[Lengkap] Panduan Keahlian Khusus di Top Eleven

Dapatkan panduan seputar keahlian khusus ini yang mampu meningkatkan skill individu para pemain di Top Eleven.
Bagi yang belum tahu, keahlian khusus merupakan hal yang diutamakan sebelum meningkatkan mutu dan gaya main. Di Top Eleven sendiri, normalnya setiap pemain memiliki 1 keahlian khusus yang bisa dipilih berdasarkan posisi pemain tersebut.

Keahlian khusus adalah komponen utama untuk meningkatkan kemampuan individu pemain. Semakin cocok keahlian khusus dan atribut terang yang dimiliki oleh masing-masing pemain, semakin optimal juga hasilnya.

Di sini, Bayapk akan memberikan panduan lengkap keahlian khusus di Top Eleven yang akan membantumu memahami dan mengoptimalkan fitur ini. Mari kita mulai.

Panduan Keahlian Khusus untuk Tiap Pemain di Top ELeven

Daftar Keahlian Khusus pada Masing-Masing Posisi

Menyusun keahlian khusus berdasarkan posisi akan membuat proses pemilihan SA berlangsung dengan cepat dan akurat. Kita mulai dari penjaga gawang.

1. GK (Goalkeeper)
GK Cocok sekali menggunakan keahlian khusus yang bernama Penyetop Tendangan Penalti.

Penalti seringkali muncul ketika situasi krusial yang membuat momen tersebut sangat penting dalam hasil pertandingan. Dengan memilih Penyetop Tendangan Pinalti, klubmu memiliki kesempatan kalah lebih kecil karena sang kiper memiliki spesialiasi di bidang tersebut.

2. DC
Pemain DC memiliki atribut terang berupa sundulan, atribut ini bersinergi dengan keahlian khusus yaitu Pertahanan Udara.

Dengan memilih Pertahanan Udara, pemain DCmu mampu mengatasi berbagai serangan lawan yang memanfaatkan umpan lambung atau strategi bola atas.

3. DL/DR
DL dan DR berada diposisi samping dari pemain DC, mereka juga termasuk pemain bertahan. Karena pertahanan udara sudah dimiliki oleh DC, maka DL & DR menggunakan keahlian khusus berupa Dinding Pertahanan.

4. DMC/MC
Masuk ke pemain tengah, DMC dan MC cenderung menjadi pengontrol irama dalam pertandingan. Keahlian khusus Playmaker merupakan pilihan yang tepat. Sebab, mereka dapat mengatur keseimbangan antara bagian pertahanan dan penyerang.

Selain itu, banyak pemain DMC/MC yang mampu memberikan banyak assist kepada pemain depan dengan mengontrol pola serangan. Tentu hal ini disebabkan oleh formasi yang mendukung.

5. ML/MR
Masih di pemain tengah, namun sudah condong ke depan. ML dan MR cocok menggunakan Tendangan Pojok. Keahlian khusus ini sesuai dengan posisi mereka yang berada di sayap kanan dan kiri lapangan.

Selain Tendangan Pojok, keahlian khusus yang bisa dimiliki oleh pemain MC/ML/MR adalah Penggiring Bola

Mereka dapat dengan mudah membawa bola dari tengah ke depan untuk selanjutnya dieksekusi oleh striker. 

6. AML/AMC/AMR
Pemain yang memiliki posisi gelandang depan ini lebih baik menggunakan keahlian khsusus Spesialis Tendangan Bebas atau Penyerang Bayangan.

Para pemain ini memiliki atribut terang berupa tembakan dan penyelesaian, mereka ini bagus sekali disandingkan dengan ST karena potensi yang mereka miliki tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kalau klubmu sedang dalam kebuntuan, Penyerang Bayangan mampu memberikan tembakan tajam ke arah gawang dari luar kotak penalti. Hal ini adalah poin plus yang tidak bisa dihiraukan.

7. ST
ST terbagi menjadi 2 aliran, yang pertama yang lebih menyukai Spesialis Tendangan Bebas dan Spesialis Tendangan Penalti.

Keduanya sama-sama bagus. Tinggal disesuaikan sama formasi yang kamu gunakan.

Saya pernah mendapat saran kalau si ST tidak memiliki support alias sendirian, keahlian khusus Pencetak Gol Satu Lawan Satu merupakan pilihan terbaik. Namun, kalau terdapat AMR/C/L, lebih diutamakan menggunakan Spesialis Tendangan Bebas dan Penalti.

Bukan hanya keahlian khusus saja, kamu dapat menambahkan posisi baru pada pemain sebanyak 2 posisi. Dengan begitu, flexibilitas pemain dalam bermain di lapangan dan variasi keahlian khusus akan semakin berkembang.

Jumlah Booster Hijau yang terpakai

Berdasarkan perhitungan rata-rata, 15-20% stamina yang dipakai dalam sekali latihan akan memberikan 1 poin keahlian khusus. 

Kalau untuk mendapatkan 1 keahlian khusus membutuhkan 50 poin, berarti pemain setidaknya mengeluarkan paling sedikit 750 stamina.

15 stamina = 1 booster hijau.

Kesimpulannya, pemain membutuhkan kira-kira 50 booster hijau untuk memiliki 1 keahlian khusus. Jumlah ini tidak pasti, bisa kurang atau lebih. Ini hanya perhitungan secara teori saja.

Untuk mendapatkan booster hijau gratis, salah satunya adalah menonton video. Dalam dua hari, kamu bisa mengumpulkan 50 booster hijau secara cuma-cuma.

Perhitungan di atas untuk pemain biasa, lantas bagaimana dengan pemain fast trainer?

Pemain fast trainer membutuhkan booster hijau yang lebih sedikit karena cenderung mudah mendapatkan poin keahlian khusus.

Saya melihat, ada manager yang melatih pemain dengan keahlian khusus dan menghabiskan sekitar 30an booster hijau.

Lalu, ada ketentuan khusus yang harus diperhatikan sebelum melatih pemain untuk keahlian khusus
  1. Booster hijau yang terpakai untuk umur 20 ke atas cenderung lebih banyak dibanding umur 18 tahun
  2. Disarankan untuk melatih pemain yang memiliki mutu bintang 3 sampai 4 karena penggunaan boosternya akan lebih sedikit dibanding melatih pemain mutu bintang 5 ke atas
Jika pemainmu ada yang memiliki mutu 90% ke atas dan belum memiliki keahlian khusus, saran saya adalah tidak menambahkannya. Sebab, booster hijau yang akan terpakai akan lebih banyak. Hal ini bisa dihitung saat kamu memulai latmil pemain, apalagi latihan militer posisi st.

Drill apa yang cocok untuk latihan Keahlian Khusus ini?

Sebenarnya, tidak ada batasan atau syarat khusus drill apa yang boleh dan tidak boleh digunakan. Semuanya bisa.

Perbedaan menggunakan drill sangat mudah dengan drill sangat sulit tidak begitu jauh. Jika drill sangat sulit bisa mendapatkan poin keahlian khusus lebih cepat, drill sangat mudah akan menghemat beberapa booster hijau.

Perlu kamu ingat juga, bahwa setiap keahlian khusus yang kamu gunakan tidak bisa dibatalkan dan diganti dengan yang lain. Pilihannya cuma pause dan lanjut. 

Jika kamu merasa bahwa meningkatkan poin keahlian khusus adalah tindakan yang sia-sia karena mutu pemainmu sudah tinggi, "batalkan" saja dengan menekan pause yang ada di sebelah poin keahlian khusus.

Bacalah panduan menggunakan drill untuk informasi lebih lanjut.

Cara Memiliki Pemain dengan 2 Keahlian Khusus

Secara default, memiliki 2 keahlian khusus pada 1 pemain tergolong mustahil. Namun kini tidak. Kamu dapat menambah 1 keahlian khusus lagi pada pemain yang sudah memilikinya dengan mengikuti event dan menyelesaikan misi.

Event Raja para Juara menawarkan hadiah untuk klub peringkat pertama dengan memberikan 1 jenis keahlian khusus yang dapat dipilih oleh para pemain.

Karena hadiah yang luar biasa ini, persaingan yang muncul begitu ketat dan para lawan memiliki klub yang tidak bisa diremehkan. Kamu akan bertemu dengan club yang pemainnya memiliki mutu tinggi atau mempunyai 2 keahlian khusus.

Mendapatkan 2 Keahlian Khusus dari Sponsor Spesial

Cara kedua yakni dengan menyelesaikan misi dari event sponsor spesial. Di event sponsor spesial kamu akan mendapatkan misi-misi yang bisa diselesaikan dan hadiahnya berupa poin. Poin ini akan meningkatkan level sponsor spesialmu.

Semakin tinggi level sponsor spesial yang dapat kamu tingkatkan, semakin banyak pula hadiah yang bisa kamu peroleh. Hadiahnya terbagi menjadi 2, yakni reguler dan premium.

Untuk cara ini, kamu harus membeli paket premium dengan membayar 75 ribu. Kamu dapat meningkatkan level sponsor spesial terlebih dahulu sebelum membeli paketnya. Pastikan kamu telah melihat syarat level untuk mendapatkan hadiah keahlian khusus.

Terakhir, pemain dengan 2 keahlian khusus bisa diperoleh dari transfer dan pemandu bakat. Di sana, kamu akan mendapati tawaran khusus pemain 2 keahlian khusus. Jangan heran kalau harga yang diminta terlalu mahal.

Keahlian Khusus untuk Top Up Player

Saya kurang ingat, namun dalam setahun terakhir Nordeus memberikan tawaran spesial kepada Top Up Player. Pemain yang bisa Top Up memiliki kesempatan untuk mendapatkan keahlian khusus yang terdiri dari 2-3 keahlian khusus digabungkan menjadi 1 keahlian khusus saja.


Seperti Penyerang Serbaguna dan Penahan Umpan, kedua contoh ini memiliki kemampuan overpower dibanding keahlian khusus lainnya.

Penyerang Serbaguna terdiri dari 3 SA, Playmaker, Penggiring Bola dan Penyerang Bayangan. Keahlian khusus ini bisa dipakai oleh Gelandang dan Gelandang Serang dan tentunya pemain yang mendapatkan SA ini memiliki kemampuan 3x lipat dari pemain biasa.

Contoh kedua yaitu Penahan Umpan yang terdiri dari Pertahanan Udara dan Dinding Pertahanan. Kedua SA paling krusial bagi pemain bertahan dimasukkan ke dalam 1 keahlian khusus saja, membuat pemain dapat melakukan banyak hal sekaligus.

Untuk mendapatkan keahlian khusus ini, pemain harus membuka paket premium dari sponsor spesial yang seharga 75.000 itu. 

Setelah melatih keahlian khusus, kamu, sebagai manajer, dapat melanjutkan ke step berikutnya yakni latihan militer menggunakan rules 180%.
Saya adalah seorang pemuda yang menjadikan menulis sebagai hobi favorit saya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Google Translate
Bookmark Post
Update cookies preferences