Ampuh, 7 Cara Mengatasi Loading Lama di Free Fire

Dalam artikel ini, Bayapk akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi loading lama pada game Free Fire.
Free Fire adalah salah satu game mobile yang populer saat ini. Namun, beberapa pemain mungkin mengalami masalah saat mengakses game ini, salah satunya adalah masalah loading yang lama. Dalam artikel ini, Bayapk akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi Loading Lama di Free Fire

Penyebab Loading Lama di Free Fire

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Free Firemu menjadi lama ketika loading atau matchmaking, seperti:
  • Server Free Fire sedang bermasalah
  • Free Fire sedang bug
  • Faktor sistem android
  • Sinyal internet
Keempat faktor di atas seringkali menjadi "pelaku" atas masalah loading lama yang ada di Free Fire. Ini bisa membuat stuck ketika loading bahkan menyebabkanmu tidak dapat memulai pertandingan.

Cara Mengatasi Loading Lama pada game Free Fire

Berikut adalah 7 cara mengatasi loading lama di Free Fire. Mulai dari mengganti sinyal internet hingga menyisakan memori agar sistem dapat berjalan dengan baik.

1. Ganti Sambungan Internet/Gunakan Wifi

Koneksi internet yang buruk dapat menyebabkan masalah loading yang lama. Kamu dapat mengganti koneksi internet dengan menggunakan koneksi wifi yang stabil.

Hal ini karena jaringan wifi memiliki koneksi yang lebih cepat dan stabil dibandingkan dengan data seluler. Selain itu, jika kamu menggunakan data seluler, pastikan untuk berada di area yang memiliki sinyal yang kuat.

2. Aktifkan dan Nonaktifkan Kembali Mode Pesawat

Beberapa pemain (termasuk saya) menemukan bahwa mengaktifkan dan menonaktifkan kembali mode pesawat dapat mempercepat proses loading androidmu.

Umumnya cara ini dapat memperbarui koneksi internet dan mengatasi masalah loading yang lama ketika bermain ff.

3. Turunkan Kualitas Grafis

Menurunkan kualitas grafis dapat mempercepat proses loading. Kamu dapat mengatur opsi grafis dan resolusi dalam pengaturan game.

Saya sempat meyakini jika setting full kanan pada Free Fire tidak mempengaruhi gameplay yang terjadi. Namun ternyata saya salah. HP saya tidak begitu kuat untuk meninggikan grafis sampai tingkat maksimal.

Dan karena sudah mengetahui hal itu, saya merubah settingan tersebut menjadi semi middle agar permainan dapat berjalan dengan lancar dan loading pun tidak ada hambatan.

4. Hapus Data & Cache Free Fire

Menghapus cache game dapat mempercepat proses loading. Kamu dapat menemukan opsi ini dalam pengaturan aplikasi.

Beberapa hal terjadi karena file sampah yang menumpuk, membuat beban sistem bekerja lebih keras. Walaupun cara ini jarang berhasil, saya selalu menghapus cache Free Fire seminggu sekali untuk memberikan kenyamanan ketika bermain.

5. Reinstall Game

Jika kamu terlanjur frustasi oleh masalah loading ini, kamu dapat mencoba untuk menghapus dan menginstalnya kembali. Dengan begitu, kamu bisa pastikan apakah aplikasinya bermasalah atau tidak. 

Kalau masalah masih berlanjut, itu tandanya aplikasi Free Fire baik-baik saja. Hanya tersisa sistem, sinyal, dan server yang jadi "pelaku" berikutnya.

6. Perbarui OS Perangkat

Rutin mengupgrade sistem operasi android dapat menjadi pedang bermata dua. Ketika versi androidmu terlalu "maju", ada beberapa game yang belum support ke layanan terbaru. Sedangkan jika tidak pernah kamu upgrade, aplikasi tersebut dapat menghapus layanan untuk android versi lama.

Pastikan untuk mengetahui versi androidmu. Tentukan apakah versinya termasuk up to date atau sudah ketinggalan banyak pembaruan. Kamu harus mengikuti pembaruan terbaru, namun jangan terburu-buru untuk mengupgradenya. 

Berilah jeda 3-4 minggu untuk memastikan apakah ada bug atau fitur yang belum "matang" untuk digunakan.

7. Bersihkan Ruang Penyimpanan Perangkat

Masalah yang sering terjadi kepada hp yang memiliki internal storage 32 GB ke bawah ialah memori penuh. Masalah ini tidak bisa dianggap sepele. Beberapa aplikasi yang kamu gunakan akan membatasi fiturnya karena sistem mereka tidak dapat berjalan normal.

Sampai saat ini, saya selalu menyiapkan 1-2 GB internal storage untuk memastikan aplikasi berjalan dengan lancar, termasuk Free Fire. Dengan begitu, saya tidak perlu emosi ketika sedang memainkan gamenya.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu dapat mengatasi masalah loading yang lama saat bermain Free Fire. Ingatlah untuk selalu menjaga perangkat dan koneksi internetmu tetap stabil serta menjaga perangkatmu diperbarui dan dalam kondisi baik. Semoga membantu dan terima kasih.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences