Update Bussid 4.2 - Penambahan Fitur Kamera Supir dan Map

Maleo, 14 Maret 2024, baru saja memperubarui versi BUSSID ke 4.2. Mari kita review apa saja perubahan di versi ini.

Update Bus Simulator Indonesia Versi 4.2 - Pada tanggal 14 Maret 2024 kemarin, Maleo melakukan pembaruan versi BUSSID ke 4.2. Dalam deskripsinya terdapat fitur baru seperti Atur Kamera Pengemudi dan Penambahan dan Perubahan Kota di Jawa. Hal ini tentu membuat kita penasaran, seperti apa jadinya?

Untuk memudahkanmu mencari informasi mengenai update bussid versi terbaru, Bayapk telah merangkumnya di sini. Simak penjelasannya di bawah.

Daftar isi

Review Update BUSSID Versi 4.2

Berikut rangkuman update BUSSID versi 4.2 yang perlu kita ketahui:

1. Pengaturan Kamera Supir

Fitur Baru Bussid Pengaturan Kamera Supir

Fitur yang ditambahkan di bussid versi 4.2 adalah kamera supir. Kamera supir merupakan fitur yang paling ditunggu para pemain. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pemain untuk mengatur kamera supir sesuai keinginan kita.

Terbagi menjadi 3 opsi pengaturan. Opsi pertama di bagian kiri berfungsi untuk mengatur posisi duduk sopir. Opsi kedua di bagian kanan berfungsi untuk mengatur kepala supir. Dan opsi terakhir yang ada di bagian bawah berfungsi untuk mengatur jarak pandang sopir.

Untuk masuk ke dalam pengaturan kamera supir, ada langkah-langkahnya:

  • Masuk ke dalam game
  • Pilih mode apa saja, kemudian tekan main
  • Setelah loading tap tombol pause yang berada di pojok kiri atas
  • Tekan pengaturan lalu masuk ke bagian setir
  • Terakhir, atur posisi kamera sopir senyaman mungkin

Info!
Opsi ini juga dapat dilakukan pada mod yang terpasang di bussid.

2. Map dan Terminal Bangkalan

Stadion Bangkalan dari dalam Jalan Baru Bangkalan Traffic Perahu Part 1 Traffic Perahu Part 2 Tampilan Terminal Bangkalan dari dalam

Update bussid kali ini juga memberikan perubahan di Bangkalan. Mulai dari penambahan stadion hingga perbaikan tampilan terminal. Stadion Gelora Bangkalan yang merupakan markas dari Madura United diperbesar dan bus dapat masuk ke bagian dalam stadion. Ini merupakan pengalaman menarik bagi saya. Kamu bisa melihatnya digambar pertama.

Selanjutnya di gambar ke 2, 3, dan 4 merupakan jalan untuk melihat trafik perahu yang melewati jembatan. Kamu bisa mengikutinya berdasarkan lokasi yang tertera di gambar ke dua. Mungkin jalan ini akan diselesaikan di update berikutnya, kita tunggu saja.

Ada juga penambahan molen di samping jalan di sekitar pembangunan jembatan dekat Perumahan Sokka Park dan Terminal Bangkalan.

Dan digambar terakhir kamu bisa melihat terminal yang sudah mirip dengan terimal aslinya. Jika versi terdahulu Terminal Bangkalan terkesan dibuat seadanya. Namun kini jauh terlihat modern dan estetik. Saya puas dengan hasilnya.

3. Map Margasari

Map Baru Margasari Pasar di Tengah Jalan Gambar Pasar di Tengah Jalan Margasari jika dilihat dari dekat Batang Kayu di Margasari

Selanjutnya ada penambahan titik baru yaitu Margasari. Map Margasari terdapat di titik pertama rute Purwokerto-Cirebon. Di samping kanan dan kiri kita akan menemukan banyak rumah dan pohon-pohon. Ada juga toko kelontong dan sawah di pinggir jalan. Sejauh ini jalan Margasari masih terkesan sederhana.

Perbedaan unik yang terdapat di Margasari yakni adanya pasar di tengah jalan raya seolah jalan ini menjadi tempat destinasi untuk ngabuburit di bulan puasa. Ditambah terdapat area penebangan pohon yang membuat banyak batang kayu berada di samping jalan.

4. Map Temanggung

Map baru Temanggung

Kalau tadi penambahan, sekarang ada pergantian di mana sebelumnya di rute Semarang-Purwokerto terdapat daerah Sobahan kini berganti menjadi Temanggung. Di Temanggung ini terdapat banyak sekali jembatan yang bagus dan pemandangan baru yang bikin mata fresh.

5. Map Majenang

Map baru Majenang

Dan berikutnya ada Map Majenang. Penambahan Majenang ketitik pertama di rute Purwokerto-Bandung membuat perjalanan bus semakin menarik. Saat ini daerah Majenang masih sederhana dan mungkin akan ada pengembangan di versi berikutnya.

6. Map Breksi (Update)

Penambahan Foodcourt Tulisan Tebing Breksi Pariwisata ke Tebing Breksi

Di dalam map Breksi terdapat 3 update sesuai gambar di atas. Pertama, adanya foodcourt. Kedua, tulisan Tebing Breksi. Dan terakhir, munculnya misi Pariwisata ke Tebing Breksi.

7. Fix Bug Traffic di Munung

Perbaikan Bug Traffic di Munung Bussid

Di pembaruan Bussid versi 4.2 ini, terdapat perbaikan bug di daerah Munung yaitu fix traffic. Map Munung ini berada di titik kedua rute Surabaya-Solo.

Sebelumnya, bug traffic yang terjadi di Munung dapat membuat kendaraan npc yang melalui daerah ini akan tiba-tiba terpelanting ke atas lalu mendarat atau tenggelam ke dalam tanah.

8. Fix Bug Kabin Kotor di Mod Bus

Fix Bug Kabin Kotor di Mod Bussid

Jadi sebelumnya kalau pake mod di bussid, akan ada kotoran yang terlihat di kabin bus. Kalau kita main, kotorannya keliatan ganggu. Oleh karena itu bug ini di perbaiki oleh Maleo sehingga kita sebagai pengguna mod dapat memainkan bus dengan nyaman. Namun jika mod yang kamu pakai masih kotor, itu berarti masalahnya ada di mod nya. Silahkan minta update ke modder bus yang kamu pakai.

Kalau kamu mengeluhkan tentang kotoran yang tersisa cuma di bagian luar bus, masalah ini bisa di selesaikan dengan menggunakan kodename kotoran bussid yang bisa kamu temukan di youtube.

9. Drainase Kering dan Penuh Air

judul_gambar judul_gambar

Pembaruan berupa drainase kering dan drainase penuh air muncul di map-map yang baru di update. Walaupun terlihat kecil, tapi ini memberikan kesan tersendiri ketika memainkan gamenya.

10. Animasi Air untuk Sungai Kecil telah meningkat

Animasi Air lebih Realistis

Kalau kamu melihat dibangkalan, terdapat sungai kecil yang tidak terbaca oleh peta. Lokasi ini berada dekat dengan traffic perahu yang dijelaskan di poin kedua. Kalau ditinjau dari dekat, terlihat animasi air bergerak yang realistis.

11. Terdapat Daun Kering di sekitar Pohon

Daun Kering

Kemudian terdapat daun kering yang menempel di tanah di sekitar pohon. Lokasi ini berada di map-map yang mendapat update di sini. Pemberian efek ini membuat bussid semakin fresh untuk dimainkan.

12. Penambahan Animasi pada Pagar yang bisa ditabrak

Pagar yang dapat ditabrak akan memiliki efek melayang ke atas lalu jatuh ke sekitar. Efek ini meningatkan saya ketika bermain GTA San Andreas saat menerobos pagar.

Rangkuman Update Bus Simulator Indonesia V 4.2

Itu saja rangkuman update Bus Simulator Indonesia versi 4.2. Mulai dari fitur yang ditunggu seperti kamera supir dan penambahan map di beberapa kota di Jawa membuat game ini semakin menarik. Saya sendiri berharap jika pihak Maleo juga mengembangkan daerah di pulau luar Jawa agar gameplay semakin variatif.

Related Post
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences