Panduan Arah Panah (Mentalitas) dalam Formasi di Top Eleven

Begini cara mengatur arah panah mentalitas pada pemain di Top Eleven.
Salah satu hal yang paling krusial dan kunci penting dalam pertandingan di Top Eleven adalah mengatur arah panah/mentalitas sebagai instruksi khusus dari kita (sebagai manager) untuk para pemain. 

Di banyak kasus, banyak yang mengalami kebingungan dalam menentukan arah panah ini, termasuk saya pada awalnya.

Kesalahan dalam mengunakan arah panah ini dapat membuat formasi yang telah disusun hancur berantakan, bahkan mungkin mengalami kekalahan. 

Hal ini disebabkan oleh adanya pemain yang bergerak ke tempat yang tidak seharusnya dan lainnya. Sebagai contoh pemain DL yang maju sampai ke ST akan membuat formasi tim tidak seimbang lagi.

Di sini, Bayapk akan memberikan tips menggunakan arah panah dengan efektif dan maksimal di Top Eleven.

Panduan Arah Panah (Mentalitas) dalam Formasi di Top Eleven

Penjelasan dasar arah panah di Top Eleven

Sampai sekarang, hanya ada 2 arah panah yang bisa kamu pilih selain mode normal. Yakni arah maju dan arah mundur.
  • Arah maju artinya pemain dapat maju sampai melebihi posisi aslinya. Contohnya, pemain AMC jika diberi arah panah maju berarti ia dapat maju sampai ke posisi ST. Kalau ini tidak diperhitungkan, maka ST dan AMC akan berebut gol dan sulit untuk mendapatkan Raja Gol di akhir musim.
  • Arah mundur artinya pemain dapat mundur melebihi posisi aslinya. Contohnya pemain ST yang diberi arah mundur akan dapat mundur sampai berada di wilayah posisi AMC.
Walaupun terlihat membantu, memberikan arah panah pada pemain tidak menjamin kamu dapat meraih kemenangan. Pastikan kamu hadir di pertandingan untuk mengontrol apapun yang mungkin terjadi di lapangan.

Lakukan eksperimen juga untuk melihat hasil optimal tiap posisi pemain. Berikut adalah tips melawan musuh dengan mutu beragam, mulai dari yang lebih tinggi, seimbang dan lebih rendah supaya dapat meningkatkan peluang memperoleh kemenangan.

Ketika melawan musuh dengan mutu yang lebih tinggi di Top Eleven

Saat kamu berhadapan dengan lawan yang mutunya lebih tinggi daripada klubmu, pastikan mentalitas klubmu ada di normal atau bertahan dengan tekanan rendah. 

Dalam kasus ini, kamu harus menyiapkan 6 pemain bertahan (termasuk GK) dan membentuk formasi V (4-5-1). Lalu, semua pemain bertahan (kecuali GK) diberi arah panah ke belakang dan pemain lainnya dibiarkan normal.

Selanjutnya, kalau keadaan terdesak dan kamu membutuhkan gol, berikan arah panah ke depan untuk pemain tengah (MC).

Dalam kasus yang serupa, kalau kamu menggunakan formasi 4-1-4-1, berikan arah panah ke belakang dan biarkan sisanya tidak diberi panah alias normal. 

Namun, kalau tim sedang kesulitan dan terlihat seperti akan kalah, berikan panah ke depan kepada salah satu/dua pemain MC, ML/R, AML/R tergantung bagaimana pola menyerangmu, apakah perpaduan, tengah atau dominan di sisi.

Ketika melawan musuh dengan mutu rendah di Top Eleven

Kalau kamu sedang berhadapan dengan klub mutu rendah, berikan arah panah ke depan untuk pemain DL dan DR serta panah ke belakang untuk DC. Dengan asumsi bahwa kamu akan memperbanyak pola serangan, taktik penuh tekanan sangat tidak direkomendasikan.

Ketika kamu sedang menggunakan AML, AMC dan AMR di dalam formasi, berikan tanda panah ke depan untuk mereka bertiga atau nomal, yang penting jangan kasih panah ke belakang. Selain itu, ST akan sangat rawan mendapatkan offside jika diberikan panah ke depan. Jadi, biarkan ST dalam keadaan normal saja.

Ketika melawan musuh dengan mutu seimbang di Top Eleven

Gunakan formasi seimbang di bawah ini ketika menghadapi lawan dengan mutu seimbang:
  • 4-4-2
  • 4-5-1
  • 4-3-2-1
  • 4-1-2-1-2 dan lainnya
Formasi di atas, seimbang dalam hal menyerang dan bertahan, karena itulah disebut sebagai formasi yang seimbang.

Dalam kasus ini, mentalitas dibiarkan normal saja dan tekanan disesuaikan oleh kamu. Sama seperti sebelumnya, para DC diberikan arah panah ke belakang dan jika kamu bermain dengan mengandalkan AML/R, berikan dia panah ke depan.

Atau, jika ada AMC, berikan dia panah ke depan untuk membantu ST dalam mendominasi penyerangan.

Rangkuman

Sedikit hal yang bisa kamu dapat dari sini adalah:
  1. Formasi dan taktik lawan juga berpengaruh terhadap hasil dari formasi dan taktik klubmu
  2. Tidak semua posisi dapat menggunakan arah panah
  3. Penggunaan arah panah disesuaikan dengan taktik lawan
  4. Untuk memaksimalkan pemakaian arah panah, pemain harus hadir di lapangan
  5. Mungkin setiap klub memiliki efek yang berbeda, jadi jangan berhenti melakukan eksperimen mengenai posisi dan arah panah yang cocok untuknya.
Terakhir, kalau kamu masih bingung dengan penjelasan di atas karena baru bermain game ini, kamu bisa menggunakan 1 arah panah pada 1 pemain saja dan biarkan dirimu mengerti secara perlahan. Step berikutnya kamu bisa mencoba menggunakan formasi untuk melawan tim kuat di top eleven.

Demikian artikel mengenai panduan arah (mentalitas) dalam formasi di Top Eleven. Bagaimana menurutmu panduan di atas? 
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences