13 Tips Menjadi Trader untuk Pemula di Growtopia

Begini panduan dan tips trader Growtopia untuk pemula.
Menjadi trader merupakan impian sebagian player growtopia. Umumnya, alasan menjadi trader world adalah effort yang sedikit namun potensi pendapatan besar.

Kali ini, Bayapk akan memberikan tips singkat untuk menjadi trader pemula di Growtopia yang akan membantumu dalam menyusun strategi dalam menjual dan membeli world.

Tips Trader Growtopia untuk Pemula

9 Tips Menjadi Trader World Growtopia


1. Mulai dari World yang kamu suka

Pertama, kamu bisa memulai dengan menjual world yang kamu suka. Entah itu surg, spp/rsp, ghost, buy+ dan lain sebagainya. Karena kamu suka dengan world yang kamu jual, kamu dapat memahami kelebihan worldmu yang bisa dijadikan poin tambahan untuk pembeli.

Kalau dari sisi pembeli, kamu dapat memahami detail world yang bisa kamu cari untuk meningkatkan potensi profit ketika dijual.

2. Nama dan Display adalah Prioritas

Perhatikan nama dan display world karena keduanya sangat penting. Kalau kamu hanya mengincar namanya saja tetapi display world terlalu sederhana atau belum dibuat apa-apa, keuntungan yang kamu peroleh tidak akan banyak.

Sedangkan kalau desain worldnya bagus tetapi namanya terlalu panjang, terpotong atau terkesan memaksakan, orang akan langsung menolak worldmu tanpa pikir panjang.

3. Sering Cek Harga World

Salah satu hal yang saya lakukan ketika ingin melakukan trader world adalah mengecek harga world setiap hari ke world LABEL. Perhatikan kebutuhan dan waktu trading. Kalau permintaan sedikit beli, permintaan banyak jual.

Dengan mengetahui hal ini, kamu dapat mencuri momen untuk membeli harga world di bawah rata-rata.

4. Jangan Membeli Nama World yang Terpotong

Nama world yang terpotong adalah sebuah kelainan. Tidak banyak dari world ini yang dapat menghasilkan profit dalam jangka panjang. Mereka mungkin bisa memanfaatkan link, namun owner jasa link pasti akan terus menaikkan harga jasanya untuk mendapatkan untung yang banyak.

Selain itu, dengan tidak membeli nama world yang terpotong atau terlalu panjang, kamu dapat menghemat uang untuk promosi. Sebab, dengan memastikan bahwa nama world pendek dan tidak terpotong, pengunjung akan datang dengan sendirinya.

Tetapi, kamu bisa membeli world dengan nama yang panjang jika ingin dijadikan sebagai world vend. Hal ini karena nama world yang panjang biasanya memiliki harga yang lebih murah dari versi pendeknya dan pengunjungnya lebih sedikit.

5. Menjual di atas Harga Beli

Step kelima adalah menjual di atas harga beli namun tidak overprice. Kamu harus survey terlebih dahulu world yang ingin kamu beli. Harganya, item yang ada, desain, dan fossil atau isi vend (jika ada).

Pastikan untuk dapatkan world tersebut dengan harga serendah-rendahnya. Kalau kesepakatan sudah 90% deal, kamu bisa meminta diskon 1-5 wl kepada owner world. Biasanya owner akan melunak dalam kondisi seperti ini. Namun, jika owner bersikeras untuk tidak mengurangi harga lagi, sebaiknya kamu terima saja karena dalam kondisi ini owner akan langsung pergi dan mencari buyer yang lain.

Di sisi seller, kamu bisa menjual world di atas harga beli. Jika belum ada bayang-bayang ingin dilepas dengan harga berapa, naikkan saja 10-30 WL untuk awalan. Kalau sudah ada beberapa orang yang pergi dan merasa overprice, turunkan harganya sedikit.

Atau kamu dapat mencoba strategi saya. Kalau kamu ingin menjual sebuah world dengan harga 340 WL, bukalah dengan harga 350 atau 360 WL. Jika ada pembeli yang ingin menawar, bisa kamu turunkan sedikit demi sedikit sampai harga awal tadi yaitu 340. Tujuan melakukan ini adalah untuk memastikan profit yang kamu dapatkan. Dengan mematok batas jual, kamu bisa mengamankan keuntunganmu sesuai rencana awal.

6. Membuat Teks Promosi Menarik dan Singkat

Langkah keenam yang bisa kamu lakukan untuk menjadi trader world adalah dengan membuat template teks yang singkat dan to the point. Jangan terlalu terbelit-belit dan panjang hingga orang tidak mau membaca tulisanmu.

Berikan tambahan warna agar dapat membuat pembeli tertarik mengunjungi world yang kamu jual. Di sini saya menyarankan untuk menggunakan warna kuning. Sebab, menurut psikologi warna, warna kuning melambangkan perasaan positif dan optimis.

Kamu juga bisa menggunakan akun kedua untuk mempromosikan worldmu. Hal ini dilakukan agar semakin banyak orang yang mengetahui bahwa kamu sedang menjual world.

7. Berikan Keuntungan World yang dijual

Benefit seperti desain yang bagus, nama world mudah diingat dan diketik, penggunaan item yang terlihat mewah dan mahal, daily profit serta bonus fossil akan membuat worldmu semakin menarik perhatian pembeli.

Masukkan benefit yang worldmu miliki ketika menjualnya di BUYWORLD atau BUYWORLDS. Dengan begitu, pembeli merasa ada poin lebih ketika membeli worldmu dibanding dari orang lain.

8. Membalas Pertanyaan Buyer dengan Sopan

Dengan mengandalkan komunikasi, calon client akan merasa dihargai dan nyaman berbincang denganmu. Menyiapkan beberapa jawaban yang biasa ditanyakan oleh buyer akan memudahkanmu dalam bertransaksi.

Kalau kamu menggunakan 10-15 menit untuk melihat pola pertanyaan dan jawaban yang terjadi pada pemain lain, kamu dapat menyiapkan template pertanyaan dan jawaban yang runtut dan singkat untuk meyakinkan para pembeli.

Jika ada pemain yang mengganggu, trolling atau tawaran tidak berakal, lebih baik tidak perlu direspon. Bila ingin direspon, cukup katakan lol atau berikan emote yang menggambarkan ketidakpedulianmu terhadap orang tersebut. Hal ini akan sering kamu temukan ketika menjadi trader. Untuk itu, daripada membuang waktu bersama mereka, ada baiknya untuk terus spam teks jualanmu.

9. Sabar

Terakhir adalah sabar. Perubahan harga akan terus terjadi. Entah pada item yang terkait atau worldnya. Untuk itu, jangan panik. Ketika harga suatu item turun lalu itu mempengaruhi harga worldmu, ada baiknya untuk tetap tunggu momen dahulu.

Kalau misalnya dalam beberapa hari harga item tersebut tidak kunjung membaik, itu adalah tanda worldmu harus dijual segera. Namun kamu tidak perlu khawatir sebab hal ini jarang terjadi.

Selain itu, terkadang beberapa world yang kamu jual tidak dapat laku di hari ketika kamu membeli world tersebut. Saya bahkan pernah menunggu sampai 3 hari untuk melepas world tersebut karena mencari kecocokan harga dengan pembeli.

Inti dari trader sendiri adalah jangan panik dan buru-buru jual ketika harga jual world turun.

Tips Trader Item/Barang di Growtopia

Cara jadi trader di growtopia selanjutnya adalah sebagai berikut.

1. Mulai dari Item yang kamu suka

Dulu, saya memulai profesi trading dengan menjual item yang memiliki unsur Diamond di dalam nama barang tersebut. Contohnya seperti Diamond Shoes, Diamond Wing, Diamond Diaper dan lain sebagainya. Awalnya, keuntungan yang saya dapat peritemnya hanya 1-2 wl saja. Namun waktu itu saya menghasilkan kurang lebih 50 WL dalam waktu 4 jam.

Kamu tidak perlu memulainya seperti saya, kalau kamu suka dengan surg, kamu bisa atur harga untuk Surgical Stitches, Surg E dan item penting lainnya untuk dijadikan sebagai item trader.

Yang penting, cari dulu apa yang kamu suka lalu sortir mana item yang penting dan mahal untuk dijual kembali.

2. Hindari Jual Borongan Kalau Dapat Harga Diskon

Terkadang, ada beberapa item yang jika dijual dalam jumlah banyak hanya laku dijual jika diberi diskon. Beberapa kali saya menemukannya ketika berjualan seed, chem, dan fossil. Saya bisa mendapatkan harga full kalau ada pemain yang benar-benar kaya untuk memborong semuanya.

Nah, jika kamu mengalami hal serupa, janganlah taruh semua stok item yang kamu miliki dalam satu world. Pecahkan mereka ke dalam beberapa world. Sehingga, barangmu cepat laku.

3. Mengetahui Perubahan Harga (Tau Timing)

Beberapa item farm dan ancestral bisa mengalami harga yang turun naik secara tiba-tiba. Saya pernah beli red ances dipagi hari, lalu besoknya harga red acnes turun 30 wl. Satu-satunya penyebab harga red acnes turun yang saya tahu adalah jumlah pembeli lebih sedikit daripada penjual.

Karena sudah tahu penyebabnya, saya menunggu event growtopia yang berfokus pada farming agar harga item farming, termasuk ances, naik. Dan begitu seterusnya.

Saya juga pernah menyimpan puluhan ribu bait sebulan sebelum winterfest, lalu seminggu sebelum winterfest harga bait naik. Di sini stock bait saya habis dalam 4 hari saja. Tentu dengan harga bait yang lebih tinggi dibanding biasanya.

4. Jangan Panik

Masih berhubungan dengan poin ketiga tadi, intinya adalah siapkan mentalmu, rugi adalah resiko kita sebagai trader. Saya selalu menyiapkan DL khusus untuk trading agar ketika saya salah dalam mengambil keputusan, kebutuhan saya masih dapat dipenuhi.

Saya juga suka menyimpan barang-barang mahal untuk menghadapi inflasi di growtopia.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences