Panduan & Cara Profit dari Farm 5.000 Science Station Growtopia

Berikut adalah panduan dan cara profit dari Farm Science Station di Growtopia.
Memiliki full world Science Station dan menghitung profitnya mungkin pernah terpikirkan olehmu, walau cuma sekali. Kali ini, Bayapk akan memaparkan penjelasan mengenai panduan dan cara profit dengan farm Science Station di Growtopia.

Science Station

Science Station adalah salah satu provider paling laku di Growtopia. Hal ini karena Science Station sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk banyak hal dalam banyak bidang.

Science Station akan menghasilkan chemical. Chemical terbagi menjadi 5. Chemical G (hijau), Chemical R (merah), Chemical Y (kuning), Chemical B (biru), dan Chemical P (pink). Dengan mengkombinasikan beberapa chemical, kamu dapat membuat sebuah item.

Untuk mengharvest Science Station, kamu perlu menunggu 10-12 jam. Jadi, kamu dapat harvest dua kali sehari jika displin.

Science Station ini dapat dibuat dengan mencampurkan Toxic Waste Barrel Seed dan Military Radio Seed. Atau bisa kamu dapatkan dari Mad Science Kit seharga 5.000 Gems di Growtopia Store.

Kalau kamu bertanya apakah Science Station farmable atau tidak, jawabannya adalah tidak farmable. Karena tiap pohonnya hanya memberikan 1-4 Science Station saja.

Pendapatan dari 5000 Science Station

Pendapatan harian yang mungkin bisa didapatkan dari 5.000 Science Station sekitar 16-20 WL, dari fuel pack saja. (Dengan catatan kamu mengharvestnya 2x sehari)

Dalam satu world, kamu dapat menampung sampai 5.000 Science Station. Untuk harganya tidak saya cantumkan karena akan selalu berubah sesuai kondisi pasar. Jadi tidak akan berguna jika saya taruh di sini.

Namun, kamu dapat melihat secara real-time harga Science Station di world BUYSCIENCE. Nanti kamu pergi ke atas untuk melihat harga Science beserta item terkaitnya.

Untuk balik modal, dibutuhkan waktu 49-55 hari. Dengan catatan kamu tetap menghavestnya dua kali sehari.

Desain World Science Station

Memiliki refrensi desain world untuk farm Science Station adalah cara bijak untuk mengetahui bagaimana keadaan world tersebut sebenarnya.

Dengan mengetahui lebih dari satu jenis desain, kita dapat menyesuaikan desain world tersebut sesuai kebutuhan dan kemampuan diri sendiri. Entah dari sisi harga atau fungsi.

1. Tiga baris science station satu water

Panduan & Cara Profit dari Farm Science Station Growtopia
Desain pertama

Kelebihan desain ini adalah wl yang dikeluarkan untuk mobilitas dapat ditekan sehingga tidak butuh banyak wl untuk membuatnya.

Kekurangan desain ini adalah mobilitas terbatas, sehingga ketika keluar dari baris waternya kamu akan langsung jatuh ke bawah.

2. Tiga baris science station satu platform

Panduan & Cara Profit dari Farm Science Station Growtopia
Desain kedua

Kelebihan desain ini adalah mobilitas lebih fleksibel dibanding jenis pertama.

Kekurangannya yaitu sulit untuk turun ke baris tertentu. Namun hal ini bisa diatasi dengan menggunakan item peningkat range seperti Cyclopean Visor.

3. Satu baris science satu platform

Panduan & Cara Profit dari Farm Science Station Growtopia
Desain ketiga

Kelebihan desain science ini adalah proses harvest lebih terfokus karena hanya perlu menekan satu-satu sambil lompat ke atas.

Kekurangannya adalah jumlah science station dalam satu world tidak akan maksimal.

4. Satu baris science satu water

Panduan & Cara Profit dari Farm Science Station Growtopia
Desain keempat

Kelebihan desain science ini adalah proses harvest lebih terfokus karena hanya perlu menekan satu-satu sambil lompat ke atas.

Kekurangannya adalah jumlah science station dalam satu world tidak akan maksimal.

5. Full Science & Water

Panduan & Cara Profit dari Farm Science Station Growtopia
Desain kelima

Kelebihannya yaitu mobilitas fleksibel, mau ke arah mana pun bisa. Teknik harvestnya juga bisa bermacam-macam. Mau langsung satu baris atau tiga baris juga bisa.

Kekurangan desain ini adalah sulit untuk mencari chem jika tertinggal di sini. Mata harus jeli melihatnya agar tidak ada yang terlewat ketika harvesting.

Cara Profit dari Farm Science Station

Lalu, bagaimana cara profit dari Science Station? Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan profit maksimal.

  1. Pertama, jualan Fuel. Fuel akan sangat dicari oleh para masser, oleh karena itu item ini akan laris dalam hitungan 1-2 jam penjualan saja. (Apalagi saat event Harvest Fest berlangsung)
  2. Kedua, recycle Green dan Red Chemical. Kedua chemical ini memiliki chance drop sangat besar, oleh karena itu kamu akan mendapati jumlah mereka lebih banyak dibanding chemical jenis lain. Selain itu, red juga jarang terpakai sehingga ada baiknya untuk di recycle saja.
  3. Ketiga, jadikan Mysterious Chemical. Selain fuel, M-chem juga sangat diburu oleh banyak pemain. Kamu dapat menjualnya sebagai variasi produk.
  4. Keempat, taruh di world lalu jual. Biasanya, chemical yang jarang terpakai atau stocknya banyak akan saya jual dalam jumlah besar. Caranya seperti jualan pack atau seed lgrid yang di drop di world. Kelemahan cara ini adalah sulitnya menemukan buyer yang ingin membeli seluruhnya.
  5. Kelima, tunggu event Growganoth. Reanimator Remote bisa kamu buat ketika Growganoth. Item yang dibutuhkan berupa 200 Mysterious Chemical, 200 Chemical P, dan 200 Chemical B. Ketika sudah mendapatkan Reanimator Remote, selanjutnya dapat kamu drop di Growganoth dan kamu akan mendapatkan item seharga 450-500an WL yaitu Bride of Reanimator Remote. Selain itu, kamu juga bisa mendrop beberapa chemical untuk mendapatkan Haunted Chem.
  6. Keenam, jualan item berdasarkan permintaan. Slime dan Forcefield adalah contoh item yang permintaannya elastis. Kamu dapat menemukan kalau keduanya item yang sangat sulit untuk dijual, namun kadang pula menemukan kalau tidak ada seller di sana. Saya biasanya pergi ke world BUYSLIME dan BUYFORCE atau BUYDOOR untuk menemukan buyer sebelum itemnya dibuat.
  7. Ketujuh, buat Nuclear Detonator. Detonator dapat kamu buat dengan memasukkan 10 Radioactive Chemical, 10 Chemical R, dan 2 Chemical Y. Akan lebih bagus jika kamu adalah pemain geiger karena yang pasti profitnya besar.
  8. Kedelapan, tukar dengan Golden Ticket (tiket Carnival). Pergi ke world Carnival lalu temukan Golden Ticket. Berikan 100 rarity, maka ia akan memberikan 1 tiket. Siapkan Red dan Green untuk dikorbankan di sini.
  9. Terakhir, Chemsynth. Cara ini dapat kamu lakukan ketika event G-Virus atau Virus Zombie dimulai (menemukan Bridle Design). Info selengkapnya dapat kamu temukan di Tutorial Chemsynth, Cara Profit ketika G-Virus Pandemic Growtopia.

Tips singkat mengurus Science Station

Sekarang kamu harus mengetahui tips untuk mengurus farm Science Station agar hemat waktu, tidak ribet dan menghemat tenaga.

  • Siapkan 6-7 Unstable Tesseract. Dua untuk Green, 2 untuk Red, 1 untuk Pink, 1 untuk Yellow, dan 1 lagi Blue. Dengan memakai UT, kamu dapat menghemat waktu dan tenaga. Kalau tidak punya UT, tidak apa-apa, mungkin kamu akan membutuhkan 10-20 menit lebih lama dibanding player yang memakai UT.
  • Gunakan desain auto. Dengan memakai full water dan portal, kamu jadi tidak perlu lagi menekan tombol-tombol lain kecuali punch. Akan terasa perbedaannya ketika tidak full water dan mengandalkan platform untuk berpindah line karena akan menguras waktu banyak sekali.
  • Letakkan Laboratorium dan Donate Box (sebagai storage) di dekat UT agar mempercepat proses take and move chemical yang sudah dicollect sebelumnya.
  • Cegah lag dengan mengambil semua chemical yang masih mengambang.
  • Siapkan world khusus untuk menampung chemical untuk menghindari lag. Kalau dirasa cara sebelumnya membuat worldmu menjadi lag, silahkan untuk buat world storage chemical. Dengan begitu, kamu dapat mengatur dan mengelola chemical lebih efektif.
  • Beli Science Station Placed untuk menghemat modal. Biasanya lebih murah dari unplaced dan tentunya tidak perlu memikirkan desain world karena semuanya sudah jadi.
  • Gunakan Ancestral kuning dan Drabbit Foot untuk meningkatkan EXP ketika harvest provider.
  • Kalau punya beberapa world Science, ajak teman-teman yang kamu percaya untuk bantu mengelolanya juga. Berikan mereka gaji yang layak. Entah gaji pasti atau bagi hasil.

Demikian artikel mengenai panduan dan cara profit dari Farm Science Station Growtopia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.

Google Translate
Bookmark Post