10 Kesalahan Pemula saat Bermain Pokemon Go

Dan di sini Bayapk telah merangkum menjadi 10 kesalahan bermain pokemon go yang sering dilakukan pemula.
Kesalahan Pemula saat bermain Pokemon adalah hal yang wajar mengingat kita belum terbiasa dengan gamenya. Namun dengan mengetahui apa saja yang salah, kita akan lebih bijak membuat strategi bermain kedepannya.

Dan di sini Bayapk telah merangkum menjadi 10 kesalahan bermain pokemon go yang sering dilakukan pemula.

1. Tidak memperhatikan lingkungan sekitar

Salah satu daya tarik pokemon go adalah mengajak pemain untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar, seperti taman, monumen, atau tempat bersejarah. Namun, hal ini juga berarti bahwa kita harus tetap waspada dan berhati-hati dengan kondisi lingkungan, seperti lalu lintas, pejalan kaki, atau bahaya lainnya. 

Jangan sampai terlalu fokus pada layar smartphone dan mengabaikan keamanan diri sendiri dan orang lain. Selalu patuhi aturan dan etika bermain yang baik, dan jangan masuk ke tempat yang berbahaya, dilarang, atau mengganggu orang lain.

2. Membuang pokeball sembarangan. 

Pokeball adalah alat utama untuk menangkap pokemon. Setiap pemain akan mendapatkan pokeball gratis setiap kali mengunjungi pokestop, yaitu titik-titik tertentu di peta yang memberikan item-item bermanfaat. Namun, pokeball tidaklah tak terbatas, dan jika habis, pemain harus membelinya dengan uang sungguhan atau menunggu kunjungan pokestop berikutnya. 

Oleh karena itu, jangan membuang pokeball sembarangan saat menangkap pokemon, apalagi yang sudah sering ditemui atau memiliki CP (combat power) rendah. Gunakan teknik melempar pokeball yang tepat, seperti menunggu lingkaran di dalam pokemon mengecil, atau menggunakan berry untuk menenangkan pokemon. Jika perlu, gunakan jenis pokeball yang lebih kuat, seperti great ball atau ultra ball, untuk menangkap pokemon yang langka atau sulit ditangkap.

3. Tidak memanfaatkan fitur nearby dan lure

Fitur nearby adalah fitur yang menunjukkan pokemon-pokemon yang ada di sekitar pemain. Fitur ini berguna untuk mencari pokemon yang diinginkan, atau yang belum dimiliki. Caranya adalah dengan melihat jejak kaki di bawah gambar pokemon. Jika jejak kaki semakin sedikit, berarti pokemon semakin dekat. 

Jika jejak kaki hilang, berarti pokemon sudah ada di sekitar pemain, dan tinggal mencarinya di peta. Fitur lure adalah fitur yang dapat digunakan di pokestop untuk menarik pokemon-pokemon ke lokasi tersebut. Fitur ini berguna untuk menangkap banyak pokemon dalam waktu singkat, atau untuk berbagi dengan pemain lain yang ada di sekitar. 

Caranya adalah dengan menempelkan lure module, yaitu item yang dapat dibeli di toko atau didapatkan dari level up, ke pokestop yang diinginkan. Pokestop yang memiliki lure module akan berkilau dan mengeluarkan bunga-bunga, dan akan berlangsung selama 30 menit.

4. Mengabaikan jenis dan elemen pokemon

Pokemon memiliki jenis dan elemen yang berbeda-beda, dan hal ini mempengaruhi kekuatan dan kelemahan mereka dalam bertarung. 

Misalnya, pokemon api akan lemah melawan pokemon air, tetapi kuat melawan pokemon rumput. Pokemon listrik akan lemah melawan pokemon tanah, tetapi kuat melawan pokemon air. Pokemon gelap akan lemah melawan pokemon peri, tetapi kuat melawan pokemon psikis. Dan seterusnya. 

Oleh karena itu, penting untuk mempelajari jenis dan elemen pokemon, dan memilih pokemon yang tepat untuk bertarung di gym atau raid. Jangan hanya mengandalkan CP saja, karena itu tidak menjamin kemenangan. Gunakan fitur appraise untuk melihat potensi atau IV (individual value) dari pokemon, yaitu angka yang menunjukkan seberapa tinggi kemampuan pokemon dalam hal attack, defense, dan stamina. Semakin tinggi IV, semakin kuat pokemon.

