[Spesial] 11 Tips Mengawali Musim di Top Eleven

Coba lihat 11 daftar berikut ketika sedang mengawali musim baru di Top Eleven.
Di mana ada akhir, disitu ada awal. Awal musim di Top Eleven itu biasanya terjadi di awal bulan. Tanggal 1 akan menjadi musim baru di Top Eleven.

Nah, biasanya, ada beberapa perubahan yang harus dilakukan oleh kamu sebagai manager tim agar dapat membuat performa klub semakin baik dari musim sebelumnya. Seperti formasi atau taktik, regenerasi pemain dan lain sebagainya.

Kali ini, Bayapk akan memberikan 11 daftar hal yang bisa kamu lakukan untuk mengawali musim di Top Eleven.

[Spesial] 11 Tips Mengawali Musim di Top Eleven

11 Tips Mengawali Musim di Top Eleven

Berikut 11 tips yang dapat Bayapk berikan untukmu ketika mengawali musim di Top Eleven. Semoga dengan ini kamu bisa mengawalinya dengan cerah dan pemain akan lebih produktif lagi.

Perlu kamu ketahui, bahwa artikel ini dibuat berdasarkan asumsi kalau clubmu masuk ke 8 besar liga dan bukan akun yang tinggal kelas.

Tips 1: Mengatasi Pengurangan Mutu 20% di Awal Musim

Halangan pertama yang sering dikeluhkan oleh para pemain (mungkin termasuk kamu) adalah sistem pengurangan mutu sebesar 20%. Mungkin tak masalah jika ini hanya terjadi pada 1-2 pemain saja, namun Nordeus memberlakukan pengurangan ini untuk seluruh pemain, inti dan cadangan.

Pertama, saya akan sortir pemain yang berada di usia 18-21 tahun. Saya akan melihat posisi, atribut dan keahlian khusus mereka. Saya akan pilih yang potensial untuk tim saya. Kalau musim ini titik lemah tim saya ada di pertahanan, saya akan latih salah satu dari mereka.

Tetapi, kalau tim saya cuma kuat di penyerang bagaimana?

Kalau level klubnya masih di bawah 10, masih saya wajarkan. Kenapa? Karena itu adalah fase adaptasi kita dengan Top Eleven. Mungkin ada yang sedang utak-atik formasi, mencari yang paling ideal untuk timnya. Mungkin ada yang sedang bangkrut karena kesalahan dalam mengatur keuangan. Atau yang bingung harus apa.

Kalau kamu masih mengalami situasi di atas, biarkan saja rasa penasaranmu yang mengendalikan. Setelah kamu mengetahui 1-2 hal baru setiap harinya, saya rasa kemampuanmu dalam mengelola klub sudah mulai terbentuk.

Nah, kalau "sense" bermainnya sudah terbentuk, kamu akan tahu arah selanjutnya mau kemana. Karena, apa yang saya tulis di sini belum tentu cocok untukmu. Mungkin kamu memiliki gaya permainan yang hanya dimiliki 7% dari pemain Top Eleven di seluruh dunia? Kita tidak tahu.

Kita kembali lagi ke pembahasan.

Kedua, perhatikan jumlah booster. Sebelum "memperbaiki" mutu klub yang berkurang 20%, lihatlah booster hijaumu terlebih dahulu. Sanggupkah jumlah booster yang kamu miliki untuk melatih ulang pemain inti?

Mungkin kamu dapat menyiapkan 50-100 booster hijau digunakan untuk melatih pemain atau bisa menggunakan jatah booster hijau pemain sejumlah 15 booster/hari. Gunakan booster hijau yang tersedia untuk meningkatkan atribut pemain.

Ketiga, latih pemain sesuai prioritas. Saya akan memulai latihan dari striker terlebih dahulu, saya akan tingkatkan atribut dia sama seperti musim sebelumnya. Kalau ternyata penambahan atribut sudah mulai sulit, saya rasa meningkatkan atribut kuncian sesuai posisinya juga sudah bagus. Dalam kasus ini, ST saya fokuskan ke Tembakan dan Penyelesaian.

Pola saya, dari penyerang ke pemain tengah dan terakhir ke pertahanan/kiper. Jika atribut kuncian mereka masih bagus, saya mungkin akan melatih mereka secara perlahan setiap hari. Yang penting performa mereka tidak menurun.

Tips 2: Uji Coba Formasi dan Taktik Baru

Melakukan Pertandingan Persahabatan untuk menguji taktik dan formasi baru yang akan digunakan
Kalau bagus, bisa dipakai utk liga, liga champion dan cup

Menggunakan satu formasi selama 4 musim berturut-turut memang membuat kita merasa nyaman. Tidak perlu melakukan hal yang repot itu, kata hati. 

Namun, kalau kita selama 4 musim tidak mengalami perkembangan yang bagus, apakah kamu akan senang?

Kamu dapat menghiraukan pertanyaan di atas kalau movitasimu untuk bermain Top Eleven 100% hanya untuk have fun. Tetapi, kalau kamu ingin sedikit serius dan mengejar ambisimu itu, kamu dapat memikirkan pertanyaan tersebut.

Sampai saat ini, ada banyak sekali formasi dan taktik baru yang layak untuk di coba. Apalagi, Nordeus juga sering memperbarui patch dan merubah sistem game sedikit demi sedikit. Perubahan meta akan terus terjadi dan jika tidak update maka kita akan kesulitan untuk menghadapi klub lain.

Kamu dapat memulainya dengan mencoba formasi dan taktik yang kamu dapat dari Youtube, Group Facebok atau Whatsapp dan mungkin beberapa dari Google. Setelah kamu mencoba formasi baru, testlah di pertandingan persahabatan.

Seperti yang kita ketahui, di awal musim jadwal pertandingan masih sepi, hanya 1 pertandingan perhari. Sisanya dapat kamu pakai untuk melakukan pertandingan persahabatan untuk mendapatkan pengalaman trial dan error serta mendapat masukan dari asisten pelatih.

Setelah kamu melihat performa klubmu dengan berbagai formasi, kamu mungkin akan mengetahui formasi apa yang cocok untukmu, taktik apa yang bisa digunakan dalam berbagai kondisi cuaca dan situasi tim lawan, serta counter untuk melawan formasi lawan dari celah yang kamu lihat.

Kalau sudah seperti itu, kamu dapat terapkan formasi baru tersebut untuk digunakan di liga, cup, dan liga champion.

Tips 3: Melihat Kontrak Pemain

Tips selanjutnya ketika memulai musim baru ialah memperpanjang kontrak pemain. Pemain inti dan cadangan harus kamu cek secara berkala mengenai kontrak bermainnya. Hal ini sangat penting apabila si pemain memiliki pengaruh yang besar dalam tim.

Simpan pemain tersebut dan kontrak ia dalam jangka waktu yang lama agar kamu tidak perlu memperpanjang kontraknya di lain waktu. 

Kalau ada pemain yang siap pensiun atau tidak digunakan dalam beberapa musim terakhir, kamu dapat menjualnya di lelang dengan harga penuh atau menjual langsung walau hasilnya akan dibagi 2 ke sistem. Cara kedua lebih bagus karena tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk menjualnya.

Sebaliknya, kalau keuangan klubmu sangat baik, kamu bisa tetap membiarkan pemain tersebut. Gunanya agar mendapatkan poin latihan yang tinggi supaya cepat naik level dan banyak drill latihan yang terbuka.

Tetapi, kalau level klubmu masih di bawah 10, gunakan uang yang kamu miliki untuk memperpanjang pemain yang kontraknya akan habis di musim depan. Dengan melakukan perhitungan, kamu dapat terhindar dari krisis keuangan karena berhasil mengatur keuangan dengan baik.

Pertanyaan umum:
Umur berapa pemain dijual?

Ketika sudah masuk umur 30an, karena di umur tersebut pemain sudah masuk dalam usia siap pensiun.

Tips 4: Tingkatkan Moral Pemain

Memastikan agar moral pemain berada di kondisi Sangat Baik atau Mantap merupakan tradisi saya ketika mengawali musim, agar si pemain memiliki semangat yang tinggi. Dengan kondisi moral yang optimal, permainan mereka pun akan lebih terukur dan optimis.

Mungkin, setelah 1 match liga, beberapa pemainmu mengalami penurunan mutu. Jangan panik karena itu wajar. 

Moral pemain di Top Eleven dapat turun karena mungkin tidak mencetak gol, tidak memberikan assist, mengalami kekalahan atau pemain kecewa karena tidak dimainkan. Kalau seperti ini, fokus saja pada pemain inti, apalagi pemain yang memiliki kontribusi besar dalam pertandingan.

Tips 5: Klaim Prestasi Manager

Ada beberapa prestasi yang dapat diklaim para pemain di awal musim. Kamu dapat mengklaim semua prestasi manager yang belum sempat kamu klaim sebelumnya.

Dilihat dari bagaimana pun, kekurangan dari prestasi manager di Top Eleven ialah tidak memberikan reward sedikitpun. Ketika pemain berhasil menyelesaikan sebuah prestasi, imbalannya hanya penghargaan. Tidak ada token, uang maupun booster.

Tips 6: Perbarui Sponsor dan Hak Siar

Tips ini termasuk dasar, kalau kamu sudah bermain cukup lama pasti mengenal fitur ini. Buka menu keuangan dan lihat daftar pengeluaran dan pemasukan klubmu. Baik secara harian maupun per musim. Di sampingnya terdapat kolom untuk sponsor dan hak siar, kamu dapat menekannya di sana.

Setelahnya, kamu dapat memilih sponsor apa yang cocok untukmu. Paket harian, mingguan atau permusim. Setiap paket memiliki keuntungannya masing-masing.

Kalau kamu memilih paket harian, hadiahnya akan lebih banyak dibanding paket mingguan atau permusim, namun kekurangannya kamu harus memperbarui paket tersebut setiap hari. Kalau kamu adalah tipe orang yang hanya login setiap hari sabtu dan minggu, ada baiknya untuk tidak memilih paket ini.

Sedangkan bagi mereka yang bermain Top Eleven namun hanya di weekend atau waktu luang saja, paket mingguan atau bulanan adalah pilihan terbaik. Kedua paket ini diperbarui setiap seminggu atau 1x dalam satu musim saja. Cocok bagi orang yang jarang main.

Tips 7: Tingkatkan Harga Tiket Stadion

Awal baru berarti level klub naik. Ini saat yang paling tepat untuk meningkatkan harga tiket stadion. Rumus harga tiketnya adalah level klub dikali 2. Di sini kamu bisa menambahkan 1-2 dari hasil akhirnya agar harga tiketnya semakin tinggi.

Setelah menyusun ulang harga tiket stadion, kini kamu dapat melihat apakah harga yang kamu tetapkan membuat penonton enggan ke stadion atau mereka cukup antusias untuk klubmu bertanding secara langsung.

Jika ada hal yang janggal, kamu dapat mengurangi sedikit harga tiket agar penonton bersedia untuk mengeluarkan uang dan pergi ke stadion. Jangan lupa, meraih kemenangan dapat membuat jumlah penonton bertambah. Pastikan timmu bermain secara baik dan buat fansmu menjadi fanatik.

Setelah mendapatkan fans fanatik, kini pasti jumlah penontonmu semakin banyak, kalau yang hadir memenuhi stadion, maka selain mendapatkan keuntungan berupa uang, manfaat lainnya dari jumlah penonton yang tinggi adalah mendapatkan bonus penguasaan bola. Dengan begitu, klubmu memiliki presentase yang tinggi untuk menang terus di top eleven.

Tips 8: Meningkatkan Fasilitas Gelanggang

Bangunan gelanggang merupakan fitur penting yang wajib diperhatikan. Gelanggang dapat menjadi aset terpenting suatu klub. Parkir dan Stadion digunakan untuk mendapatkan uang, sarana kesehatan memberikan booster hijau gratis setiap 4 hari dan lain sebagainya.

Dengan fokus terhadap bangunan gelanggang yang penting seperti sarana kesehatan, pusat latihan dan rumput lapangan, kamu dapat membuat timmu menjadi lebih siap dalam bertanding dan memiliki sumber daya yang akan membantu regenerasi pemain.

Semakin tinggi level yang kamu tingkatkan, semakin baik pula pengalaman para pemain dalam menggunakan gelanggang tersebut. Dan semoga mereka dapat memberikan yang terbaik di lapangan.

Kamu dapat membaca panduan gelanggang untuk mengetahui lebih lengkap mengenai fasilitas dan pertanyaan seputar gelanggang yang sering ditanyakan oleh banyak orang.

Tips 9: Mengumpulkan Booster Hijau

Seperti hari-hari sebelumnya, ritual menabung booster hijau memang tak pernah dilewatkan. Kamu dapat menjadi lebih rajin lagi mengumpulkan booster untuk persiapan latmil pemain.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan booster hijau:
  1. Iklan video
  2. Gift dari teman
  3. Login harian
  4. Gedung latihan
  5. dan lain sebagainya

Tips 10: Berburu dan Melatih Pemain Baru

Bagi yang belum tahu, awal musim adalah waktu terbaik untuk melakukan pembelian pemain dan Latihan Militer (latmil) pada pemain muda yang telah disiapkan. Kamu dapat latmil pemain usia 18, 19 dan 20 tahun agar memiliki atribut yang tinggi.

Sesuai melatih mereka, jangan lupa untuk mengembalikan stamina pemain agar tetap bugar di atas 80%. 

Selain itu, akademi remaja juga memberikan pemain muda yang bisa kamu pilih dan simpan agar menggantikan pemain lainnya di musim depan. Memberikan mereka keahlian khusus dan membuka posisi baru jika memungkinkan sebelum memutuskan untuk melatih militer.

Pertanyaan umum:
Kalau level kecil, latih satu pemain saja atau semuanya?

Saran saya satu saja dulu, yakni ST. Setelah kamu memahami cara kerja sistem, kamu dapat mulai melatih pemain lain dengan sisa booster hijau setelah melatih ST.

Tips 11: Klaim Hadiah Raja Gol

Tips terakhir dalam mengawali musim baru adalah mengklaim hadiah Raja Gol. Raja Gol merupakan pencapaian yang diberikan kepada seorang pemain yang berhasil menjadi peringkat pertama pencetak gol terbanyak di liga. Hadiah yang diberikan juga menarik, yakni bonus atribut penyelesaian 30% untuk pemain tersebut.

Dengan tambahan 30% atribut penyelesaian ini, pemain yang berhasil menjadi Raja Gol tersebut tidak perlu banyak "dipoles" lagi, cukup latih rutin setiap hari untuk meningkatkan atribut tembakannya agar seimbang.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences