Meningkatkan mutu pemain akan membawa tim menjadi lebih kuat. Gunakan rule 180 dalam latihan militermu agar hasilnya optimal. Menangkan berbagai kejuaraan di Top Eleven dengan memiliki banyak pemain bintang.

    Panduan Rules 180% Sebelum Latihan Militer di Top Eleven

    Pengertian Rules 180% di Top Eleven


    Mungkin ketika pertama kali mendengar, kamu merasa heran, kenapa harus 180? Kenapa bukan 220 atau 160?

    Jadi, rule 180 ini diambil dari nilai maksimal mutu pemain. Mutu pemain yang mana? Bintang yang ada pada setiap pemain.

    Kamu tahu bukan, bahwa tiap pemain memiliki jumlah bintang yang berbeda? Nah, maksimal dari bintang yang bisa didapat seorang pemain adalah bintang 9 atau kalau dalam hitungan mutu sebesar 180%.

    Sampai sini paham?

    Lanjut.

    Bagaimana cara melihat mutu ini?

    Silahkan kamu tekan daftar salah satu pemainmu, lalu masuk ke bagian keterampilan, nanti akan terlihat jumlah mutu dan bintang pemain tersebut.

    Jadi, dengan menggunakan rules 180 ini, kamu (yang menjadi manager sebuah tim sepak bola) dapat mengetahui berapa banyak penambahan mutu pemain ketika dilatih menggunakan sebuah drill.

    Misal, awalnya kamu memiliki seorang pemain ST dengan nilai mutunya 40%. Lalu kamu ingin melatih pemain tersebut menggunakan drill Oper, Lari, Tembak. Nanti dengan perhitungan yang akan kamu lihat di artikel ini, kamu bisa mengetahui seberapa besar kenaikan yang bisa terjadi terhadap pemain tersebut.

    Tentu saja, rules 180% sangat berguna jika kamu ingin melakukan latihan militer pada pemainmu. Kalau latihan biasa, rule ini tidak akan begitu terpakai.

    Oke, kita lanjut ke sesi berikutnya.

    Keuntungan memakai Rules 180%

    Berikut adalah manfaat dari menggunakan rules 180% pada latihan militer pemain pilihanmu

    1. Mengetahui kenaikan mutu yang bisa dicapai oleh sebuah drill
    2. Mengetahui drill apa yang cocok dan dibutuhkan oleh pemain
    3. Dapat memperkirakan berapa banyak booster hijau (cendol) yang akan digunakan ketika latihan militer.

    Untuk penjelasan saja, mungkin ada yang belum tahu mengenai latihan militer. Jadi, siapapun yang ingin menjadikan pemain dalam clubnya memiliki mutu 180% harus menggunakan strategi yang dinamai latihan militer.

    Di sini, satu pemain difokuskan untuk ditingkatkan mutunya hingga mencapai batasnya yaitu 180%. Biasanya usianya yang optimal untuk menerapkan strategi ini adalah pada pemain yang berusia 18-21 tahun, karena mereka masih muda.

    Nah, rules 180 ini sangat identik dengan latihan militer karena memang itu tujuan rule 180 hadir.

    Dengan mengetahui keutungan dari rule 180, diharapkan agar kamu dapat membuat strategi agar pemain yang kamu latih dapat mencapai puncaknya dan membawa timmu menjuarai berbagai liga.

    Kenapa Mutu Pemain bisa meningkat?

    Muncul pertanyaan berikutnya, faktor apa yang membuat mutu seorang pemain dapat bertambah? Jawabannya ada di atribut yang mereka miliki.

    Mutu pemain dihitung berdasarkan jumlah besarnya atribut yang pemain miliki. Setiap pemain memiliki 15 atribut, 5 atribut bertahan, 5 atribut menyerang dan 5 atribut fisik dan mental. Juga terdiri dari atribut terang dan gelap.

    Dari ke 15 atribut yang tersedia ini, setiap pemain memiliki atribut yang berbeda. Contoh: si A memiliki atribut antisipasi sedangkan B tidak. Hal ini disebabkan oleh pemain itu sendiri dan posisi yang mereka miliki di dalam pertandingan.

    Ada juga atribut gelap dan terang. Karena tujuan kita kali ini adalah meningkatkan mutu mereka menjadi 180%, maka memprioritaskan atribut yang terang akan jauh lebih efektif daripada meningkatkan keduanya sekaligus.

    Dan ini merupakan kesalahan saya pertama kali dalam melakukan latihan militer, saya hanya merasa bahwa pemain ini harus saya tingkatkan terus dengan latihan, latihan dan latihan. Tetapi, pada akhirnya progres saya jauh lebih lama daripada mereka yang fokus ke atribut terangnya saja.

    Tapi bagaimana kalau atribut gelap saya cuma 1% atau minus? Tidak masalah dan tidak terlalu penting juga. Jadi biarkan saja.

    Di bawah adalah contoh pemain hasil latihan militer saya (yang gagal).


    Kamu bisa lihat di atas, itu adalah pemain pertama saya yang saya latih dengan serius. Tetapi karena cara latih saya yang tidak menghitung memakai rule 180 dan menggunakan drill yang campur-aduk, hasilnya seperti itu.

    Untung saja saya baru menghabiskan kurang lebih seratus booster hijau (bisa disebut cendol) ketika melatihnya.

    Lalu, bagaimana agar mutu pemain saya meningkat? Yaitu dengan meningkatkan atributnya.

    Setiap penambahan 15% atribut, akan meningkatkan 1% mutu.

    Contoh.

    Jika saya menggunakan drill Oper, Lari Tembak untuk melatih pemain di atas, saya berkemungkinan untuk meningkatkan atribut kecepatan, umpan dan tembakan.

    Kalau ketika sedang latihan atribut kecepatan bertambah 7%, umpan 5% dan tembakan 3% (dengan rumus 15% atribut = 1% mutu), maka mutu pemain di atas akan meningkat dari 95% ke 96%. Begitu seterusnya.

    Pertanyaan lain muncul, apakah bisa kita mengatur kenaikan atribut itu sendiri? Misal, umpan dinaikkan menjadi 3%, kecepatan 4% dan tembakan 8%?

    Jawabannya adalah tidak.

    Jadi, walaupun dengan rule 180 ini kamu bisa menebak berapa persen mutu yang bisa bertambah dengan menggunakan sebuah drill, namun tetap saja cara ini tidak dapat menebak atribut apa yang akan mengalami kenaikan pesat.

    Siapa pemain yang cocok menggunakan Rules 180% ?


    Seperti yang sudah dibahas tadi, pemain dengan usia 18-21 merupakan pemain yang akan mengalami perkembangan paling optimal dibanding umur lainnya. Sebab mereka masih muda, jadi gampang untuk dibina dan motivasi mereka bermain masih sangat tinggi.

    Tak ketinggalan, booster hijau yang akan kamu gunakan cenderung lebih sedikit daripada pemain yang berumur 22 ke atas. Dari 40% ke 180% hanya membutuhkan kurang lebih 1500 cendol saja, kalau melatih pemain yang tua pasti membutuhkan lebih banyak dari itu.

    Keuntungan melatih pemain muda lainnya yaitu terpakai dalam jangka waktu yang lama. Coba bayangkan kamu melatih pemain usia 19 tahun, kira-kira butuh berapa tahun lagi agar dia pensiun? 15 tahun, sedangkan kalau kamu melatih pemain di usia 25, pemain tersebut akan lebih cepat tua dan pensiun.

    FYI, pemain akan pensiun pada umur 34.

    Daftar Drill Latihan Militer tiap posisi

    GK


    DC


    DL/DR


    MC


    AMR/AML


    ST


    Untuk lengkapnya, kamu dapat mengunjungi channel SIGENIUS YOUTUBE untuk mendapatkan informasi panduan seputar top eleven.

    Perhitungan Rules 180%

    Mari kita masuk ke pembahasan utamanya, bagaimana perhitungan rule 180 ini?

    Kita pakai pemain pertama saya tadi.


    Kita sudah melihat mutu dan atribut terang yang ada di atas. Mari kita masuk ke contoh yang pertama.

    Jadi, di sini saya akan menggunakan drill Oper, Lari dan Tembak (OLT) sebagai drill latihan militer saya.

    Seperti yang kita ketahui, Drill OLT meningkatkan kecepatan, tembakan dan umpan. Atribut antisipasi tidak saya masukkan karena atribut tersebut tidak ada di pemain saya, jadi kita abaikan.

    Karena ada 3 atribut yang bisa ditingkatkan dengan drill OLT, maka kita kali 3x180 = 540%.

    Ingat, 180 berasal dari mutu yang akan kita raih. Bisa diubah ke 170 atau lainnya jika tidak ingin menghabiskan banyak cendol.

    Kita catat terlebih dahulu atribut yang sudah saya miliki

    • Umpan: 162%
    • Tembakan: 147%
    • dan Kecepatan: 69%

    Setelah mengetahui atribut awalnya, kita jumlahkan semuanya dan angkanya mencapai 378%.

    Langkah selanjutnya adalah mengurangi hitungan pertama dengan hitungan kedua ini.

    540% - 378% = 162%

    Jadi, 162% ini adalah jumlah atribut yang akan terbagi ke dalam atribut tembakan, umpan dan kecepatan. 

    Ingat, kamu tidak bisa menghitung masing-masing atribut yang akan bertambah, tapi hanya hasil akhirnya saja. Dalam kasus ini yaitu 162%.

    Nah, sekarang waktunya kita menghitung berapa mutu yang bertambah dari sini.

    Rumus awal

    1% mutu = 15% atribut

    Jadi...

    162 dibagi 15 = 10,8% mutu

    Maka, mutu pemain sekarang yaitu dari 95% menjadi 105,8%. Dan ini artinya drill OLT sudah mencapai batasnya. Kamu tidak perlu menggunakan drill ini lagi ketika melatih pemain ini. Berarti ini adalah saatnya untuk mengganti drill lainnya.

    Sudah paham?

    Kalau belum, mari kita masuk ke pemain kedua.


    Ini adalah contoh pemain "tua" yang sudah tidak optimal untuk dilatih militer, namun kita akan jadikan dia sebagai contoh penggunaan rule 180 saja.

    Pemain kedua ini akan saya latih dengan Serangan Balik Cepat. Drill ini meningkatkan kreativitas, umpan, umpan silang, penyelesaian dan komunikasi.

    Seperti yang terlihat di gambar atas, pemain kedua ini memiliki atribut kreativitas, umpan, umpan silang dan penyelesaian. Untuk atribut komunikasi tidak ada di sini.

    Kita masuk ke perhitungan pertama.

    Ada 4 atribut yang bisa ditingkatkan, berarti 4x180 = 720%

    Lalu, berikut atribut saat ini:
    • Umpan: 63%
    • Umpan Silang: 45%
    • Penyelesaian: 44%
    • Kreativitas: 49%

    Jika ditotal semuanya berjumlah 201%.

    Kita kurangi hasil pertama dan kedua.

    720 - 201 = 519%

    Hasilnya, 519% penambahan atribut akan terbagi ke umpan, umpan silang, penyelesaian dan kreativitas.

    Lalu kita cari mutunya.

    Ingat rumusnya, 1% mutu = 15% atribut

    519% dibagi 15% = 34,6% mutu

    Berarti, dengan menggunakan drill serangan balik cepat, pemain kedua ini bisa meningkatkan mutunya hingga 34,6%.

    Berapa banyak latihan yang dibutuhkan pada setiap drillnya?

    Karena kita sudah mengetahui batas suau drill pada seorang pemain, kita jadi tahu kapan harus bertenti.

    Jujur, untuk melatih seorang pemain dibutuhkan komitmen dan cendol yang tidak sedikit.

    Kamu perlu melatih mereka setiap hari agar progresnnya bertumbuh cepat.

    Gunakan semua slot drill yang tersedia untuk mencapai batas penambahan mutu tersebut. Berapa kali? Tidak ada yang tahu.

    Lakukanlah latihan terus menerus sampai batas akhir drill tersebut.

    Demikian artikel mengenai latihan militer menggunakan rule 180%. Kalau ada pertanyaan bisa taruh di kolom komentar.
    Oleh Misa

    Februari 07, 2022

    Artikel Terkait

    > <
    Silakan pilih sistem komentar anda

    14 komentar untuk Panduan Rules 180% Sebelum Latihan Militer di Top Eleven

    1. Kalau misal pemain fast trainer apakah kebutuhan booster ijo nya sam di 1500

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bisa bang, saya dari 66%/68% ke 180% bisa 1200+ atau 1300 gitu, pokoknya g nyampe 1500an lah

        Hapus
    2. Kalo pemain u18/19 mutu 70+/80+/90+ apa masih worth it di latmil?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Masih dong, kan masih muda pemainnya. Malah kalo dari u18-u19 udah sampe 180 lebih enak ngerawat pemainnya

        Hapus
    3. kalo cendol cuma 600 an untuk skrg berarti berapa bisa naik bang, ini skrg pemainnya umur 19 mutu 52, cendol masi bisa naik si ini bru awal musim soalnya, kira2 600 an bisa naik ke mutu berapa, posisi ST

      BalasHapus
      Balasan
      1. Pemain ST saya umur 18 dari 55% ke 100% butuh hampir 500an kalo g salah

        Hapus
    4. bang, klo diatas rumusnya menjelaskan batasan penggunan drill yg optimal
      lalu bagaimana klo kita pernah melatih drill itu sebelumnya, tp gk tau brp kali
      rumusnya jadi krng tepat gk?
      krn nilai total atributnya berubah (krn pernah dilatih pakai drill itu)

      BalasHapus
      Balasan
      1. sama aja bang, nantikan pas diitung lagi statusnya berubah karena pernah dilatih, otomatis nanti hasilnya bakalan sama.

        Hapus
    5. Total atribut 4 x 180 = 720 bkn 640

      BalasHapus
      Balasan
      1. baik, sudah saya revisi perhitungannya. Terima kasih bang Ez telah memperbaiki kesalahan saya.

        Hapus
    6. Mau tanya lagi bg, ktnya ini max yg bsa di tambahkan ya, tpi knpa stlh sudah smpai angka max atribut masih ttp nambah.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ada 3 hal yang bisa menambah atribut walau "sudah maksimal".

        1. Sering dapet MVP
        2. Memanfaatkan fitur Pelatih Pribadi (maksimal pakai fitur ini di mutu 178-179%
        3. Pakai drill yang beda

        Jadi, dari sini saya menyimpulkan kalau bang Ez ini sudah menghitung atribut maksimal yang didapat dari satu drill, lalu bang Ez pakai drill yang berbeda tapi nambah di atribut yang sama. Alhasil atribut tersebut bertambah dan hal ini diluar perhitungan awal

        Hapus
    7. Bang, klo pemain sdh latmil kan tiap tahun turun 20%
      Klo usia msh mudah bisa latmil +20% lg
      Baiknya sampai usia berapa dia tetap dilatmil y?
      Sharing pengalamannya bang, klo pemain genius yg latmil diatas 20an gt dijual kah? Ganti yg baru?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bukan tiap tahun kali bang, tiap season.

        Umur 22-23 sih bang, biasanya kalo udh umur segitu sudah saya kurangi jatah latihannya & saya langsung nyiapin pemain baru buat regenerasi.

        Pemain lama ga saya jual, saya tunggu sampe mutunya 90-100% buat "dibuang" dan diganti sama pemain muda. Kalo pemain itu masih sering dapet MVP, biasanya tetap saya latih 5-10% per season, sisanya ditabung buat pemain muda

        Hapus