5. Tidak mengoptimalkan penggunaan item

Item adalah benda-benda yang dapat digunakan untuk membantu pemain dalam bermain pokemon go. Ada berbagai macam item, seperti potion, revive, incense, lucky egg, dan sebagainya. Item-item ini dapat didapatkan dari pokestop, level up, atau toko. Namun, item juga memiliki batas penyimpanan, dan jika penuh, pemain tidak bisa mendapatkan item baru. 

Sebab itulah penting untuk mengoptimalkan penggunaan item, dan tidak menyimpannya terlalu lama. Gunakan potion dan revive untuk menyembuhkan pokemon yang terluka setelah bertarung. Gunakan incense untuk menarik pokemon ke lokasi pemain. Gunakan lucky egg untuk mendapatkan pengalaman dua kali lipat selama 30 menit. Gunakan item-item lainnya sesuai kebutuhan dan situasi.

6. Tidak berpartisipasi dalam event dan update

Pokemon go adalah game yang terus berkembang dan diperbarui oleh pengembangnya. Ada banyak event dan update yang dilakukan untuk menambah fitur, pokemon, atau aktivitas baru dalam game. Event dan update ini biasanya memberikan bonus, hadiah, atau kesempatan khusus bagi pemain yang berpartisipasi. Misalnya, ada event yang memberikan candy dua kali lipat, atau update yang menambahkan pokemon generasi baru. 

7. Tidak bersosialisasi dengan pemain lain

Pokemon go adalah game yang tidak hanya dimainkan sendiri, tetapi juga bersama-sama dengan pemain lain. Ada banyak fitur dan aktivitas yang mengharuskan atau menguntungkan pemain untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan pemain lain. Misalnya, ada fitur yang memungkinkan pemain untuk bertukar pokemon, memberi hadiah, atau bertarung bersama. 

Ada juga aktivitas yang membutuhkan pemain untuk bergabung dengan grup raid, yaitu menantang pokemon raksasa bersama-sama dengan pemain lain. Dengan bersosialisasi dengan pemain lain, pemain bisa mendapatkan teman, pengalaman, atau pokemon baru. Selain itu, pemain juga bisa belajar dan berbagi tips dan trik tentang pokemon go dengan pemain lain.

8. Lupa Mengirim dan Membuka Gifts

Sistem Gifts atau hadiah adalah fitur yang berguna. Selain karena gratis, sistem kirim dan terima hadiah memberikan jaminan hadiah harian berupa exp dan jika status pertemanan berubah menjadi best friends, akan dapat bonus exp. Tingkat berikutnya yakni Lucky Friends akan membuat kita meningkatkan IV minimum saat trading pokemon dengannya. Kalau sekedar kirim dan terima, setidaknya kamu akan mendapatkan material gratis.

9. Tidak Menangkap Semua Pokemon, Bahkan untuk yang Duplikat

Banyak pokemon yang receh, seperti Plusle, Eevee dll. Setelah beberapa waktu bermain, Pokeballs mudah didapatkan dan jumlahnya banyak di backpack. Kita sebagai pemain sering kekurangan stardust. Untuk mengumpulkan stardust dalam jumlah yang banyak, kita sebagai trainers harus memastikan untuk menangkap semua yang ada di depan mata. Semakin banyak pokemon yang ditangkap, semakin banyak stardust, semakin tinggi lvl pokemon kita.

10. Menghamburkan Stardust tanpa Strategi

Menggunakan stardust untuk jangka pendek adalah cara jitu untuk membuat pusing kepala. Meta yang kompetitif sering berganti setiap hari, oleh karena itu tidak bijak bagi kita untuk menginvestasikan seluruh stardust yang dimiliki pada pokemon yang sedang meta saja. Sebab, mungkin akan muncul counter baru dalam waktu singkat dan bergitu seterusnya.

Dan jangan terkecoh oleh IV yang perfect. Walaupun punya statistik yang bagus tapi jika pokemon tersebut masuk ke dalam tier C, hasilnya akan flop, tidak bagus.

Demikian contoh artikel yang saya buat tentang 10 kesalahan pemula saat bermain pokemon go. Semoga tutorial ini bermanfaat dan membuat kita lebih mengerti cara bermain pokemon go dengan baik. Sampai jumpa di artikel Bayapk lainnya.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences