Kali ini, Bayapk akan memberikan panduan menggunakan Gaya Main atau Play Style di Top Eleven. Dengan tujuan agar kamu sebagai manager dapat memanfaatkan fitur Gaya Main dengan baik.

    Panduan Gaya Main (Play Style) di Top Eleven

    Apa itu gaya main?


    Seperti sepak bola di kehidupan nyata, pemain di posisi yang sama dapat memiliki gaya bermain yang berbeda yang nantinya ciri khas mereka akan memiliki peran penting di pertandingan. Dari Poacher hingga Regista, sejarah sepak bola dipenuhi dengan tokoh-tokoh legendaris yang telah membentuk permainan sepak bola seperti sekarang.

    Di Top Eleven, gaya bermain memberikan ruang baru bagi para manajer untuk membuat langkah dan keputusan terbaik bagi tim mereka. Beberapa pemain akan memiliki potensi untuk membuka gaya permainan tertentu tergantung pada peran mereka dan berpotensi untuk meningkatkannya sampai menjadi spesialis dalam taktik dan situasi tertentu. Gaya bermain menambah kompleksitas dalam strategi bermainmu.

    Gaya bermain tidak dapat dihapus atau diganti. Selain itu, tidak semua pemain memiliki potensi untuk mengembangkan gaya bermain mereka.

    Macam - Macam Gaya Main

    Gaya bermain dibagi menjadi 3 kategori utama, yaitu penyerang, gelandang, dan bek. Masing-masing dari 3 kategori gaya bermain ini terdiri dari beberapa jenis gaya bermain, dari False Nine dan Engache di kategori penyerang, hingga Full-back dan Kiper Sweeper di kategori bek.

    Gaya Main Penyerang


    1. Poacher

    Gaya Main Poacher

    Deskripsi: Mencetak gol adalah fokus poacher satu-satunya. Dia selalu menunggu di garis pertahanan lawan dan setiap bola yang dia dapatkan di kotak penalti bisa menjadi ancaman.

    Cocok untuk: ST

    Karakteristik: Mencari posisi terbaik dan menunggu bola di depan, kemungkinan gol sangat tinggi bila gaya main Poacher aktif.

    2. Sayap

    Gaya Main Sayap

    Deskripsi: Pemain sayap adalah sinonim untuk bahaya dari sisi. Serbuan mereka adalah mimpi buruk bagi DL dan DR karena umpan silang, kecepatan, dan keterampilan dribel mereka.

    Cocok untuk: AML, AMR, ML dan MR

    Karakteristik: Gaya main ini bersifat fleksibel karena dapat menjadi penyuplai assist maupun mesin gol bagi tim.

    3. Penyerang Sayap

    Gaya Main Penyerang Sayap

    Deskripsi: Penyerang sayap akan berlari ke daerah kosong dan menciptakan peluang untuk ST atau langsung berhadapan dengan penjaga gawang dan berupaya mencetak gol.

    Cocok untuk: AML dan AMR

    Karakteristik: Memulai serangan dari sayap dan membuat musuh kerepotan karena taktik hebat mereka. Menjadi mesin gol bagi tim karena dapat menghancurkan defense lawan.

    *Tips: Fokus tingkatkan atribut tembakan, penyelesaian dan kecepatan agar dapat menjadi finisher layaknya ST.

    4. False Nine

    Gaya Main False Nine

    Deskripsi: False nine mahir mengontrol bola. Dia menerima bola jauh dari lini pertahanan lawan dan membawa bahaya ke sekitar kotak penalti sehingga bek terpaksa berpencar.

    Cocok untuk: AMC dan ST

    Karakteristik: Dapat menggocek bek dan kiper lawan lalu diakhiri dengan gol serta dapat menjemput bola apabila ada bola di belakangnya.

    *Tips: Duetkan dengan Poacher. False Nine akan berperan sebagai penyerang bayangan dan biarkan Poacher sebagai pemain yang mencari ruang tembak terbaik yang akan memasukkan bola ke gawang lawan. Tingkatkan atribut kuncian agar memberikan hasil yang optimal.


    5. Target Man
    Deskripsi: Target Man adalah magnet untuk umpan udara di garis pertahanan lawan. Dia akan menyelesaikan atau menahan bola dari DC lawan dan menunggu rekan satu tim untuk bergabung dengan ofensif.

    Cocok untuk: ST

    Karakteristik: Ahli dalam umpan lambung dan agresif terhadap bola yang sedang dibawa oleh DC lawan.

    6. Engache

    Gaya Main Enganche

    Deskripsi: Enganche mahir mengontrol bola dan mampu berpikir cepat, penghubung lini tengah dan depan ini menggerakkan bola ke depan dengan cekatan. Keterampilan teknis dan asistnya hebat.

    Cocok untuk: AMC

    Karakteristik: Mobilitas tinggi, atribut kreativitas sangat berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan di sini.

    *Tips: Jadikan Enganche sebagai penyuplai umpan manja alias assist dan duetkan dengan Poacher. Tingkatkan atribut umpan, dribel dan kreativitas untuk memaksimalkan performanya.

    Gaya Main Gelandang

    1. Mezzala

    Gaya Main Mezzala

    Deskripsi: Mezzala menghadirkan dinamisme di lini tengah dan mendukung rekan tim mereka dengan keterampilan mengumpan dan pembukaan ruang. Rekan tim bermobilitas tinggi akan sangat terbantu. 

    Cocok untuk: MC

    Karakteristik: Memberikan kejutan bagi lini belakang lawan dengan bola bola terobosan, membuat jarak antara bek tengah dan bek sayap lawan, gerakan overlap di depan full back lawan agar dapat memotong bagian dalam bola.

    Kekurangan: Karena sering keluar dari posisi aslinya, ada celah besar yang akan fatal jika strategi gagal, kurang defensif daripada gelandang box to box murni, satu pemain gelandang bertahan harus ditempatkan untuk menutupi celah pertahanan yang dibuat oleh pemain.

    *Tips: Prioritaskan atribut kebugaran, giringan dan kecepatan untuk memaksimalkan fungsi Mezzala.

    2. Sayap Palsu

    Gaya Main Sayap Palsu

    Deskripsi: Pemain Sayap Palsu ditugaskan di sayap untuk menerobos ke area tengah lapangan, sehingga keunggulan jumlah timnya di lini tengah mengganggu dan merepotkan pertahanan lawan. 

    Cocok untuk: ML dan MR

    Karakteristik: Menciptakan ruang di belakang full back lawan, lawan terbaik untuk mengatasi pertahanan satu lawan satu, berbahaya di daerah posisinya, dan menciptakan banyak peluang serta gol.

    Kekurangan: Menciptakan kesempatan bagi lawan untuk melawan balik karena posisinya yang sering kali ditinggalkan.


    3. Box to Box

    Gaya Main Box to Box

    Deskripsi: MC Box to Box menjelajahi semua penjuru lapangan dan muncul dimana pun dibutuhkan apalagi untuk mendukung gelandang lain. Di dapat berpartisipasi dalam fase menyerang dan bertahan. 

    Cocok untuk: MC

    Karakteristik: Aktif dan penguasaan bola ketika menyerang dan bertahan sangat baik. Atribut umpan dan kreativitas sangat berperan penting di sini.

    Kekurangan: Stamina lebih cepat habis karena pemain sangat aktif dalam menyerang dan bertahan, serta klub rawan terkena counter attack karena out of position.

    4. Regista

    Gaya Main Regista

    Deskripsi: Regista adalah sang sutradara. Cukup dengan sedikit aksi yang sangat akurat dan efektif, dia akan mendapatkan bola di paruh lapangan miliknya dan menata fase menyerang timnya.

    Cocok untuk: DMC dan MC

    Karakteristik: Penguasa bola, passing bola panjang yang akurat dan mengendalikan lapangan tengah.

    Kekurangan: Tidak memiliki kemampuan untuk melindungi daerahnya dengan cepat dan ia membutuhkan gerakan cerdas untuk mengecoh lawan, jika tidak, ia menjadi hampir tak berguna.

    5. Perebut Bola
    Deskripsi: Perebut bola umumnya adalah gelandang yang sangat mahir dalam mencuri bola dan menekel. Dia mengadang lawan, merebut bola, lalu memberikannya kepada playmaker.

    Cocok untuk: DMC

    Karakteristik: Seperti deskripsinya, ia ahli dalam menghentikan pola serangan lawan dan meminimalkan mobilitas lawan agar tidak membuat serangan yang membahayakan gawang.

    6. Pemain Jangkar

    Gaya Main Pemain Jangkar

    Deskripsi: Pemain Jangkar berdiri di depan garis pertahanan. Dia mengantisipasi semua tindakan lawan di area itu dan mendistribusikan bola ke pemain di posisi yang lebih depan.

    Cocok untuk: DMC

    Karakteristik: Berdasarkan pengalaman, gaya main ini lebih sering memberikan asist terobosan untuk penyerang sehingga menghasilkan gol.

    Gaya Main Bek

    1. No Nonsense DC

    Gaya Main No Nonsense DC

    Deskripsi: Tugas No Nonsense DC hanya satu, membuang bola ketika ada tanda bahaya sekecil apa pun. Dia bertindak cepat dan tegas, tidak membuka peluang untuk bergaya atau melakukan kesalahan.

    Cocok untuk: DC

    Karakteristik: Gaya main ini cocok sekali bagi manager yang lebih suka mencari "aman" ketika bertahan daripada bertaruh dengan menggunakan strategi counter attack.

    2. Stopper

    Gaya Main Stopper

    Deskripsi: Stopper itu lambat, tetapi akurat dalam menetralisir upaya penyerang untuk mencetak gol. Mereka ahli dalam mengawal dan menekel. Jaminan keamanan kotak penaltimu.

    Cocok untuk: DC

    Karakteristik: Kewaspadaan pemain akan meningkat ketika lawan semakin dekat dengan gawang, kamu akan sering melihat tekel dan kawalan ketat dari pemain ini. Kamu juga tidak perlu khawatir kebobolan apabila gaya main ini aktif.

    3. Bek Sayap Serang

    Gaya Main Bek Sayap Serang

    Deskripsi: Bek sayap serang adalah bek yang mahir menyerang. Mereka berlari menyusuri sisi lapangan, melewati gelandang sisi, dan mengirimkan umpan silang atau mengalihkan perhatian bek lawan.

    Cocok untuk: DL dan DR

    Karakteristik: Pemain yang memakai gaya main ini akan melihat DL dan DRnya berlari kedepan bahkan sampai posisi AMR dan AML untuk memberikan umpan silang yang merepotkan lawan.

    4. Komandan Kotak Penalti

    Gaya Main Komandan Kotak Penalti

    Deskripsi: Komandan Kotak Penalti beraksi bagai penguasa kotak penalti. Sosoknya, baik fisik maupun mental, mengintimidasi striker paling berpengalaman. Dia menjadi raksasa di garis gawang.

    Cocok untuk: GK

    Karakteristik: Penyelamatan gawang akan sering kamu lihat jika gaya main komandan kotak penalti aktif.

    5. Bek Sayap
    Deskripsi: Bek sayap adalah bek yang berkembang dalam serangan. Mereka menjalankan sayap mereka, melakukan overlap dari gelandang samping, dan memberikan umpan silang atau menarik perhatian bek lawan.

    Cocok untuk: DL dan DR

    Karakteristik: Punya porsi menyerang yang cukup dan tidak seberlebihan Bek Sayap Serang. Cocok digunakan strategi bertahan.

    6. Bek Pengolah Bola
    Deskripsi: Bek Pengolah Bola memadukan ketangguhan bertahan dengan tektik. Mereka menghentikan serangan dan mengumpan bola dengan mulus ke lini tengah, atau menahannya untuk mengatur tempo. 

    Cocok untuk: DC

    Karakteristik: Atribut dribel sangat berperan aktif dalam mengatur tempo permainan oleh DC.

    7. Kiper Sweeper

    Gaya Main Kiper Sweeper

    Deskripsi: Kiper Sweeper merasa nyaman bermain di luar areanya. Dia senang meninggalkan gawang untuk mencegat umpan lambung dari lawan. Kapan pun dibutuhkan, dia siap menjadi "bek" tambahan.

    Cocok untuk: GK

    Karakteristik: Sering maju ke depan kotak penalti untuk menghadang bola serta menghalau bola ketika menghadapi situasi satu vs satu dengan striker lawan.

    8. Full Back
    Deskripsi: Fokus full-back yang paling utama yaitu pertahanan. Ini adalah tugas mereka untuk menghentikan bahaya yang datang dari samping, bahkan mereka sesekali akan menghentikan serangan cepat dari sayap mereka.

    Cocok untuk: DL dan DR

    Karakteristik: Sering berhadapan dengan AML atau AMR lawan untuk membuktikan siapa yang paling kuat serta menjadi tembok besar bagi lawan yang berani masuk ke wilayah pertahanan mereka.

    Kenapa pemain saya tidak mendapatkan fitur gaya main?


    Kamu perlu tahu bahwa tidak semua pemain memiliki potensi untuk membuka fitur gaya bermain. Kemampuan ini hanya diperuntukkan bagi beberapa pemain yang memang "terlahir" untuk memilikinya. Kamu dapat melihatnya dari profil para pemain untuk mengetahui apakah mereka memiliki gaya main atau tidak.

    Pemain dengan gaya bermain juga dapat ditemukan di Lelang, jadi pastikan kamu memeriksanya secara seksama untuk mengetahui kebutuhan di dalam skuadmu. Dengan membuka profil pemain, kamu dapat menemukan info lebih lanjut di menu Gaya Main. Di dalamnya, kamu dapat memeriksa deskripsi gaya bermain, peran terkait, level saat ini, dan melihat kemajuan kenaikan levelnya.

    Pemain yang tidak memiliki potensi gaya bermain tidak dapat mengembangkan gaya main karena ini adalah karakteristik eksklusif untuk beberapa pemain. Dan pemain yang memiliki gaya bermain cenderung lebih menonjol di pertandingan daripada yang tidak memiliki gaya main.

    Bagaimana cara meningkatkan level gaya main?


    Para manajer dapat mengumpulkan poin gaya bermain untuk membuka dan menaikkan level gaya bermain.

    Intensitas efeknya meningkat seiring dengan level gaya bermain yang dapat ditingkatkan dengan mendapatkan poin gaya bermain melalui latihan, pertandingan, atau sebagai hadiah khusus

    *Pertandingan Asosiasi Sepak Bola, Kejuaraan Persahabatan, event berjalan, dan pertandingan tandang tidak menaikkan poin gaya bermain.

    Setiap gaya bermain memiliki total 5 level, yaitu digembok, standar, menengah, lanjutan, dan master. Kamu dapat mengumpulkan poin gaya bermain untuk membuka dan meningkatkan gaya bermain secara individual, untuk setiap pemain yang memiliki potensi gaya bermain. Pastikan untuk memeriksa laporan pertandingan, laporan latihan, dan profil pemain untuk melihat kemajuan pemain Anda.

    Level yang lebih tinggi membutuhkan booster gaya bermain untuk naik level. Tidak seperti poin gaya bermain, booster bersifat universal, yang dapat dipakai untuk meningkatkan level gaya bermain dari kategori apa pun. Booster jenis ini dapat diperoleh sebagai hadiah khusus secara musiman.

    Biasanya saya membuka gaya main menggunakan drill Permainan Sayap dan menghabiskan kira-kira 15-23 booster untuk tiap pemainnya.

    Bagaimana Gaya Main berpengaruh terhadap pertandingan?


    Gaya bermain sangat berpengaruh terhadap performa pemainmu dalam pertandingan langsung. Setiap kali mereka menjadi bagian dari suatu tindakan (bertahan, menyerang dan sebagainya), kamu akan melihat ikon gaya bermain diaktifkan. 

    Perlu kamu ketahui bahwa agar bisa aktif dan berpengaruh, pemain harus berada pada posisi yang sesuai dengan gaya bermainnya. Selain itu, menaikkan level gaya permainan dapat membantu Anda meningkatkan intensitas dan efektivitasnya, membuatnya dapat bertanding secara maksimal.  Jadi jangan lewatkan kesempatan ini untuk memanfaatkan momen tersebut sebaik mungkin.

    Kenapa muncul notifikasi tidak aktif pada gaya bermain?


    Ada 2 alasan kenapa gaya bermain tidak aktif:

    1. Kamu belum membuka gaya main untuk pemain yang dimaksud. Pastikan untuk memeriksa tab Profil pemain - Gaya main untuk pemain dan levelnya. Jika tertulis levelnya terkunci, itu berarti Anda harus mengumpulkan poin gaya bermain dan membukanya di sana.
    2. Jika gaya bermain pemain tidak terkunci, periksa peran mana yang terkait dengan gaya bermainnya dan posisinya di lapangan. Peran yang terkait dengan gaya bermain dan posisinya di lapangan harus sesuai supaya fitur gaya bermainnya dapat aktif.

    Oleh Misa

    April 20, 2022

    Artikel Terkait

    > <
    Silakan pilih sistem komentar anda

    Jadilah orang pertama yang berkomentar!