9 Jasa Terpopuler di Growtopia yang Mudah dan Menguntungkan

Inilah daftar jasa yang dibutuhkan dan mendatangkan profit di Growtopia.
Jasa merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dari bidang ekonomi, termasuk di Growtopia. Sampai saat ini, ada beragam jasa yang tersedia dan bisa kamu sewa untuk kebutuhanmu.

Di sini, Bayapk akan memberikan daftar jasa yang tersedia di Growtopia yang mungkin kamu cari atau butuhkan di dalam game.

9 Jasa Terpopuler di Growtopia yang Mudah dan Menguntungkan

9 Daftar Jasa Terpopuler di Growtopia


Jasa Midman

Jasa Midman (atau biasa disingkat MM) merupakan jasa yang paling umum dan mudah ditemukan dimana pun, termasuk Growtopia. Di Growtopia sendiri, pemain dapat menggunakan jasa Midman untuk berbagai transaksi.

Bagi yang belum tahu, Midman growtopia mempunyai peran sebagai pihak ketiga yang mengamankan sebuah transaksi. Transaksi tersebut bisa bermacam-macam. Umumnya midman digunakan untuk jual beli Diamond Lock, World Lock, dan Akun game.

Sebagai gantinya karena menjadi pihak netral yang memuluskan transaksi, biasanya mereka meminta bagian dari transaksi tersebut. Kita mengenalnya dengan pajak atau Tax.

Penentuan tax untuk setiap transaksi berbeda, tergantung para midmannya. Mereka biasanya memberikan tax yang berbeda beda, kamu dapat menemukan ini di informasi transaksi media sosial mereka. 

Facebook merupakan sarang terbesar untuk menemukan midman growtopia karena facebook memiliki fitur grup yang memungkinkan banyak orang untuk bertemu dan saling berkomunikasi dalam jumlah yang besar.

Jasa Mindahin Block

Jasa mindahin block (Move Block) ini merupakan jasa yang bertugas untuk memindahkan barang berupa block dari satu world ke world lain. Umumnya, jasa ini dibutuhkan oleh pemilik bfg atau player sedang melakukan projek massing.

Saya menemukan bahwa biaya yang dibutuhkan untuk memindahkan 10 ribu block berkisar 3-4 WL.

Sistem pembayaran yang sering saya temui dalam jasa mindahin block adalah bayar terlebih dahulu baru kerja. Cara ini memang rawan, tetapi karena resikonya minim, saya kira tak masalah jika dilakukan.

Kalau kamu ingin mengurangi resiko scam atau penipuan, gunakan saja midman. Jujur, saya belum pernah memakai mm kalau transaksi kecil seperti ini, tapi kamu dapat mencobanya agar tidak mengalami kerugian.

Jasa Clear World

Seperti namanya, jasa clear world adalah jasa yang mengharuskan pemain untuk membersihkan seluruh world dari dirt, cave, stone, dan lava. Ini adalah pekerjaan awal saya ketika bermain GT. Cukup melelahkan karena dulu masih manual.

Harga yang dipatok berkisar 9-11 WL per worldnya. Harga yang masuk akal bagi saya untuk memiliki sebuah world bersih yang siap didesain ulang.

Kalau kamu siap terjun ke dalam jasa Clear World ini, ada baiknya untuk menggunakan item Digger Spade dan Reanimated Howly agar proses penghancuran block berlangsung lebih cepat. Jika menggunakan Digger Spade saja, Lava dan Stone akan menjadi tantangan besar dalam pengerjaannya.

Sistem yang bisa diterapkan yaitu DP dulu, kerja, selesai, bayar sisanya. Atau bisa menggunakan jasa midman dari World kerja yang kamu percaya.

Untuk memperluas pasar, kamu dapat menerima tawaran bukan hanya untuk dirt, melainkan juga untuk beach, monocrome, dan mars agar banyak pembeli yang datang kepadamu.

Memangnya jasa ini masih laku? Bukankah lebih baik langsung beli DF (Dirt Farm) karena harganya lebih murah?

Tentu saja masih. Harga DF saat ini berkisar 6-7 WL per worldnya, sedangkan jasa clear world membutuhkan 9-11 WL. Perbedaan harga ini juga memiliki konsekuensinya sebagai berikut.

  • DF tidak bisa request nama sedangkan clear world bisa memilih nama sendiri
  • DF hanya dipakai untuk keperluan seputar farming sedangkan clear world dapat digunakan secara fleksibel tergantung desain yang diterapkan

Tentu saja ini kembali ke player masing-masing, kebutuhan atau tujuan apa yang ingin dicapai?

Saya sendiri akan memilih DF kalau saya ingin memaksimalkan modal untuk beli farmable dibanding memperhatikan world untuk menanamnya.

Sebaliknya, saya akan memilih clear world kalau tujuan saya diluar dari kebutuhan farming, seperti world storage, main world, dan lainnya.

Jasa Growscan (Ilegal)

Kalau kamu membutuhkan tool untuk mengetahui seluruh isi item yang ada di sebuah world maka Jasa Growscan adalah solusinya. Mereka memberikan kita informasi seputar daftar item yang kita taruh.

Tentu cara ini lebih murah karena tidak perlu mengeluarkan berpuluh-puluh DL untuk membeli Growscan.

Jasa ini terbilang baru karena lahir dari fitur aplikasi ilegal bernama PKUY. Dengan fitur terbaru, pemain growtopia yang menggunakan PKUY dapat melihat seluruh item di sebuah world, walau tanpa growscan asli atau akses penuh ke world tersebut.

Kamu cuma perlu mengeluarkan 1 WL untuk menggunakan jasa ini. 

Kalau dari sisi pemilik jasa, sebaiknya gunakan akun bot agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena, seperti yang kita tahu, bahwa menggunakan aplikasi ketiga di growtopia termasuk tindakan ilegal, termasuk Power Kuy.

Jasa Clear Ghost

Jasa ini terbilang sepele karena tugasnya hanya membersihkan ghost atau kuyang yang ada di world kamu. Prosesnya sama seperti menjadi ghoster hunter, kamu hanya perlu menangkap hantu yang berkeliaran dan menggangu si owner.

Pendapatan yang bisa diperoleh dari sini sangat kecil, yaitu dari gratis, 1 hl sampai 1 wl. Hal ini terjadi karena sudah ada banyaknya player yang bekerja sebagai pemburu hantu dan pekerjaannya pun tidak sulit.

Jasa Buat Akun

Jasa buat akun atau Create ID (CID) merupakan jasa yang siap membuat belasan bahkan puluhan akun growtopia sekaligus. Stok akun yang banyak biasanya dibutuhkan oleh para spammer, autoclick, dan aktivitas ilegal lain seperti csn dan jual beli dl.

Namun, ada juga beberapa pemain yang membutuhkan jasa ini untuk membuat akun alt (second account) sebagai cadangan apabila akun pertama bermasalah.

Format yang bisa kamu lihat jika menemukan jasa pembuatan akun growtopia sebagai berikut:

  • Tanpa Skip Tutorial 2 akun 1 wl
  • Dengan skip tutorial dan email 1 akun per wl
  • Dengan skip tutorial, email dan pickaxe 1 akun 3 wl
  • Request nama dan password

Dan berbagai variasi jasa create id lainnya yang bisa kamu temukan di grup facebook dan whatapps.

Jasa Convert Block to Seed, Sulap dan Swap

CV dan sulap tidak bisa dilepaskan dari proses farming growtopia. Sejak kemunculan dan kepopuleran Gaia, UT dan Magpant, kini CV dan sulap menjadi jalan pintas para farmer untuk mempercepat progress farming mereka.

Kini kamu (sebagai farmer) tidak perlu lagi repot-repot break 10 ribu block setiap harinya karena dengan kedua jasa ini proses tersebut bisa dilewati. 

Belum lagi ada jasa baru berupa swap, yang menukar world farm yang belum ready harvest dengan world farm yang sudah ready harvest. Pekerjaan farmer sekarang semakin mudah.

Contohnya adalah menukar world farm lgrid baru tanem dengan world farm lgrid ready harvest. Dengan melihat kalimat di atas saja, kita sudah dapat membayangkan betapa mudahnya mendapatkan gems di era sekarang.

Lalu, apa sebenarnya pengertian CV dan sulap?

Convert block to seed (CV) di growtopia merupakan jasa yang menukar block farmable kita ke seed dan membuat orang lain yang mengerjakannya. Setelah selesai, gems yang didapat akan diberikan kepada tukang CV dan kamu sebagai pengguna mendapatkan seed yang diperoleh dari proses CV tadi.

Turunan dari jasa CV ini adalah PNB (Put and Break). Jadi kita sebagai penyewa "dipinjamkan" beberapa bot untuk menghancurkan block farmable yang kita miliki. Segala resiko ditanggung oleh kita.

Berbeda dengan CV, pengertian sulap di gt adalah jasa menukar block farmable ke seed tanpa proses breaking yang ada seperti di jasa CV. Cara kerjanya bergantung terhadap rate. Umumnya, 10 ribu block lgrid atau chand dapat ditukar dengan 2.800-2.900 seed lgrid atau chand. 

Setelah membaca kedua paragraf di atas, perbedaan cv dan sulap hanya pada waktu yang dibutuhkan dan seed yang diterima. CV harus menunggu tukang CV menghancurkan seluruh block yang diberikan sedangkan sulap dihitung berdasarkan rate.

Profit yang bisa didapatkan dari sini adalah waktu (dari sisi pengguna) dan gems (dari sisi tukang CV). Win Win Solution lah sebutannya. Dengan begini, rotasi farming akan berjalan dengan mudah dan cepat. Dan jika itu terjadi, gems yang kamu dapatkan akan lebih cepat terkumpul.

Format CV dan Sulap yang sering saya temukan di growtopia:
  • Sulap 10K block/2.800-2.900 seed
  • Sulap 100K/32K seed

Format jasa PNB di GT:
  • PNB 10K block/10 wl (harga bisa berubah tergantung jumlah block dan seller)
  • Jumlah bot sesuai ketentuan seller
  • Gaia dan UT bisa disediakan oleh seller dan buyer, namun akan ada biaya tambahan jika meminjam Gaia dari seller

Format Swap di growtopia:
  • Swap Lgrid/Chand 1 World, tax 6-8WL
  • Ada jaminan di awal

Jasa Spam Chat (Illegal)

Seperti namanya, jasa spam chat world adalah jasa yang mengharuskan pemilik sewa untuk melakukan chat terus menerus di sebuah world selama waktu yang ditentukan. Penentuan waktu ini dihitung per jam.

Biasanya jasa spam chat ini menggunakan akun bot dan jumlahnya beragam, ada 2,3 dan sebagainya tergantung pemesanan.

Format jasa spam chat di growtopia kurang lebih sebagai berikut:

  • 1 ID 1 Jam 4 WL, bisa berubah tergantung tempat world atau akun yang digunakan

Seperti namanya, jasa ini membutuhkan bot yang dapat disetting agar dapat "hidup" selama waktu yang ditentukan. Dan resikonya adalah banned karena melakukan tindakan legal.

Jasa SB

Jasa Superbroadcast adalah jasa "mengumumkan" kepada dunia growtopia lewat pesan tentang dirimu atau worldmu. Di sini jasa SB sangat dibutuhkan untuk mempromosikan world atau pesan yang kamu tuju. Tak heran, jasa SB ini dibutuhkan dari dulu sampai sekarang.

Ada 2 jasa sb yang telah saya temukan. Pertama, jasa sb dari world sb. Kita dapat meminta admin dari world sb untuk mencari player yang siap melakukan sb sesuai permintaan. Kedua, jasa sb dari title legend atau player terkenal. Biasanya harganya lebih mahal karena status atau fame yang mereka miliki.

Demikian artikel mengenai jasa-jasa paling populer dan sering ditemukan di dunia growtopia yang memberikan profit tinggi untuk pengguna maupun penyedia jasa.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences