiap gubernur untuk memperoleh rank dan liga tertinggi.

Terakhir, pulau paling kiri yaitu pulau Perang Club. Singkatnya, pulau ini berfungsi sebagai tempat terjadinya perang antar club. Sistemnya mirip Clash of Clans gitu. Tapi ada fitur unik berupa kartu bencana, mungkin kalau pernah main COC item ini disebut spell.

Mari kita bahas pertanyaan umum seputar club SimCity.

Bagaimana cara membuat club? 

Siapkan 50 Simcash saja dan kamu bisa membuat club yang kamu inginkan. Dengan membuat club otomatis kamu akan menjadi Presiden di sana.

Tidak ada minimal anggota untuk pembuatan club baru, yang penting adalah adanya Presiden di dalam club.

Bagaimana cara masuk ke dalam club?

Seperti yang sudah dibahas tadi, kamu tinggal menekan pulau yang paling kanan dan pilih bagian Telusuri. Di sana terdapat banyak club yang bisa kamu pilih berdasarkan kategori. Kategori yang disediakan antara lain seperti:

  • Berdasarkan Teman
  • Berdasarkan Negara
  • Berdasarkan Bahasa
  • Berdasarkan Aktif di Perang Club
  • Berdasarkan Aktif di Tantangan Club
  • Club Sosial
  • Club Pertukaran
  • dan Club yang Aktif

Kamu bisa pilih club sesuai yang kamu butuhkan supaya tidak ada masalah kedepannya.

Kenapa saya tidak bisa menemukan Club?

Ada beberapa faktor kenapa kamu bisa tidak menemukan club yang kamu cari, salah satunya mungkin karena kamu mengganggu. Umumnya, pemain tidak bisa menemukan club lamanya karena telah diremove dari club sebelumnya. Asumsi saya adalah, sistem mendeteksi ini sebagai spam atau si A ini dikeluarkan dari club karena perilakunya yang tidak pantas. Makannya dia dikeluarkan dari club.

Tapi, ketika kamu ingin kembali ke club sebelumnya, tunggulah 30 menit agar sistem memunculkan club sebelumnya ketika kamu ingin bergabung kembali.

Alasan kedua adalah club sudah penuh, jadi mereka tidak bisa membuka lowongan anggota lagi.

Bagaimana Cara keluar dari Club?

Pertama, tekan pulau club terlebih dahulu. Selanjutnya buka bagian Anggota dan ketuk tanda i kecil di pojok kanan. Di sana akan tampil nama club, kode club dan tombol tinggalkan club. Tekan tombol merah yang bertuliskan Tinggalkan Club maka kamu akan keluar dari Club.

Bagaimana Cara mengundang orang lain untuk bergabung ke dalam Club?

Jawabannya adalah dengan menjabat sebagai Presiden atau Wakil Presiden, selanjutnya kamu dapat mengundang pemain yang satu friendlist denganmu atau pemain yang kamu temukan di pusat perdagangan global. Pastikan juga dia sudah level 18 dan tidak memiliki club sama sekali.

Tingkatan Anggota Club


Seperti fitur perkumpulan di game lainnya, di SimCity club memiliki 4 tingkatan anggota, yaitu:

  1. Presiden
  2. Wakil Presiden
  3. Senior
  4. Anggota

Presiden mempunyai peran untuk mengundang pemain, menerima atau menolak permintaan gabung ke dalam club, menaikkan jabatan ke senior dan ke wakil ketua serta menendang pemain yang tidak mengikuti peraturan club.

Untuk menjadi presiden, kamu harus menunggu presiden yang sekarang untuk keluar dari club dan pastikan kamu menduduki posisi wakil presiden serta poin plumbob yang besar untuk menggantikannya.

Wakil Presiden mempunyai peran yang hampir sama dengan presiden, perbedaannya hanyalah di menaikkan jabatan. Wakil presiden hanya bisa menaikkan jabatan dari anggota ke senior saja.

Senior memiliki fungsi hanya untuk menerima atau menolak permintaan anggota yang ingin masuk ke dalam club.

Anggota biasa tidak memiliki peran selain berpartisipasi dalam Liga Para Wali Kota dan Perang Club.

Tradisi Club

Ada beberapa tradisi yang perlu kamu perhatikan sebelum dan setelah masuk ke dalam club, seperti:

  1. Lihat atau tanyakan tujuan clubnya, untuk bersenang-senang atau berkompetisi
  2. Tanyakan peraturan club, apa yang boleh dan apa yang tidak
  3. Bilang "Hi" atau Intro singkat ketika baru bergabung ke dalam club
  4. Kalau meminta item, sebut itemnya dan jumlah yang dibutuhkan. Jika dalam beberapa waktu tidak dijawab, itu berarti teman clubmu tidak memiliki item yang kamu minta
  5. Jangan spam chat
  6. Kalau sedang melakukan trading dengan teman club, jangan ceklist kotak biru ketika menjualnya di depot perdagangan, supaya item tersebut tidak muncul di dalam pusat perdagangan global
  7. Kalau item tersebut dibeli oleh teman atau daniel, maka akan muncul nama pemain setelah item tersebut berhasil terjual
  8. Kalau sedang trading dengan teman club, lalu ketika gilirannya ia keluar dari club, jangan langsung ambil simoleon yang didapat dari sana, tunggu saja sampai si pengecut ini masuk ke dalam club lagi untuk melihat nama orang yang membelinya. Ini bisa dijadikan bukti ke presiden atau wakilnya untuk menendang pemain sampah tadi
  9. Kalau buat club baru, lalu masuk beberapa anggota, dan anggota tersebut tidak mengucap apa-apa di club dan kerjannnya hanya meminta item saja, lebih baik buang orang seperti ini. Selain mengganggu, orang-orang seperti ini hanya bertindak sebagai benalu
  10. Karena tidak ada tanda online atau offline pada setiap anggotanya, diharapkan bagi siapapun untuk memberikan tanda bahwa mereka online dengan mengirim chat (Kondisi ini tidak berlaku ketika sudah memiliki grup chat di Whatsapp atau medsos lainnya)

Begitulah tradisi yang saya temukan ketika bermain game ini selama 8 bulan. Ada yang mau menambahkan?

Cara Berpartisipasi di Liga Para Wali Kota


Tekan pulau yang ada di tengah dan kamu akan masuk ke Liga Para Wali Kota. di tampilan depannya kamu akan melihat bagian Tugas, Papan Peringkat, Liga dan T&J.

Bagian tugas berisi tugas-tugas yang diberikan dan memiliki reward. Hadiahnya berupa point plumbob. Poin ini digunakan sebagai pengukur seberapa banyak misi yang telah diselesaikan dan berpartisipasi dalam Tantanga Club yang memberikan reward yang lumayan besar.

Di bawahnya terdapat Papan Peringkat yang menginformasikan kepadamu ada di ranking berapa saat ini kamu berada di liga yang kamu miliki.

Selanjutnya ada Liga. Liga terbagi menjadi 6 dan masing-masing memberikan hadiah yang berbeda. Jika kamu mengincar kunci platinum, naikkanlah Ligamu setinggi-tingginya dan raih top rank di sana.

Untuk pembahasan lengkapnya, kamu dapat mengunjungi Strategi Bermain Liga Para Wali Kota di SimCity Buildit yang pernah saya buat.

Club War

Perang Club merupakan pertarungan real time vs player yang hadir di SimCity Buildit. Ada beberapa club yang aktif dalam perang club tapi ada juga yang tidak aktif di sini. Jika kamu berminat untuk bermain di sini, pastikan club yang kamu masuki adalah club yang aktif di Club War.

Untuk memulai perang antar club, harus dilakukan oleh presiden atau wakil presiden. Lalu, tekan Vu Fotress dan ikuti panduan dasar dari persiapan, perang hingga mendapatkan hadiah.

Arena

Peperangan club terjadi di arena. Setiap club ditempatkan sesuai skor Elo mereka dan akan bergerak saat skor meningkat. Kalau clubmu baru memulai Club War, berarti dimulai dari Arena 1, Mountanious Mayhem.

Setiap arena memiliki peraturan yang berbeda yang berdampak langsung pada seberapa cepat pemulihan energi pada setiap setiap pemain dan seberapa besar damage yang bisa diterima suatu kota sebelum mengaktifkan Shield.

Battle Booster

Battle Booster merupakan suatu item yang dapat dipakai untuk melindungi teman atau menghalangi lawan. Fitur ini dipakai sebagai strategi yang dapat membantu kemenangan tim.

Fitur ini terbuka di Arena ke 2, yaitu Desert of Destruction Arena. Battle Booster bisa didapat setelah perang selesai atau dapat dibeli di War Shop menggunakan War Simoleon.

Macam Macam Battle Booster seperti:

  • Energy Pump: Mempercepat regenerasi energi
  • Energy Vampire: Memperlambat regenerasi energi lawan atau target
  • Umbrella: Memberikan perlindungan dari hujan dan bencana lainnya dari beberapa serangan
  • Freeze: Membuat lawan menjadi terbuka agar dapat diserang. Kota target tidak akan bisa menyerang tetapi masih bisa diserang.
  • Jackpot: Menyerang kota target akan memberikan bonus poin dalam jangka waktu tertentu
  • Dud: Mengurangi poin lawan ketika kamu menyerangnya

Bagaimana cara mengaktifkan Battle Booster?

  1. Pilih kota yang akan ditargetkan
  2. Tekan tombol Booster yang ada di pojok kiri bawah, Booster yang tersedia akan berwarna sedangkan yang abu-abu berarti tidak dapat digunakan
  3. Pilih Booster yang kamu inginkan
  4. Tekan dan tahan Booster tersebut ke kota yang kamu targetkan

Kartu Bencana

Untuk mengirimkan bencana ke kota lawan, kamu membutuhkan kartu bencana. Setiap bencana yang kamu berikan akan memberikan poin perang. Dan pemenang dari perang ini adalah yang memiliki poin terbanyak.

Tekan pulau Club War dan tekan kartu bergambar bintang ditengahnya, bisa kamu temukan di sisi kanan layar.

Setiap kartu bencana memiliki spesialisasi dan tingkat kerusakan yang berbeda. Ada yang memberikan damage yang besar, poin perang yang tinggi, energi yang dibutuhkan dan item perang yang dibutuhkan untuk melancarkan serangan.

Selain itu, tingkat kartu bencana berbeda-beda. Berikut daftarnya:

  1. Kelas A+ (Paling bagus dan langka)
  2. Kelas XXL
  3. Kelas D
  4. Kelas L
  5. Kelas M
  6. Kelas S (Paling dasar dan mudah didapatkan)

Cara mendapatkan kartu bencana adalah Pass Vu. Kumpulkan sampai persyaratan terpenuhi untuk membuka atau meningkatkan bencana yang sudah kamu punya.

Fenomena Knockout Timer

Hal ini bisa terjadi ketika kamu menyerang semua kota lawan ketika sedang mengaktifkan shield, knockout timer akan dimulai yang berarti waktu perang akan semakin singkat.

Timer ini akan tetap aktif hanya ketika tidak ada lawan yang memperbaiki kota mereka. Jika sampai waktu habis tetap tidak ada yang memperbaiki kota, maka yang memulai Knockout Timer yang akan memenangkan pertarungannya.

War Simoleon

War Simoleon adalah mata uang yang dipakai hanya untuk kebutuhan Club War. Cara mendapatkannya ialah dengan memainkan club war dan membuka peti yang diberikan serta memperbaiki kota yang terkena serangan dari lawan.

Yang bisa kamu beli dari War Simoleon adalah Battle Booster, Kartu Bencana dan War Delivery Item.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences