Panduan Mengatur Keuangan di Top Eleven

Begini cara mengatur keuangan di Top Eleven supaya tidak terjadi krisis keuangan dan membuat bangkrut klub.
Walau dipandang sebelah mata, uang di Top Eleven juga memegang peranan penting dalam manajemen sebuah klub. Klub yang baik adalah yang mampu menghasilkan banyak uang dan tidak terjebak di kondisi krisis ekonomi.

Sejujurnya, tanpa membaca artikel ini pun klubmu akan tetap berjalan seperti biasa. Hanya ada sedikit kejadian dimana manager gagal mengatur klubnya. Namun di sini, saya memberikan cara agar jarakmu dengan krisis keuangan bertambah jauh. Begini caranya.

Panduan Mengatur Keuangan di Top Eleven

Cara Mendapatkan Banyak Uang di Top Eleven

Berikut Bayapk rangkum 7 cara mendapatkan uang di top eleven yang dapat kamu coba setelah membaca artikel ini.

1. Hak Siar TV

Pilih kontrak 1 hari karena memberikan bonus paling banyak sebesar 40%. Namun, jika kamu tidak sering bermain Top Eleven, kontrak mingguan atau musim dapat menjadi alternatif lainnya. 

Cara memilih Hak Siar TV adalah dengan membuka menu Keuangan, lalu lihat bagian Hak Siar TV. Jika masih kosong, kamu dapat menekan dan memilih paket yang disediakan.
  • Sofascore: Paket Harian, 28 Hari dalam satu musim
  • Clockwork: Paket Mingguan, cocok jika kamu hanya login di hari sabtu/minggu
  • Nordeus: Pake Bulanan, sesuai untuk pemain yang jarang login

2. Penjualan Tiket

Dengan menggelar pertandingan di home (alias kandang sendiri), kamu dapat menghasilkan uang tambahan dari penjualan tiket. Semakin besar kapasitas stadionnya, semakin banyak kemungkinan penonton yang akan hadir.

Selain dengan memperbesar stadion, kamu juga bisa meningkatkan level tempat duduk dan parkiran supaya penonton dapat masuk ke dalam stadionnya.

Pengenalan mengenai stadion beserta isinya telah saya jabarkan di panduan gelanggang top eleven.

3. Friendly Match

Pertandingan persahabatan, selain memberikan booster hijau, juga memberikan uang melalui tiket. Walaupun harga tiket untuk FM ini cenderung lebih murah, setidaknya klubmu memiliki penghasilan tambahan.

Sekedar tips, pilihlah lawan yang selevel atau diatas levelmu agar penontonmu bersemangat membeli tiket, bisa juga dengan melawan tim Mourinho.

Untuk langkah pertama, kamu dapat mencoba menambah teman lalu mengajaknya untuk melakukan pertandingan persahabatan.

4. Earn Cash/Money

Selain earn booster, earn cash/money juga bisa dipilih sebagai alternatif mendapatkan uang. Kamu dapat mengorbankan satu hari untuk earn cash dan sisanya kamu gunakan untuk mengumpulkan booster hijau.

Saya belum pernah melakukannya karena keuangan saya saat ini masih terjaga. Mungkin kamu dapat melakukan cara ini ketika klubmu sedang krisis keuangan atau mendekati bangkrut.

5. Hadiah dari Kompetisi

Bagi yang belum tahu, setelah klub menyelesaikan sebuah pertandingan (baik di liga, cup dan champion) maka ia akan memperoleh uang. Banyak tidaknya disesuaikan oleh hasil pertandingan tersebut, apakah menang atau kalah.

Kalau perjalanan klubmu di cup atau champion berakhir lebih cepat, ada baiknya waktu yang luang ini kamu gunakan untuk melakukan friendly match supaya penghasilan klub tetap ada.

6. Ikut Asosiasi

Tak berbeda jauh dengan Friendly Match, di asosiasi ini kita bisa mendapatkan uang setiap kali selesai bertanding. Dengan mengikuti segala pertandingan yang ada, kamu bisa mengumpulkan banyak uang dan stamina pemainmu tidak berkurang. Ini adalah keuntungan yang kamu dapatkan ketika bergabung ke dalam sebuah asosiasi sepak bola.

7. Ubah Token jadi Uang

Ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu coba, yakni mengubah token menjadi uang. Walaupun mendapatkan token cenderung lebih sulit dibanding uang, lebih sulit lagi jika tim benar-benar tidak bisa bangkit dari krisis. Saya sangat tidak menyarankan hal ini kecuali klubmu sedang mengalami masa kritis (jarang terjadi). 

Tutorial Mengatur Keuangan agar tidak bangkrut

Kamu dapat menghindari beberapa kesalahan manager dan menerapkan cara terbaik supaya keuangan klubmu tetap terjamin, seperti:

Pemberian Harga Tiket

Harga tiket untuk pertandingan liga menggunakan rumus level dikali 2. Jadi, kalau level klubmu adalah level 7, maka 7x2 = 14. Artinya, kamu dapat menjual harga tiket satuan sebesar 14 dolar. Untuk cup maupun champion league harganya tidak berbeda jauh dari tiket liga. Lakukan eksperimen kecil untuk menemukan jawabannya.

Untuk mengubah harga tiket, kamu dapat langsung menuju ke menu keuangan dan geser sampai melihat menu pengaturan harga tiket. Kamu dapat menambah atau mengurangi harga tiket yang sudah ada untuk disesuaikan dengan rumus di atas.

Tips Pembangunan Gelanggang

Bangunlah tempat duduk stadion terlebih dahulu sebelum meningkatkan level stadion. Hal ini dilakukan agar pengeluaranmu tidak membengkak. Dengan membangun tempat duduk stadion sampai level maks, harga untuk upgrade stadion jadi lebih terjangkau.

Masalah Transfer Pemain

Jangan pernah membeli pemain di usia 30 karena nanti ia tidak dapat dijual. Selain itu, pemain tua juga memiliki kemungkinan besar mengalami penurunan performa dan hasil yang kurang maksimal.

Bukan itu saja, jika di dalam klubmu ada pemain yang tidak pernah bermain (baik di liga atau pertandingan persahabatan), ada baiknya untuk dijual. Hal ini bertujuan agar kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk pemain yang tidak pernah berkontribusi di dalam klub.

Pilihan perpanjang kontrak juga harus dipikirkan. Sebab, dengan menekan perpanjang kontrak, pemain tersebut otomatis meminta gaji yang lebih besar dibanding sebelumnya. Jadi, pilah-pilih dulu pemain yang ingin menetap di dalam klub.

Selebihnya, kamu dapat membaca artikel panduan memilih dan membeli pemain di top eleven untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Tips Lainnya

  • Menjual pemain di usia 27 ke atas agar regenerasi pemain tetap berjalan
  • Kalau memperoleh pemasukan besar, sisakan untuk memberikan bonus menang kepada pemain. Jika pengeluaran dan pendapatan masih seimbang, tidak perlu memberikan bonus menang
  • Kalau level masih di bawah 10, jangan kasih bonus menang terlebih dahulu. Uangnya lebih baik dipakai untuk meningkatkan gelanggang dan menampung banyak penonton.
Demikian artikel mengenai panduan mengatur keuangan di top eleven. Semoga kamu bisa terhindar dari lilitan hutang dan kondisi krisis dalam keuangan di game ini.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences